Quantcast

[belajar-excel] convert ke jam dan pembulatan

[belajar-excel] convert ke jam dan pembulatan

IHSAN NURDIN
DH.
    Mohon bantuan rekan-rekan, sy punya permasalahan tentang convert ke jam dan pembualatan pada waktu. Case nya sbb:

Misalnya saya  punya data 3:30:00(yang berarti 3 jam, 30 menit lewat 0 detik). Kmdn pd menit sy membagi 60 sehingga 0,5 jam. Sehingga total jam akan menjadi 3,5 jam. Kemudian nilai jam tadi dibulatkan ke bawah menjadi 3 jam saja krn menitnya < 40. Jika menitnya > 40 maka dibulatkan ke atas. Sehingga total jam menjadi 4 jam. Dmkn.

Mohon bantuan rekan milis. TK banyak sebelumnya.

salam excel.

RE: [belajar-excel] convert ke jam dan pembulatan

zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Misal input data type jam di A1

Silahkan coba rumus=INT(A1*24)+(MINUTE(A1)>=40)

Jangan lupa formar numbernya dirubah ke [General]

image001.jpg (494 bytes) Download Attachment
image002.jpg (456 bytes) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] convert ke jam dan pembulatan

ghozi alkatiri
misalkan angka jam yang ingin dibulatkan ada di A1 maka formulanya:
=IF(MINUTE(A1)<40;HOUR(A1);HOUR(A1)+1)

silahkan dicoba

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
 Dari: IHSAN NURDIN <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Rabu, 17 Oktober 2012 15:42
Judul: [belajar-excel] convert ke jam dan pembulatan

[...]

Re: Bls: [belajar-excel] convert ke jam dan pembulatan

IHSAN NURDIN
Pak Zainul, Pak Ghozi dan rekan milis Tk banyak atas sharing nya.

Salam excel

________________________________

Trs: Bls: [belajar-excel] convert ke jam dan pembulatan

ghozi alkatiri

 Dari: Niken <[hidden email]>
Kepada: ghozi alkatiri <[hidden email]>
Dikirim: Rabu, 24 Juli 2013 9:36
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] convert ke jam dan pembulatan

kalau casenya berbeda bagaimana?

Misalnya saya  punya data 3:37:00(yang berarti 3 jam, 37 menit lewat 0 detik). Kmdn saya ingin merubah menjadi pembulatan per 15 menit kebawah, sehingga hasil akhirnya menjadi 3:30 menit bagaimana? perlu saya sampaikan tidak ada pembulatan ke atas, sehingga misal ditemukan 3:58:15 hadil akhirnya menjadi 3:45 secara manual.

Mohon dibantu...
Salam

-Niken-