[belajar-excel] Text tanggal Faktur jadi tanggal normal

[belajar-excel] Text tanggal Faktur jadi tanggal normal

Wawan Juhana-2

Dear Para Suhu Excel,

Mohon dibantu formula pemindahan dari text tanggal faktur menjadi format
tanggal seperti contoh dibawah. Saya masih belajar excel.dan sudah coba
pakai penggabungan formula MID RIGHT, namun belum berhasil sesuai yang
dimaksud. Mohon solusi formula nya.

Terimakasih.

Best Regards,

Wawan

image001.gif (2K) Download Attachment
image004.png (9K) Download Attachment
Tanggal Faktur.xlsx (14K) Download Attachment

Tanggal Faktur.xlsx (14K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Text tanggal Faktur jadi tanggal normal

Disusun dengan fungsi-fungsi kelompok text (seperti left mid right,
substitute, dsb) supaya mengikuti format date yang bisa dikonversi dulu,
lalu dikalikan 1 :
=1*( formula text penyusun format date dari data )

Berikut format yang bisa dikonversi :
1. format dmy
dengan :
* delimiter spasi ' ' atau dash '-' atau slash '/' atau null '' (tidak ada
delimiter)
* hari d atau dd
* bulan mmm atau mmmm mengikuti regional setting setempat (tidak
universal)  -> seperti oct untuk regional setting EN, okt untuk ID
* tahun yy atau yyyy
contoh :
07october19   bisa menjadi 2019-10-07
catatan :
a. jika menggunakan dm atau myy, akan setara dm dengan tahun adalah tahun
saat ini
    dengan tahun saat ini 2020, maka  17oct atau oct17 menjadi 2020-10-17
b. jika menggunakan myyyy, akan setara tanggal 1
    oct2017 menjadi 2017-10-01
c. karena terikat regional setting, maka dikomputer yang berbeda regional
setting-nya dengan format tersebut, akan menjadi tidak bisa di konversi
    contoh :
    17o*c*t2019 bisa dikonversi di komputer dengan regional setting EN tapi
tidak bisa dikonversi di ID
    17o*k*t2019 bisa dikonversi di komputer dengan regional setting ID tapi
tidak bisa dikonversi di EN

2. ymd
dengan :
* delimiter : dash '-' atau slash '/' saja
* hari : d atau dd
* bulan : m atau mm
* tahun : yy atau yyyy
contoh :
19-10-20 menjadi 2019-10-20
catatan :
format ini bersifat universal (tidak terikat regional setting), jadi pasti
bisa digunakan di komputer manapun

On Thu, Feb 20, 2020 at 4:29 PM 'Wawan Juhana' [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
>

> Best Regards,
>
> Wawan

Re: [belajar-excel] Text tanggal Faktur jadi tanggal normal

loh ada yang kehapus...
bagian ini :
catatan :
format ini bersifat universal (tidak terikat regional setting), jadi pasti
bisa digunakan di komputer manapun

seharusnya :
catatan :
a. format dengan dmyy, yymd, mdyy dipengaruhi regional setting dan format
short date komputer setempat
b. format yyyy-mm-dd atau yyyy/mm/dd, format ini bersifat universal (tidak

On Thu, Feb 20, 2020 at 7:06 PM Mr. Kid <[hidden email]> wrote:

> [...]
> bisa digunakan di komputer manapun

RE: [belajar-excel] Text tanggal Faktur jadi tanggal normal

Om Kid,

Terimakasih banyak,formulanya sangat lengkap dan detail. Alhamdulillah sudah berhasil dikonversi dari text ke format tanggal yang tidak terikat regional setting.

Best Regards,

Wawan

[...]

b. format yyyy-mm-dd atau yyyy/mm/dd, format ini bersifat universal (tidak terikat regional setting), jadi pasti bisa digunakan di komputer manapun