Quantcast

[belajar-excel] macro untuk memasukkan hasil (value) formula

[belajar-excel] macro untuk memasukkan hasil (value) formula

ghozi alkatiri
saya mempunyai konstanta formula yang saya beri nama "FORMULA"
bagaimana code macronya ketika saya menginput data di kolom A maka secara otomatis kolom B,C dan D akan terisi dengan value dari hasil konstanta formula tersebut bukan formulanya.
untuk lebih jelasnya lihat di attachment.
terima kasih sebelumnya.

wassalam

Ghozi Alkatiri

macro input value formula.xlsx (14K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] macro untuk memasukkan hasil (value) formula

Coba manfaatkan event change dari worksheet

bagian intinya :
with target
     if .count=1 then
          'tambahkan berbagai batasan area pemicu proses disini,
          'dan letakkan bagian inti dibawah ini sebagai proses kerjanya
          application.enableevents=false       'off-kan terpicunya event
          'jika array formula, ganti .formula dengan .formulaarray
          .offset(,1).resize(1,3).formula="=formula"
          .offset(,1).resize(1,3).calculate
               'kalkulasi
          .offset(,1).resize(1,3).value=.offset(,1).resize(1,3).value
       'di-value-kan
          application.enableevents=true
     endif
end with

Kid.

On 2011-11-07, ghozi alkatiri <[hidden email]> wrote:

> [...]
> formula tersebut bukan formulanya.
> untuk lebih jelasnya lihat di attachment.

[belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula

summonery
coba,
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)    If Not
Intersect(Target, Range("A2:A6")) Is Nothing Then            With
Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3)                .Formula = "=FORMULA"
.Value = .Value            End With    End IfEnd Sub

--- In [hidden email], ghozi alkatiri <ghozialkatiri@...>
wrote:

[...]

Bls: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula

ghozi alkatiri
terima kasih untuk mr kid dan bung summonery , atas tanggapan dari case yang saya ajukan. walaupun tidak sama persis dengan yang saya harapkan ada beberapa point penting yang bisa saya dapatkan untuk menambah wawasan saya yang masih sangat minim tentang macro excel.
dengan sedikit modifikasi dengan  materi yang sebelumnya saya dapatkan dari mbak haps , akhirnya case yang saya tanyakan ini bisa mendapat solusi yang saya harapkan .
adapun keseluruhan kombinasi codenya adalah sbb:

     If Target.Column = 1 Then
      If Target.Cells.Count = 1 Then
         If Len(Target.Value) > 0 Then
            With Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3)
                .Formula = "=FORMULA"
                .Value = .Value
            End With

Btw mbak haps dan mbak sitinya lagi ngumpet di mana ? kok responnya lama tidak muncul.
sekali lagi terima kasih.

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: summonery <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Senin, 7 November 2011 8:39
Judul: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula

coba,

> [...]

 wassalam

 Ghozi Alkatiri

Bls: [belajar-excel] Re: macro untuk memasukkan hasil (value) formula

Administrator
Pada code pak ghozi tsb, akan lebih baik lagi dengan mendisablekan event
terlebih dahulu sebelum "melakukan sesuatu",
Application.EnableEvents = False 'melakukan
sesuatuApplication.EnableEvents = True

wrote:

> [...]
> Â Â Â Â  If Target.Column = 1 Then
> Â Â Â Â Â  If Target.Cells.Count = 1 Then
> Â Â Â Â Â Â Â Â  If Len(Target.Value) > 0 Then
Target.Offset(0, 1).Resize(1, 3)
> Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
  .Formula = "=FORMULA"
> Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â