[belajar-excel] blank data tercounting [1 Attachment]

[belajar-excel] blank data tercounting [1 Attachment]

iqbal
Dear Be Excel,

Mohon informasi untuk case berikut :

Data didapat dari grab system, hasil grab ada nya beberapa cell yang blank,
namun status nya tercounting sebagai ada data,

Sehingga mempengaruhi pola perhitungan jumlah yang ter isi

Pertanyaan :

1. Apakah yang membuat status bahwa cell blank tersebut terhitung
sebagai ada data?
2. Karena hal ini berlangsung terus tiap grab data, adakah kesalahan
system dalam melakukan type tiap field/record? Atau memang cell blank
tersebut actual terisi data ? saya mencoba cek dengan kemungkinan ada nya
space kosong, namun tidak menemukan nya.
3. Bagaimana kah solusi untuk penyelesaian nya mengingat record data
ini sangat banyak, tiap 3 jam get data dengan jumlah record mencapai 25000
record

Berikut saya lampirkan simple data hasil grab nya

Thanks

Best Regards

Muhammad Iqbal

+62890909010/0811101854

image001.png (21K) Download Attachment
Grab case.xlsx (14K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] blank data tercounting

> [...]
>    record
>

> 1. Karena cells berisi data nullstring. Nullstring adalah null yang
bertipe text. Berbeda dengan null. Kalau Null, excel akan mengenalinya
sebagai null (Anda sering menyatakannya sebagai blank cells). Kalau
Nullstring, Anda mengiranya gak ada isinya, tapi Excel tahu kalau ada
isinya nullstring.
Contoh Nullstring hasil karya kebanyakan pengguna Excel : tulis formula di
cells kosong mana saja dengan ="" lalu copy paste values hasil formula itu
ke cells lain.
Cells lain lokasi paste special itu isinya nullstring.

2. Di sistemnya, oleh si pembuat sistem dulu, kalau ada fields yang null
diganti dengan nullstring atau aplikasi yang mengambil data yang mengubah
(mengkonversi) field null dengan nullstring. Jadi memang terisi data, yaitu
data bernilai Nullstring. Space kosong itu tidak ada. Space ya space saja,
dan itu tidak kosong alias ada 1 karakter spasi. Kalau nullstring ya
nullstring saja, yang panjangnya 0 karakter. Kalau null ya null saja, yang
gak ada isinya alias blank alias empty (terserah deh, tergantung object apa
yang megang tuh null).

3.  Pakai CountIF( cells , "?*" )   -> untuk tahu ada isinya selain
nullstring dan null, tapi tidak berlaku untuk cells yang berisi tipe
numerik (bilangan, kode berisi angka bertipe numerik, tanggal, dsb)