Quantcast

[belajar-excel] ambil data dari sheet lain

[belajar-excel] ambil data dari sheet lain

Faisal Hasman

Bagaimana  memfilter data berdasarkan dropdownlist  BULAN.  Misalnya bulan Januari 2013

... Maka akan muncul dalam daftar semua data dari sheet data yang bulan januari 2013
dan otomatis menambah row atau mengurang row dalam  daftar...

( tidak menghapus nama penandatangan laporan)

bisa tidak pake macro tidak ya?

terima kasih

faisal

AMBIL DATA DAN SISIP ROW BERDASARKAN KRITEIA.xlsx (16K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] ambil data dari sheet lain

dChoosen1
Semangat pagi..

hehehe..
Maaf pak kalau ini sedikit jelek,
Karena baru ini ilmu yang saya punya..

File ini butuh 1 Dummy kolom untuk tarik data di sheet data
Dan tombol proses untuk Hide data kosong..

Salam Excell-ent

On 05/03/2013 12:06, Faisal Hasman wrote:

> [...]
> bulan januari 2013
> dan otomatis menambah row atau mengurang row dalam  daftar...
> ( tidak menghapus nama penandatangan laporan)

AMBIL DATA DAN SISIP ROW BERDASARKAN KRITEIA-Edited Heri.xlsm (28K) Download Attachment

Fw: [belajar-excel] ambil data dari sheet lain

hendrik karnadi
Menurut saya, kombinasi kolom bantu dan formula dari Pak Heri sangat bagus.

Saya coba tambahkan sheet bantu bulan dengan FormulaArray:{=IFERROR(INDEX(data!$G$4:$G$1000,MATCH(0,COUNTIF(Bulan!$A$1:A1,data!$G$4:$G$1000),0)),"")} copy ke bawah, untuk mengambil nama bulan secara otomatis

dan Event WorksheetChange:Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    If Target.Count = 1 Then
        If Target.Row = 5 And Target.Column = 6 Then
            PROSES
agar setiap kali kita memilih bulan sel kosong langsung dihilangkan(pengganti tombol)

File terlampir.

Salam,
HK

AMBIL DATA DAN SISIP ROW BERDASARKAN KRITEIA-Edited Heri_HK.xlsm (32K) Download Attachment

Fw: [belajar-excel] ambil data dari sheet lain

hendrik karnadi
Masih ada satu hal kecil yang "menggangu", yaitu hasil dari FormulaArray yang dijadikan dasar untuk Data Validation masih menghasilkan nilai 0 (waktu diklik ada pilihan Jan, Feb, Mar dan 0).
Untuk menghilangkan nilai 0 tsb maka FormulaArray
{=IFERROR(INDEX(data!$G$4:$G$1000,MATCH(0,COUNTIF(Bulan!$A$1:A1,data!$G$4:$G$1000),0)),"")}

dapat diganti menjadi
{=IFERROR(INDEX(OFFSET(data!$G$4,0,0,COUNTA(data!G:G)-1,1),MATCH(0,COUNTIF(Bulan!$A$1:A1,OFFSET(data!$G$4,0,0,COUNTA(data!G:G)-1,1)),0)),"")}

FormulaArray yang diganti tsb ada pada Sheet Bulan.

Salam,
> [...]

>terima kasih
>

>faisal

Re: [belajar-excel] ambil data dari sheet lain

Bagus
Dear Pak Faisal;

Tidak pake macro boleh ya..?
File terlampir

Wassalam

~ Bagus ~

Re-Ambil data.xls (71K) Download Attachment

Fw: [belajar-excel] ambil data dari sheet lain

Kalau Sheet Laporannya ga mau pake predefined formula dan  barisnya ga ada yang mau disembunyikan, maka file terlampir bisa menjadi solusinya.
Macronya menjadi lebih panjang.

Salam,

HK

> [...]

>dan otomatis menambah row atau mengurang row dalam  daftar...
>
>( tidak menghapus nama penandatangan laporan)

AMBIL DATA DAN SISIP ROW BERDASARKAN KRITEIA-Edited HK.xlsm (29K) Download Attachment

[belajar-excel] Pivot

belajar excell
Dear para Exeller,

Mohon bantuannya lagi ya,

kali ini dalam urusan pivot, sebenarnya kasusnya sudah general case, tapi yang saya ingin tanyakan adalah hasil dari pivot itu biasanya sum, count, max, dll. bagimana kah kalau hasilnya itu berupa pengurangan ? saya sudah attach dokumentnya, di situ sudah saya sertakan hasil pivot secara umum yaitu sum.seandainya dalam bentuk format yang sama, tapi hasilnya adalah pengurangan bagmana ya caranya ? intinya saya ingin melihat naik turunnya amount antra bulan april dengan maret.

Ronny

pivot.xlsx (16K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Pivot

hendrik karnadi
Kalau ga salah, di pivot ada menu yang namanya calculated item, yaitu menjumlah atau mengurangi secara horisontal. Sdh dicoba?

Salam,
Hendrik

Sent from Samsung Mobilebelajar excell <[hidden email]> wrote:Dear para Exeller,

[...]

Ronny

Re: [belajar-excel] Pivot

belajar excell
Itu letaknya di mana ya Pak ? sya barusan utak atik tapi ga ketemu..

________________________________

Re: [belajar-excel] Pivot

Hai Ronny,

Coba calculated field.
File terlampir.

2013/3/7 belajar excell <[hidden email]>

> [...]
> pengurangan bagmana ya caranya ? intinya saya ingin melihat naik turunnya

re-pivot.xlsx (51K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Pivot

belajar excell
Pak Kid, terima kasih banyak atas bantuannya, seandainya yang di kurangin ada lah seperti ini bagaimana ya ?
[Kode A(april) - Kode A(maret)]
[Kode B(april) - Kode B(maret)]
[Kode C(april) - Kode C(maret)]

[Kode D(april) - Kode D(maret)]

[Kode E(april) - Kode E(maret)]

Jadi yang ada hasilnya adalah di kolom debit dan kredit itu adalah naik turunnya angka dari masing2 kode ( A-H )

Terima kasih sekali lagi, maaf merepotkan

________________________________
> [...]

>kali ini dalam urusan pivot, sebenarnya kasusnya sudah general case, tapi yang saya ingin tanyakan adalah hasil dari pivot itu biasanya sum, count, max, dll. bagimana kah kalau hasilnya itu berupa pengurangan ? saya sudah attach dokumentnya, di situ sudah saya sertakan hasil pivot secara umum yaitu sum.seandainya dalam bentuk format yang sama, tapi hasilnya adalah pengurangan bagmana ya caranya ? intinya saya ingin melihat naik turunnya amount antra bulan april dengan maret.

Re: [belajar-excel] Pivot

Coba letakkan bulan di bagian Columns (diatas Values)
Atur values fields setting (misal Sum of Debit) pada tab show values as
dipilih difference from dengan opsi field dipilih bulan atau Month atau
yang diletakkan di bagian column, dan pilih Previous untuk selisih terhadap
sebelumnya.

2013/3/8 belajar excell <[hidden email]>

> [...]
> turunnya angka dari masing2 kode ( A-H )
>
> Terima kasih sekali lagi, maaf merepotkan

re-pivot_1.xlsx (74K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Pivot

Coba juga dengan Calculated Item (lihat Sheet Formula).
File terlampir.

Salam,
HK

________________________________

> [...]

>kali ini dalam urusan pivot, sebenarnya kasusnya sudah general case, tapi yang saya ingin tanyakan adalah hasil dari pivot itu biasanya sum, count, max, dll. bagimana kah kalau hasilnya itu berupa pengurangan ? saya sudah attach dokumentnya, di situ sudah saya sertakan hasil pivot secara umum yaitu sum.seandainya dalam bentuk format yang sama, tapi hasilnya adalah pengurangan bagmana ya caranya ? intinya saya ingin melihat naik turunnya amount antra bulan april dengan maret.

HK_Pivot.xlsx (40K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Pivot

belajar excell
Pak Hendrik & Pak Kid,

Terima kasih byk atas bantuannya, sudah sesuai keinginan saya.

RS

> [...]

>kali ini dalam urusan pivot, sebenarnya kasusnya sudah general case, tapi yang saya ingin tanyakan adalah hasil dari pivot itu biasanya sum, count, max, dll. bagimana kah kalau hasilnya itu berupa pengurangan ? saya sudah attach dokumentnya, di situ sudah saya sertakan hasil pivot secara umum yaitu sum.seandainya dalam bentuk format yang sama, tapi hasilnya adalah pengurangan bagmana ya caranya ? intinya saya ingin melihat naik turunnya amount antra bulan april dengan maret.

Re: [belajar-excel] Pivot

Sama2 pak.
Memang banyak variasi yg bisa dibuat dgn pivot.

Salam,
HK
Sent from Samsung Mobilebelajar excell <[hidden email]> wrote:Pak Hendrik & Pak Kid,