Quantcast

[belajar-excel] macro - textbox input tanggal

vw

[belajar-excel] macro - textbox input tanggal

vw
dear all,
kebetulan kali ini lagi iseng iseng buat userform yang berisi textbox
untuk input tgl dan nilai taxrate nya
file terlampir telah saya buat dan bisa digunakan tapi hanya bisa
menginput per tgl, sedangkan tujuan yang dimaksud adalah terrecord di
sheet langsung per-seminggu ( karena taxrate berlaku per minggu )
-jadi tidak perlu di input satu-satu, sekali input langsung 7 hari.

textbox yang saya buat ada tiga ;
isitgl, isiusd, isijpy.
format isian tgl adalah yyyymmdd (string)

sebelum dikirim ke milis, tadinya sudah saya buat tambahan 1 texbox
(isitgl0) untuk menuliskan sampai ke tgl berapa harus diinput ke dalam
sheet dengan tambahan code nya :
For k = isitgl to isitgl0
   'bla bla
Next k
tapi ketika dijalankan malah jadi banyak error nya

untuk menggunakan datepicker, masih belum nyambung otaknya...hehehe...
sebelumnya terima kasih atas waktu dan bantuan nya.

salam
vega

belajar textbox.xlsm (45K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] macro - textbox input tanggal

Rr Wilis
Tambahan sedikit khusus mengenai input tanggal tanpa control DTPicker atau
Calendar

Jika Textbox [IsiTanggal] di-Dobel-Klik, maka akan muncul Form Baru
[Frm_Tgl]
di form itu kita tidak MENGETIKKAN text tgl tetapi MEMILIH 3 komponen
tanggal
yaitu AngkaTahun, AngkaBulan dan AngkaHari
Saat pertama kali mncul Tgl langsng menunjukkan BULAN-INI, dan kemudian
bisa
anda meng-ubah2-nya...

[image: Inline image 1]

Pilihan AngkaHari bukan MATI, selalu 1 s/d 31 (jika bulan-nya februari kan
bisa salah!!)
tetapi berubah-ubah sesuai  Bulan & Tahun yg sedang diaktifkan.

Sekedar penyegaran kembali:
Textbox maupun ComboBox  walau datanya di format apapun, akan tetap bertype
TEXT
Jadi pada saat diolah dengan diperlakukan sebagai Bilangan harus ada
penyesuaian.

Begitu juga ketika dimasukkan ke Cell Sheet Excel, jangan sampai suatu
jumlah
(bertype Bilangan) masuk ke cell sebagai Text SEPERTI Bilangan... kurang
lucu.

On Sun, Apr 1, 2012 at 4:42 PM, vw <[hidden email]> wrote:

> [...]
>
> untuk menggunakan datepicker, masih belum nyambung otaknya...hehehe...
> sebelumnya terima kasih atas waktu dan bantuan nya.

pengganti DTPicker.PNG (26K) Download Attachment
belajar textbox (VBA modified Rara).xlsm (35K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] macro - textbox input tanggal

o' Seno
Kutipan dari mail "Cuma Milis"

" ------
[...]
-------"

seharusnya,.. menurut pendapatku..
*Nilai Texbox IsiTgl* dan *Nilai TextBox IsiTgl0*  di-konversi dulu menjadi
*Bilangan bulat *(misalnya Date atau Long)
Baru kamudian kedua variable itu bisa dipakai sebagai *batas² pencacah Loop.
*
Seperti dikatakan Wilis, Isi TextBox walaupun seperti ANGKA, tetapi
*type-datanya
= String*

Mari kita bermeditasi sebentar...
*"20121227"*  sampai  *"20130116"*  jika kedua data di anggap Bilangan maka
ada *8889* step !!
sedangkan jika dikonversi menjadi tanggal = * 41270* sampai *41290*  hanya
ada 20 hari (= *20* step)
Banyak sekali selisih pengulangan yg terjadi di Looping anda. ?! Itu pun
kalau anda sempat
menkonversi String YYYMMDD  menjadi Bilangan

Jika looping
*For k = isitgl to isitgl0*
ternyata masih kacau; berarti anda masih belum "bening" merenungi kenyataan
itu.
Sekilas info dan pandangan di atas semoga dapat sedikit membantu
membeningkan
renungan anda...

o'Seno

vw

Re: [belajar-excel] macro - textbox input tanggal

vw
iya juga ya mas ya...koq jadi bnyk loopingnya....
memang seharusnya dikonversi ke format tgl dulu baru dibuat format yg mau dituju (itu juga kalau saya bisa hehehe)...
akan saya coba dulu dengan ide2 yg ada dikepala saya dulu.
penasaran kl blm bisa

btw buat mba rara...terimakasih sudah dibuatkan alur code yg lebih menyenangkan utk dibaca. saya pakai alur cerita punya mba aja ya.

> [...]
> renungan anda...
>
> o'Seno

Re: [belajar-excel] macro - textbox input tanggal

Salah satu cara konversi tanggal dalam format YYYYMMDD yang bertipe bukan
date menjadi bertipe date
dim dtTgl as date
dim lTgl as long
ltgl=20120403
dttgl=cdate( format$(ltgl , "0000-00-00" ) )

'misal akan loop dari tanggal awal (dtTglAwal) sampai tanggal akhir
(dtTglAkhir)
dim dtTglAwal as date,dtTglAkhir as date,dtLoop as date
dttglawal=dttgl
dttglakhir=dttgl+2

for dtloop=dttglawal to dttglakhir
      'kodenya disini
next dtloop

'atau

for ltgl=dttglawal to dttglakhir
    'kodenya disini
next ltgl

'akan loop selama 17 hari mulai dari dttgl
for dtloop=dttgl to dttgl + 16
     'kodenya disini
next dtloop

Wassalam
Kid.

vw

Re: [belajar-excel] macro - textbox input tanggal

vw
akhirnya setelah pusing 7 keliling, trial error + coba2 alur baru (soalnya
belajar macronya comot sana comot sini) + dibantu oleh seseorang supaya
Form tgl dari mba rara ga perlu dibuat double -dengan deklarasi Global
(baru tau saya kl ada deklarasi seperti itu) akhirnya jadilah juga.
terima kasih buat semuanya ya....

file terlampir siapa tau berguna.

looping tanggal di textbox.xlsm (56K) Download Attachment