Quantcast

[belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka

[belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka

didit prast
dear master,

mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang diketik A1

ex:

File-1 : di cell A1 = "buku",

File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2 berubah?
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...

regard,

didit

Re: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka

hendrik karnadi
Logikanya ga bisa.
File-2 hanya akan terupdate pada saat dibuka.

Salam,
HK

________________________________

Bls: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka

paulus
kenapa gak seklian dibuka aja semua?!! kan satu file excell bisa membuat sampe beberapa sheet. Kalo pun ingin diprotek tiap2 sheet'a pake password jg bisa. Mungkin dr master excell disini bisa membantu.

~~paulus/t~~

________________________________
 Dari: didit prast <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 13:58
Judul: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka

> [...]

Re: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka

1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2
penggunaan fitur GetExternalData beserta seluruh syaratnya atau belajar VBA
jika ingin terotomasi.

Berikut langkahnya :
1. buka file1 dari windows explorer
2. buka file2 dan file lainnya yang butuh dari menu File Open di file
3. beri formula pada sebuah cell di file2 dengan cara :
     -> ketik sama dengan
     -> klik File1
     -> tunjuk cell sumber di file1
     -> tekan Enter
4. simpan file2

File2 akan berisi formula yang merujuk ke sebuah cell di sheet tertentu di
file1.
Data di file2 akan berubah mengikuti isi file1 untuk seluruh cell yang
berisi formula yang merujuk ke file1 ketika file2 terbuka dan telah
dilakukan kalkulasi.

2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
ketika File2 dibuka, baik melalui refresh data jika berupa koneksi melalui
object connections maupun melalui calculate jika berupa link antar workbook
dalam bentuk formula.
jika tidak pernah dibuka.

melalui proses tulis, maka file2 tentu akan memiliki data yang selalu
terbarukan dan bisa menjadi sumber bagi file lainnya. Proses ini bisa
dilakukan dengan VBA dan tetap harus membuka file2 walau tidak tampak
(disembunyikan).
dilakukan. Moga-moga kedepannya ada data provider yang bisa digunakan untuk
mengkoneksi ke Excel dan mengerjakan query Insert Into atau Update

Jadi,
file2 yang terkoneksi ke file1 akan selalu terbarukan datanya ketika file2
dibuka. Ketika data di file1 diubah dan file2 belum dibuka, maka file2
belum terbarukan datanya. Begitu file2 dibuka (baik dalam keadaan file1
sudah ditutup kembali atau masih terbuka), maka file2 bisa melakukan
pembaran data mengikuti keadaan di file1.

2013/5/27 didit prast <[hidden email]>

> [...]
> berubah?
> 2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...

Re: Bls: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka

nubie masta
Sepertinya harus menggunakan ms Access,
Table nya tetap menggunakan *.xls
lalu kita buat form atau query

* ada yg butuh unprotect VBA, bisa hubungi saya
!YM: mas.tjogja

Find masta on (•̯͡.•̯͡)  : http://masta.rumahterjemah.com

Re: Bls: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka

didit prast
daer mr paulus,

terima kasih atas sarannya,
krn alasan tidak berat saat membuka, dan file tsb. dipakai untuk banyak sekali orang.
dikhawatirkan seandainya dikumpulkan jadi 1 akan rentan error.

terima kasih,
didit

________________________________
[...]

Kalau ndak salah duga,
File1 adalah wadah data
File2, dst adalah file interface dihadapan user.

Mungkin fitur getexternaldata bisa membantu. Coba jalan-jalan di coretan
yang ada disini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-03-koneksi-melalui-ms.html>
.

> [...]

> sekali orang.
> dikhawatirkan seandainya dikumpulkan jadi 1 akan rentan error.

Bls: Bls: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka

Andy Ajhis Ramadhan
Mas didit kalau kita membuat rumusan dgn file Excell yg berbeda tdk mungkin bisa tetapi kalau masih didalam 1 sheet masih bisa. jika ingin merubah kita'kn tinggal membuat rumusan "=" saja bukan ?

 Dari: nubie masta <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 19:11
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka

--
Find masta on (•̯͡.•̯͡)  : http://masta.rumahterjemah.com