Quantcast

[belajar-excel] copy data dari file lain

[belajar-excel] copy data dari file lain

jajang muhammad siddik
Dear para Suhu,

Mhon bantuannya cara untuk look up data di file Data Master.xls yang mana sumber data nya dari file 115.xls, 360.xls, 820.xls (file terlampir). Saya tidak bisa menggunakan fungtion v-lookup karena file sumber kemungkinan posisi cell nya berbeda setiap ada data baru.

Salam,

Jajang ms

Project Sales.zip (23K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] copy data dari file lain

Pak Jajang,

Sebaiknya dibuat sebuah peraturan baku tentang letak data dan bentuk
(struktur) tabel data. Hal ini memang perlu sosialisasi yang melelahkan dan
menjemukan pada awalnya, tetapi manfaatnya adalah untuk kepentingan bersama
sebagai sebuah perusahaan.

Peraturan baku yang cukup sederhana adalah memberi nama range. Semua cabang
yang mengirimkan file data harus sudah memberi nama range pada tabel
datanya. Jika belum ada nama rangenya, maka file dikembalikan dan
dinyatakan belum mengirim data.
Nama range dibuat tetap misal bernama _Sales_
Setiap cabang disosialisasikan cara membuat nama range, atau dibuat sebuah
SOP untuk membuat nama range.

Peraturan baku lainnya yang lebih baik adalah selalu meletakkan tabel data
mulai A1 sebagai header kolom pertamanya.
Kolom pertama sebaiknya adalah kode Cabang. Kolom selanjutnya adalah data
milik cabang.

Tujuan peraturan baku seperti di atas adalah untuk memastikan posisi data.
Dengan pastinya posisi data, maka formula bisa dibuat dengan lebih mudah.
Setelah seluruh data cabang sampai di kantor pusat dan akan diolah, bisa
dilakukan penggabungan data menjadi sebuah sheet yang orientasinya vertikal.
Hal ini memang tidak harus dilakukan, karena posisi data yang konsisten
sudah bisa diolah dengan formula. Meski demikian, sebaiknya penggabungan
data ini tetap dilakukan. Tentu saja hal ini membutuhkan pemrograman. VBA
bisa digunakan untuk hal ini.

Ketika sudah membahas tentang VBA, maka sebenarnya posisi data setiap file
cabang bisa tidak tetap, tetapi strukturnya harus tetap. Misal harus ada
kolom bernama cabang dan membentuk tabel yang baik. Tabel data dikelilingi
oleh cell-cell kosong (baris atas tabel kosong, baris dibawah tabel kosong,
kolom dikiri tabel kosong, kolom dikanan tabel kosong). Hal ini akan
memudahkan pengembangan selanjutnya, misal jika kolomnya bertambah. Jika
kolomnya tetap sepanjang masa atau bersedia ribet mengubah script program
kembali ketika ada pengubahan jumlah kolom data, maka ndak perlu ada
cell-cell kosong seperti itu.

Syarat minimal untuk menggunakan VBA adalah :
1. Mau mempelajari Excel
2. Mau mempelajari VBA (ndak terima jadi)
3. bersungguh-sungguh
(untung gak ada syarat ipk minimal 1.5)

hehehe...
kira-kira Bapak mau pakai opsi mana nih ?
Membuat aturan baku atau langsung belajar VBA ? Atau mau jadinya saja ?

2012/12/2 jajang muhammad siddik <[hidden email]>

> [...]
>

> Salam,
>

> Jajang ms

Re: [belajar-excel] copy data dari file lain

jessicapermata
Kalo saya belajar vba aja :-)
Vba for dummy...
Powered by Telkomsel BlackBerry®

> [...]

> tidak bisa menggunakan fungtion v-lookup karena file sumber kemungkinan
> posisi cell nya berbeda setiap ada data baru.

Bls: [belajar-excel] copy data dari file lain

jajang muhammad siddik
Dear Mr. Kid.Memang itu permasalahannya. sosialisasi yang sangat melelahkan.
tapi saya sudah buat dengan VBA (file terlampir, semua data harus di simpan di C:\Project Sales). tapi saya rasa masih kurang efektif, karena hampir 80 toko yang harus di rekap, jadi masih memakan waktu, walaupun terlalu lama seperti copy manual.
belum lagi karena format yang aneh2, ketika saya beri perintah activeworkbook.close untuk file sales ada beberapa yang selalu minta confirmasi save.

Mohon Pencerahannya....

Salam,

Jajangms

Project Sales.zip (76K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] copy data dari file lain

Pak Jajang,

Mohon tidak cc ke alamat lain lagi ya.

> [...]
toko yang harus di rekap, jadi masih memakan waktu, walaupun terlalu lama
Prosesnya memang melakukan Copy Paste data. Saya rasa 34 detik untuk 144
files sudah cukup bagus.

"belum lagi karena format yang aneh2, ketika saya beri perintah
activeworkbook.close untuk file sales ada beberapa yang selalu minta
confirmasi save."
untuk save. Adanya isi file yang berubah yang membuat munculnya konfirmasi
save saat akan ditutup. Methods Close pada object Workbook memiliki input
parameter status akan  di-save atau tidak. Ketika input parameter tersebut
diisi False, maka seluruh proses meminta konfirmasi save akan diabaikan.
   activeworkbook.close FALSE

Coba file terlampir. Letakkan bersama file-file data dari cabang.

fyi,
- Formula merujuk ke suatu posisi cell. Jika posisi cell berubah-ubah, maka
butuh formula untuk menentukan posisi tersebut lebih dulu. Setelah itu
butuh formula untuk merujuk ke semua area data diposisi yang ditemukan
tersebut. Kemudian proses komputasi terhadap nilai-nilai data bisa
dilakukan. Artinya butuh setidaknya 3 proses.
- Formula merujuk range di sheet lain dalam workbook yang sama lebih lama
daripada merujuk ke range pada sheet yang sama.
- Formula merujuk ke file lain butuh lebih lama daripada merujuk ke file
yang sama.
Jadi, merujuk ke file lain yang posisinya berubah-ubah dengan formula yang
bisa jadi berbentuk array formula walaupun ndak mega formula, bisa jadi
akan sangat lambat.

Mungkin ada masukan dari BeExceller yang lebih pas dari cerita di atas...
hehehe...

re-Data Master2.xls (88K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] copy data dari file lain

jajang muhammad siddik
Master Kid

Wah top banget file yang dikirimkan nya, maklum ilmu VBA saya belum sampe ke situ
Setelah sedikit merevisi file yang udah dikirim, data nya akhirnya bisa di rekap dengan sempurna.
maklum, cabang yang harus di rekap cukup banyak, hampir 80 cabang. tapi alhamdullilah tidak ada kendala.

Wah kayaknya saya harus memperdalam ilmu vba nya lagi ni...

Salam,

jajang

Dari: Mr. Kid <[hidden email]>

> [...]

>Dear Mr. Kid.
Memang itu permasalahannya. sosialisasi yang sangat melelahkan.

Bls: [belajar-excel] copy data dari file lain PART 2

jajang muhammad siddik
Dear All Master Excel

seperti yang sudah di kirim Mr. Kid, proses dalam merekap data dapat dilakukan dengan lancar jaya,ini karena nama file nya tetap.
Nah...permasalahannya bagaimana jika file nya berubah2 tiap hari.
Pada case sebelum nya, file yang di rekap sudah saya rename sesuai kode cabang. Mis: 362.xs, 115.xls, 248.xls. sementara data sebenarnya adalah SBD362-06122012.xls, SBD115-06122012.xls, SBD248-06122012.xls. dan data ini berubah-ubah setiap hari sesuai dengan tanggal data yang di kirimkan.

Mohon pencerahannya pada master, apakan dengan kondisi data seperti di atas apakah masih bisa di lakukan pengcopyan...

Salam,

Jajang

> [...]

>Mungkin ada masukan dari BeExceller yang lebih pas dari cerita di atas... hehehe...

Re: [belajar-excel] copy data dari file lain PART 2

Pak Jajang,

Coba daftarkan nama file tanpa ekstensi file (hanya nama saja) tersebut ke
tabel daftar cabang.
Kemudian ganti headernya menjadi daftar file.
Pada script (ke VBE) dalam prosedur GabungData, ubah baris berbunyi :
rngDT.Offset(lRows, 2).Resize(lTmp, 1).Value = .Value
pada bagian .Value (setelah tanda sama dengan) diganti dengan ekspresi
untuk mengambil kode cabang dari tulisan nama file yang ada dalam properti
value tersebut (.Value).
Gunakan fungsi-fungsi text seperti mid,left,right atau apa saja yang
memungkinkan