Quantcast

[belajar-excel] cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

[belajar-excel] cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

Arifna
para master xl, minta tutorial untuk membuat aplikasi tersebut, begitu juga dengan rumus2nya ... makasih ... maaf kalu sebelumnya buat repot para master xl

Re: [belajar-excel] cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

Herry Sutjipto
Arifna,

Ingin ditanggapi?  Buatlah tabel2 secara manual, seperti apa bentuknya (formulir2 yang ada), trus inginnya yang diotomatisasi seperti apa?
Kalau hanya kata2 sederhana, akan multi tafsir, sehingga penanggap akan malas untuk membantu.
Yang dibilang tersebut itu yang mana?
Apa ketinggalan?

Herry Sutjipto

[...]

harry budiman
Maaf mba, bacanya aja udah liuer :) gk jelas gitu...

Re: [belajar-excel] cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

siti Vi
Berhubung Pak/Bu Arifna sepertinya belum memahami masalahnya sendiri,
maaf, (terbukti
saat ini tidak bisa/tidak berkenanmengajukan sepotong contoh dummies data
pun), maka kami menyarankan pengadministrasian kegiatan sekolah  dengan :

- mendatangkan trainer / orang yg paham untuk menjelaskan secara face to
face
  sekaligus menganalisis apa keperluannya &

atau

- membeli software khusus aplikasi sekolahan (banyak) dana yg  murah /
lingkup kecil
biasanya software dijual dengan paket pelatihannya, di situlah kesempatan
untuk mengetahui "masalahnya sendiri".

sebelumnya lihat lihat dulu di sini... (maaf bukan ikut mengiklankan tapi
ini sekedar contoh)
http://elektro-itb.com/category/software-sekolah/
<http://elektro-itb.com/category/software-sekolah/>
http://jadwalsekolah.com/software-pembayaran-sekolah-spp/

<http://jadwalsekolah.com/software-pembayaran-sekolah-spp/>sementara itu
sebagai gambaran kasar...
Tata kelola administrasi murid (dan pembayarannya) kira-kira seperti ini

- ada tabel data semua murid
( NIS, NAMA, ALAMAT, NAMA ORTU, KELAS, JURUSAN dst)

- ada tabel-tabel BAYARAN (atau apalah istilahnya), yaitu nama nama "JASA
SEKOLAHAN"
yg harus dibayar oleh murid
- nama jasa, besarnya jasa (rp), periode bayar (harian, mingguan, bulanan?)

- ada tabel transaksi
  yaitu tabel untuk menampung semua pembayaran masuk

TGL, NOMOR TRANSAKSI, NIS, (dan/ATAU NAMA SISWA), NAMA BAYARAN, BESARNYA
BAYARAN, BULANYG DIBAYAR, BESARNYA BAYARAN, KETR TAMBAHAN

Dengan 3 jenis tabel itu, nantinya semua REPORT akan dapat dikeluarkan
dengan cukup jelas.

catatan:
Tabel Transaksi jangan dipisah pisah misalnya per kelas, per bulan dsb,
sebaiknya menjadi 1 dan terus berkesinambungan.
Pemisahan per kelas, per nama bayaran, perbulan, persiswa dsb adalah REPORT
yg dibuat "otomatis" berdasarkan 3 jenis tabel utama di atas.

Demikian sekedar gambaran & pembuka wawasan..
mudah mudahan ada manfaatnya

CMIIW

-siti-
(orang semarang juga..)

~siti

Re: [belajar-excel] cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

Arifna
memang bener mbak, aq hanya orang bodoh yang ingin berusaha untuk tau satu hal, tapi tidak tau mau belajar dari siapa? n dimana? q hanya belajar otodikak dengan apa yang q tau sekarang, terserah orang nilai aq gimana? maksih tas semuanya ...emang bener apa yang digambarkan mbak mengenai tebel itu ,,,tapi aku bingung cara membuatnya ....yang q tau cm rumus penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan mencari nilai rata2 ... itupun hanya sekedar tau aja.... apa salah q ingin menambah ilmu yang minim ini,,,,?

[belajar-excel] Re: cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

Arifna
q hanya buth tutorial untuk membuat aplkasi pembayaran siswa itu ja ?

adapun tabel2 kayanya sama seperti yang mas ato mbak gambarkan tadi .....?

Re: [belajar-excel] Re: cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

Dear BeExceler,

Berikut file tabel dasar yang mungkin bisa menjadi lahan berkreasi membantu
menyusun *tutorial* atas kasus mbak/mas Arifna ini.

----

Special buat mbak/mas Arifna,
BeExceler yang ada di milis ini membutuhkan sedikit bahan untuk menyusun
tutorialnya.
Jika file terlampir masih kurang memenuhi struktur tabel dasar Saudara/i,
sebaiknya Saudara/i yang mengirimkan tabel dasar seperti file terlampir
dengan struktur data yang sudah ada pada Saudara/i saat ini, untuk
dikembangkan menjadi satu tutorial bersama-sama oleh BeExceler.

----

Semoga dengan adanya file terlampir, tutorial yang diharapkan oleh mbak/mas
arifna bisa tercapai.

Thank You and Regards,
Kid.

P.S.
Belajar membutuhkan usaha, dan salah satu usaha itu adalah turut aktif
meringankan pihak lain yang berusaha membantu.

Format_dasar_tabel_sederhana.xls (26K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

Herry Sutjipto
Arifna,

Kalau sudah ada form2 nya buat dengan excel, kemudian maunya seperti apa ..... biar para pakarnya yang menyelesaikan!
Oke!

Herry Sutjipto