[belajar-excel] Text to Date

Nicodemus Rusdiyanto

Dear forum :D

Saya ada case seperti ini ;

DATE

20110427

Column ini berupa text, sehingga tidak bisa di format cell ke format
YYYYMMDD, sehingga menjadi format tanggal.

Adakah cara merubah menjadi format tanggal, tetapi tanpa menambah column
lagi.

Karena selama ini saya menggunakan column tambahan dengan formula :
=DATE(LEFT(Cell,4),MID(Cell,5,2),RIGHT(Cell,2))

Jadilah format tanggal :D

Apabila ada rumus-nya mohon rumus sahaja, tapi kalau memang harus macro,
terima juga :D

Rgds, Nico

image001.gif (3K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Text to Date

siti Vi
Administrator
bisa !!

1
select range yg berisi data seperti itu;  misal range  C3:C34
kolom itu berisi data TEXT / ataupun BILANGAN  yang  'format'nya  YYYYMMDD
( jika pun itu bilangan adalah abilangan biasa, bukan bernilai data date)

2.
tekan  tombol CTRL + SHIFT + D

dan lihat apa yang terjadi

contoh workbook terlampir;
hasil kerjabakti (bukan dari lampiran pemilik kasus)

ctv_Konversi YYYYMMDD to DATE.rar (14K) Download Attachment
~siti

RE: [belajar-excel] Text to Date

Nicodemus Rusdiyanto
Astaganaga..

Dirikuwh lali mbakyu Siti

Blom tak attached file-nya L

Maafkan dirikuwh, tak akan kuulangi lagi :D

Case close, DONE !

:-BD Jeunk Siti

Rgds, Nico

Re: [belajar-excel] Text to Date

siti Vi
Administrator
sebentar, kalau bisa jangan di closed dulu. sebentaaaarr saja..

*kesimpulannya harus ada: *
*apakah solusi yg diusulan sesuai/mendekati keinginan atau tidak?*

ini bukan untu saya, say ahanya ingin agar kebiasaan ini menjadi kebiasaan
milis...
maafkan daku..
*
*
*
*
*
*

~siti

RE: [belajar-excel] Text to Date

Nicodemus Rusdiyanto
Iya mbakyu Siti,

Solusinya sesuai dengan harapankuwh J

Thanks Bu

Rgds, Nico

  <http://?ui=2&ik=cd14fc1bda&view=att&th=12fa0b07d4dd701e&attid=0.1&disp=emb&zw>

[...]

neki chan
Saya coba buka attachment punya mba siti memang jalan , textnya berubah
menjadi format date.
Tapi kalau saya buat di excel baru,ketik 20110430, lalu Ctrl + Shift + D
tetap tidak berubah.
Ada yang mesti ditambahkan , atau bagaimana yah?

-- in one God i believe. No equal has He

Re: [belajar-excel] Text to Date

siti Vi
Administrator
workbook baru-mu harus dibuka dulu
lalu tekan Alt + F11
kemudian buka (insert) di Module Standard

Truzz...copy paste script ex module yg ada di workbook dari siti.

kalau sulit mencar-cari-nya
tuliskan saja seperti di bawah ini, di module standar yg baru diinsertkan
itu

Sub YYYYMMDD_ToDate()
   ' konversi angka /text YYYYMMDD ke data date
   ' siti Vi 28 apr 2011
   Dim Rng As Range, r As Long
   Dim YY As Integer, MM As Integer, DD As Integer
   Set Rng = Selection

   For r = 1 To Rng.Rows.Count
      If Len(Rng(r, 1)) > 0 Then
         YY = CInt(Mid(Rng(r, 1), 1, 4))
         MM = CInt(Mid(Rng(r, 1), 5, 2))
         DD = CInt(Mid(Rng(r, 1), 7, 2))
         Rng(r, 1) = DateSerial(YY, MM, DD)
         Rng(r, 1).NumberFormat = "mm/dd/yyyy"
      End If
   Next
End Sub

Masih ada satu pekerjaan lagi  yaitu memberi Short Cut untuk makro tsb:

buka dialogMacros  (Alt + F8) pilih nama makro yg  baru ditulis itu, tekan
tombol Option

pada dialog box 'Makro Option' yg muncul, aturlah seperti gambar ini
tekan shift + D   ( sama dengan mengatur: Short key = Ctrl + Shift + D )

[image: shortcut macro.PNG]

jika neki menggunakan excel 2007 j*angan simpan workbook sbg xlsx *
tetapi harus* xlsm* atau *xlsb* atau *xls* saja

-siti-
^_^

2011/4/30 neki chan <[hidden email]>

> [...]
> tetap tidak berubah.
> Ada yang mesti ditambahkan , atau bagaimana yah?

shortcut macro.PNG (11K) Download Attachment
~siti

[belajar-excel] Re: Text to Date

summonery
Atau menggunakan "text to column"
Format sesuai keinginan

--- In [hidden email], "STDEV(i)" <setiyowati.devi@...> wrote:

> [...]
>
> dan lihat apa yang terjadi
>
> contoh workbook terlampir;
> hasil kerjabakti (bukan dari lampiran pemilik kasus)

Re: [belajar-excel] Re: Text to Date

siti Vi
Administrator
Nah ini, Pak Anton datang biasanya dengan "yg diluar dugaan"

Jika pun untuk melakukan
Klik Menu Data > TexToColumn> Pilih Posi Piih Format dianggap kelamaan,
apa yg kita Pencet & Pilih itu dapat direkam sbg makro

Makronya lebih pendek dan waktu eksekusinya lebh cepat, 2 versi ini
di pc siti jalan dgn baik

Sub YyyyMmDd2Date()
    Selection.TextToColumns Destination:=Selection(1), _
    DataType:=xlFixedWidth, FieldInfo:=Array(0, 5)
End Sub

Sub YYYYMMDD2Tgl()
   Selection.TextToColumns Destination:=Selection(1), _
   DataType:=xlDelimited, Tab:=True, FieldInfo:=Array(1, 5)
End Sub

Terima kasih pak Anton....

2011/4/30 summonery <[hidden email]>

> Atau menggunakan "text to column"