Quantcast

[belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

12

[belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

Zahdan Shino
assalamu alaikum...
mohon pencerahannya kak.
saya masih newbie jadi masih butuh bantuan...
ada case...
S1A123QWE
S1AWAE2G
S1NDA52P
S1MDA52Q
S1A1ERGT
S1OAHTRE
S1N12OUT
S1M26EGDB
S1OQWEB3
S1N908YY
S1NOOOOO

yang ingin saya tanyakan bagaimana mengetahui jumlah total karakter "S1A","S1N","S1O","S1M"(dihitung 3 karakter di sebelah kiri)
dimana jawabannya itu "S1A" itu ada 3
"S1N" itu ada 4
"S1O" itu ada 2
"S1M" itu ada 2
formulanya kayak gimana mas....
<smiley image="anim_confused.gif"/><smiley image="anim_confused.gif"/>
mohon pencerahannya...
terima kasih sebelumnya.
assalamu alaikum....

Re: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

dChoosen1
Wa'alaikum salam

Mohon maaf bila file ini banyak Dummy nya
Karena baru bisa step by step.

Silahkan dipelajari.

Salam Excell-ent

On 25/03/2013 13:41, Zahdan Shino wrote:

> [...]
> "S1M" itu ada 2
> formulanya kayak gimana mas....
> <smiley image="anim_confused.gif"/><smiley image="anim_confused.gif"/>

Count 3 Digit - Edited Heri.xlsx (15K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Misal mau hitung cacah yang diawali oleh bunyi S1A (3 karakter pertama
berbunyi S1A)
=CountIF(  range_datanya , "S1A*" )

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/3/25 Zahdan Shino <[hidden email]>

> [...]
> terima kasih sebelumnya.
> assalamu alaikum....

Re: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

ZAHDAN
makasih mas atas masukannya...
saya hanya tanya....
pada  bagian (*) dari "S1A*" gunanya apa karena saya memang menggunakan formula
=COUNTIF(  range_data; "S1A" ) tanpa (*) dan hasilnya 0.
jadi guna (*) untuk apa.
makasih atas perhatiannya kak.....

jadi guna (*) untuk apa.
makasih atas perhatiannya kak.....

Re: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

Zahdan Shino
assalamu alaikum.......

oh ya,pengen nanya lagi mas.....
case sama"( [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri )" tapi ada tambahan...
S1A123QWE    A
S1AWAE2G     A

s1AQWERT     B

S1AAKNDG     C

S1ASKWND     D

S1ACDMDH     E

S1ASKDNJ     E

S1NDA52P     B

S1NDJSNX     B

S1NDUSBD     A

S1NDSDJS     E
S1MDA52Q     D

S1MDSGUD     A

S1MEDJDD     A

S1M263DF     C

S1A1ERGT     C
S1OAHTRE     A
S1N12OUT     A
S1M26EGDB    A
S1OQWEB3     C

S1ODNDCD     C

S1OEDDJC     A

S1ODSNDC     D

S1N908YY     A
S1NOOOOO     D

gimana formula untuk menyelaraskan ke dua kolom ini
dimana jawabannya itu
S1A untuk nilai A sebanyak 2
S1A untuk nilai B sebanyak 1
S1A untuk nilai c sebanyak 2
S1A untuk nilai d sebanyak 1
S1A untuk nilai E sebanyak 2

S1N untuk nilai A sebanyak 3
S1N untuk nilai B sebanyak 2
S1N untuk nilai C sebanyak -
S1N untuk nilai D sebanyak 3
S1N untuk nilai E sebanyak 1

S1M untuk nilai A sebanyak 2
S1M untuk nilai B sebanyak -
S1M untuk nilai C sebanyak 1
S1M untuk nilai D sebanyak 1
S1M untuk nilai E sebanyak -

mohon pencerahan untuk case di atas.
terima kasih atas perhatiannya.
assalamu alaikum....

Re: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

Karakter * mewakili 1 atau beberapa karakter dibelakang SIA. Jika Kriterianya SIA saja maka menghasilkan 0 karena memang tidak ada.

Salam,
HK

________________________________

RE: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Mencoba membantu,

1. Buat kolom bantu untuk menampilkan karakter sebelah kiri

2. proses rangkuman nilai dengan pivot table.

[...]

image001.jpg (494 bytes) Download Attachment
image002.jpg (456 bytes) Download Attachment
HitungKarakterDariKiri.xlsx (17K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Karakter * dalam fungsi CountIF yang lalu adalah sebuah wildcard character
yang berarti sebarang banyak karakter.
Wildcard ? berarti sebarang sebuah karakter.

1. Jika wildcard diletakkan didepan, maka artinya blabla sebelum bunyi
pasti tertentu. Bahasa manusianya : "teks yang diakhiri dengan bunyi
sesuatu"
    Contoh :  *S1A -> sebarang banyak karakter sebelum bunyi S1A
2. Jika wildcard diletakkan dibelakang, maka artinya blabla setelah bunyi
pasti tertentu. Bahasa manusianya : "teks yang diawali dengan bunyi sesuatu"
    Contoh :  S1A* -> sebarang banyak karakter setelah bunyi S1A
3. Kalau ditengah, maka gabungan dari dibelakang bunyi pertama dan sebelum
bunyi kedua.
    Bahasa manusianya : "teks yang diapit oleh bunyi pertama dan bunyi
kedua"
    Contoh : S*A -> sebarang banyak karakter setelah bunyi S dan sebarang
banyak karakter sebelum bunyi A

Penggunaannya bisa bervariasi. Contoh sebuah record dengan pemisah field
berupa karakter koma seperti :
123,nama client,2011-07-23,1000000,LUNAS,Amir
andai ada banyak data teks (1 kolom) seperti demikian dan akan mencari yang
LUNAS pada bulan 07 sebarang tahun, bisa dengan kriteria berisi wildcard :
*-07-*,LUNAS,*

Untuk hitung cacah banyak kriteria, umumnya lebih mudah dengan membuat
kolom bantu penyusun kriteria jika kriteria ada yang berupa potongan
seperti 3 karakter pertama pada kasus ini. Kemudian di -summary dengan
Pivot Table (contoh sudah ada dari Pak Zainul).
Jika dengan formula, maka harus menggunakan fungsi selain CountIF karena
fungsi CountIF untuk 1 kriteria saja. Pada xl2007 ke atas ada fungsi
CountIFs.
Pada xl2003 bisa menggunakan fungsi SumProduct ataupun array formula Sum.
Contoh file terlampir.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/3/26 Zahdan Shino <[hidden email]>

> [...]
> S1MDA52Q     D
> S1MDSGUD     A
> S1MEDJDD     A
> S1M263DF     C
> S1A1ERGT     C
> S1OAHTRE     A
> S1N12OUT     A
> S1M26EGDB    A
> S1OQWEB3     C
> S1ODNDCD     C
> S1OEDDJC     A
> S1ODSNDC     D
> S1N908YY     A
> S1NOOOOO     D
>
> gimana formula untuk menyelaraskan ke dua kolom ini

re-Hitung_cacah_data_N_Kriteria.xlsx (19K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

Bagus
Wa'alaykum salam..

File terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

hitung karakter.xls (36K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

dChoosen1
Semangat pagi,

Mungkin bisa membantu

Salam Excell-ent

On 26/03/2013 11:53, Bagus wrote:

> Wa'alaykum salam..
> File terlampir semoga sesuai harapan
>
> Wassalam
>
> ~ Bagus~

Count 3 Digit - Edited Heri2.xlsx (19K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

ghozi alkatiri
misalkan data yang ingin dihitung karakternya ada di range A1:A15
dan data berisi karakter yang ingin dicari jumlahnya ada di A15 :A17

coba gunakan formula array
{=SUM(IF(LEFT($A$1:$A$11;3)=A15;1))}

copy ke bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
 Dari: Zahdan Shino <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Senin, 25 Maret 2013 13:41
Judul: [belajar-excel] hitung karakter di sebelah kiri

[...]

[belajar-excel] Ambil Tabel dari web ke excel dengan VBA

zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Be-Excel,

Saya membuat VBA untuk memngambil data kurs pajak mingguan sbb:

'====start vba===

Const ALAMAT_WEB As String = "http://www.depkeu.go.id/ind/currency/"

Sub AmbilTableKursPajakMingguan()

    Dim rgTarget As Range, aWebQry As QueryTable, sht As Worksheet

    Set sht = ActiveSheet

    Application.ScreenUpdating = False

    With sht.UsedRange

        If .Rows.Count > 0 Then

        .Columns.Delete 'hapus hasil query sebelumnya

        End If

    End With

    Set rgTarget = sht.Range("$A$1")

    Set aWebQry = ActiveSheet.QueryTables.Add(Connection:= _

        "URL;" & ALAMAT_WEB, _

        Destination:=rgTarget)

    With aWebQry

        .Name = "KursPajakMingguan"

        .AdjustColumnWidth = False

        .WebSelectionType = xlSpecifiedTables

        .WebTables = "1"

        .WebFormatting = xlWebFormattingNone

        .Refresh BackgroundQuery:=False

    End With

    RapihkanTable sht

    Application.ScreenUpdating = True

End Sub

Private Sub RapihkanTable(sht As Worksheet)

    sht.Columns("A:I").Delete 'hapus kolom yang kosong

    sht.Rows("1:4").Delete ' hapus baris yg kosong

    sht.Range("A5").CurrentRegion.Columns.AutoFit

    'rapihkan judul

    With sht.Range("A2:F4")

        .HorizontalAlignment = xlCenter

        .VerticalAlignment = xlCenter

        .WrapText = True

        .MergeCells = True

    End With

    Dim cn As Object

    For Each cn In sht.Parent.Connections 'menghapus connection yang ada

        cn.Delete

    Next

End Sub

'====end vba

Pertanyaan:

Bagaimana caranya agar yang diambil hanya table dan isinya saja? Sehingga procedure RapihkanTable() tidak diperlukan.

JIka prosedur

FetchDataFromWebsite.xlsm (27K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Ambil Tabel dari web ke excel dengan VBA

Pak Zainul,

Coba lakukan web query. Pada object inet yang muncul dan setelah menuju url
yang diinginkan, coba hitung tanda panah kuning kecil yang muncul.
Urutan hitungnya dari kiri atas arah horisontal duluan baru ke bawahnya.
Setelah menemukan indeks tabel yang akan diambil (misal indeks tabel nomor
7), maka atur properti WebTables agar diisi dengan indeks tersebut.
nomor indeks bertipe string ya, seperti "7" dsb.

On Tue, Mar 26, 2013 at 5:35 PM, zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <
[hidden email]> wrote:

> [...]
>
> JIka prosedur ****
>
> ** **

RE: [belajar-excel] Ambil Tabel dari web ke excel dengan VBA

Maturnuwun mas Kid,

Sarannya sudah dicoba dan berhasil.

Wassalam

-zainul-

image001.jpg (494 bytes) Download Attachment
image002.jpg (456 bytes) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Ambil Tabel dari web ke excel dengan VBA

ChordJR-2
Fix Scriptnya donk Pak Zainul kalo boleh :D sebagai bahan pembelajaran untuk
saya dan teman" B-XL yang lain. Matur tengkyu

Salam,

ChordJR

RE: [belajar-excel] Ambil Tabel dari web ke excel dengan VBA

Rian Wijaya
Dear pa zainul...
Benar kata pa indra .... saya juga mau... :)

Terimaksih
On Mar 26, 2013 6:37 PM, "Indra" <[hidden email]> wrote:

> **
>

>   Fix Scriptnya donk Pak Zainul kalo boleh :D sebagai bahan pembelajaran
> [...]

Sebenarnya ambil data table dari web bisa juga tanpa vba dengan melalui
steps sbb (Saya menggunakan Excel 2007):
1. dari menu [Data], pada groups [External Data], pilih [From Web]
2. Masukkan alamat webnya. Missal akan mengambil data kurs mingguan di web
pajak, masukkan http://www.depkeu.go.id/ind/currency/
3. Kemudian pilih panah kuning untuk memilih bagian yang akan diimport ke
excel. "Berkat Mr. Kid saya jadi tahu cara memilih table yang diinginkan"
   Misal dipilih table nomer 4 & 5. Tabel 4 berisi informasi tanggal
pengumuman, Tabel 5 berisi currency ratenya.
4. Click tombol import
5. selesai.
6. Sebenarnya untuk update hariannya tinggal di click kanan table di excel
kemudian pilih refresh.
Dengan cara di atas, query & connection masih tersimpan dalam workbook.

Saya menggunakan vba karena ingin mendapatkan table yang tidak menyimpan
query & connectionnya.
Berikut vba-code yang sudah dikoreksi berdasarkan masukan dari Mr. Kid:

[...]

        .WebTables = "4,5"
[...]

        .Range("A6").CurrentRegion.Columns.AutoFit
    End With
[...]

Excellent!!! Pelajaran baru lagi nih bwat ane.thx Pak Zainul atas
bimbingannya ^_^

From: [hidden email] <mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>
On Behalf Of zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Sent: Tuesday, March 26, 2013 6:12 PM
To: [hidden email] <mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com>

[...]

dear Pa Zainul dan Mr.Kid

terimakasih atas informasinya setelah dipraktekan ... hasil baguuuss...
btw tujuannya apa pa zainul tidak menyimpan
query & connectionnya di excel ? maaaf masih awam :)