Quantcast

[belajar-excel] membuat duk pns otomatis

12

[belajar-excel] membuat duk pns otomatis

Dian Anas
para master excel yang budiman.
saya mau tanya, apakah sorting otomatis pada excel itu bisa dilakukan ketika kita memasukan data baru contohnya kalau kita memasukkan data golongan IV/a dengan masa kerja 23 tahun maka akan diatas golongan IV/a yang masa kerjanya 22 tahun. terima kasih pencerahannya.

--- Mods ---
File lampiran yang sebesar 492KB tersandera. Kita tunggu kiriman file yang lebih sesuai peraturan milis (<250KB) dari sdr/i Dian.
------------

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

Berhubung belum ada file susulan sebagai contoh datanya, dilampirkan file
asli yang telah dikurangi jumlah datanya.

Mohon hati-hati bagi yang ne-reply, karena file sudah mendekati batas
maksimal ukuran file yang ditentukan dalam peraturan milis.

2012/12/13 Dian Anas <[hidden email]>

> [...]
> File lampiran yang sebesar 492KB tersandera. Kita tunggu kiriman file yang
> lebih sesuai peraturan milis (<250KB) dari sdr/i Dian.

DUK 2011_r1.xls (304K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

Miss Jan Raisin
Dear mbak/mas Dian,

untuk kasus ini jika ingin otomatis, maka satu-satunya cara adalah
menggunakan VBA
script berikut ditulis dalam sebuah modul VBE, untuk menampilkannya tekan
tombol ALT F11 >> Insert >> Module

Option Explicit

' -------------------------------------- '
'  prosedur input data dan sort otomatis '
'  sort Descending berdasarkan :         '
'  Golongan, Tahun & Bulan masa kerja    '
'  code by: Ms Jan Raisin                '
'  untuk millis Belajar Excel            '
'  14 Desember 2012                      '
' -------------------------------------- '

' ini adalah nama prosedurnya
Sub InputAndSort()

    ' deklarasikan variabel bertipe String untuk mencari NIP pada data
    Dim sCari As String

    ' deklarasikan variabel bertipe Range untuk menyimpan data berupa objek
range
    ' variabel ini untuk menunjukkan apakah NIP sudah ada di data atau belum
    Dim Cari As Range

    ' deklarasikan variabel bertipe Long untuk menyimpan nomor baris data
yang paling akhir
    Dim idxRow As Long

    ' ini adalah proses pengecekan apakah NIP tersebut sudah ada di data
atau belum
    ' simpan NIP dari cell C2 ke dalam variabel yang bernama sCari
    sCari = Range("c2").Value

    ' lakukan pencarian NIP mulai dari cell C8 sampai baris data yang
paling bawah
    ' perhatian!!! pada contoh ini data pertama NIP ada pada cell C8
    ' jika berbeda maka sesuaikan lokasinya
    Set Cari = Range(Range("c8"), Range("c8").End(xlDown)).Find(sCari)

    ' jika ditemukan maka
    If Not Cari Is Nothing Then

        ' tampilkan pesan kepada user bahwa NIP tersebut sudah ada di data
        MsgBox "NIP tersebut sudah ada", vbOKOnly + vbExclamation,
"Validasi Data"

        ' karena sudah ada maka keluar dari prosedur
        Exit Sub

    ' ini adalah akhir dari pengecekan keberadaan NIP pada data
    End If

    ' jika sampai ke sini berarti data belum ada
    ' bikin 2 baris bantu, 1 sebagai header di baris 8
    ' dan di baris 9 adalah lokasi penulisan data
    ' Perhatian!!! insert baris dimulai dari baris data pertama
    ' jika lokasinya berbeda maka lakukan penyesuaian
    Range("a8:a9").EntireRow.Insert

    ' bikin header di setiap kolom baris bantu yang tadi sudah dibuat
    Range("a8").Value = "No"
    Range("b8:r8").Value = Range("b1:r1").Value

    ' copas data input ke tabel
    Range("b2:r2").Copy
    Range("b9").PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats
    Application.CutCopyMode = False

    ' sekarang saatnya melakukan sortir data
    ' pergi ke cell B8, ini adalah header dari baris bantu yang sudah dibuat
    Range("B8").Select
    ' blok seluruh data ke arah kanan dan ke arah bawah
    Range(Selection, Selection.End(xlToRight).End(xlDown)).Select

    ' jika ada sort sebelumnya, maka hapus dahulu sort tersebut
    Sheets("ks dan guru").Sort.SortFields.Clear

    ' sort descending berdasarkan Golongan, headernya ada di cell D8
    Sheets("ks dan guru").Sort.SortFields.Add Key:=Range("d8"), _
        SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending,
DataOption:=xlSortNormal

    ' sort descending berdasarkan Tahun tugas, headernya ada di cell H8
    ActiveWorkbook.Worksheets("ks dan guru").Sort.SortFields.Add
Key:=Range("h8"), _
        SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending,
DataOption:=xlSortNormal

    ' sort Descending berdasarkan Bulan tugas, headernya ada di cell I8
    ActiveWorkbook.Worksheets("ks dan guru").Sort.SortFields.Add
Key:=Range("i8"), _
        SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlDescending,
DataOption:=xlSortNormal

    ' sekarang bekerja pada proses sort di sheet KS dan Guru
    With Sheets("ks dan guru").Sort
        ' atur range data yang akan disort, mulai dari aktif cell (B8) ke
arah kanan dan bawah
        .SetRange Range(ActiveCell, ActiveCell.End(xlToRight).End(xlDown))
        ' baris pertama adalah header data
        .Header = xlYes
        ' sort bukan berdasarkan case sensitif
        .MatchCase = False
        ' sort dilakukan dari atas ke bawah
        .Orientation = xlTopToBottom
        ' defaultnya adalah xlPinYin
        .SortMethod = xlPinYin
        ' terapkan sort berdasarkan kriteria yang telah ditentukan
        .Apply

    ' akhir bekerja dengan proses sort pada sheet KS dan Guru
    End With

    ' cari nomor baris data terakhir dan simpan di variabel idxRow
    idxRow = ActiveCell.End(xlDown).Row

    ' bikin nomor urut
    Range("a9").Value = 1
    Range("a10").Value = 2
    Range("a9:a10").AutoFill Range(Cells(9, 1), Cells(idxRow, 1))

    ' hapus baris bantu
    Range("b8").EntireRow.Delete

    ' pergi ke cell A1, biar keliatan lebih cantik aja
    Range("a1").Select

' ini adalah akhir dari prosedur input dan simpan
End Sub

untuk menjalankannya, buat sebuah objek berupa tombol, shape, atau mungkin
kalo mau sedikit narsis boleh lah pakai foto xixixi :D
assign macro tersebut ke dalam objek tadi dengan cara klik kanan pada objek
tersebut

setelah itu setiap selesai input data klik objek tersebut

file terlampir hanya disisakan 1 buah sheet saja, untuk mengurangi ukuran
file, semoga OP bersedia mempelajari script tersebut sehingga untuk
penerapan ke sheet yang lain akan lebih mudah

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

re-DUK 2011_r1.xlsb (53K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

Dian Anas
terima kasih atas pencerahannya semoga bermanfaat. amin. keep smiling

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

Dian Anas
terima kasih atas pencerahannya, kalau dibuat input di sheet lain dan edit data yang sudah ada gmn yah? maklum masih newbie. terima kasih semoga tidak mengganggu waktu anda para exceller

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

boypeace
sortir DUK  meliputi urutan:
1. Golongan
2. TMT GOLONGAN
3. MASA KERJA
4. DIKLAT JABATAN
5. PENDIDIKAN
6.TANGGAL LAHIR ATAU USIA
7. BISA TAMBAKAN SORTIR BERDASAR NIP.

RASANYA SAYA MERASA SUKAR KALAU BUAT DUK DI EXCEL, LEBIH MUDAH DI ACCESS

Pada 15 Desember 2012 12:40, Dian Anas <[hidden email]> menulis:

> [...]
> data yang sudah ada gmn yah? maklum masih newbie. terima kasih semoga tidak

Hai Anas,

Bagaimana jika Anda mencoba membuat sebuah sheet data (tidak
terpisah-pisah). Isi kolomnya kira-kira : (anggap saja namanya DataDasar)
1. nama sheet output
2. nip (biasanya nip duluan diikuti nama)
3. nama
4. golongan
5. tanggal golongan
6. jabatan
7. tanggal menjabat
8. masa kerja tahun (tapi biarkan kosong karena harus dikalkulasi saat akan
membentuk output berdasar tahun laporan)
9. masa kerja bulan (tapi biarkan kosong karena harus dikalkulasi saat akan
membentuk output berdasar tahun laporan)
10. pelatihan jabatan
11. tanggal pelatihan
12. jumlah jam pelatihan
13. pendidikan terakhir
14. tahun lulus
15. tingkat ijasah
16. tanggal lahir
17. catatan mutasi
18. keterangan
19. tanggal mulai kerja (nanti dihitung dengan formula berdasar data NIP ~
kalau gak salah duga)

Kemudian buat juga daftar-daftar berikut : (boleh dalam 1 sheet tapi
terpisah kolom kosong antar daftarnya dan misal namanya Referensi)
D1. nama-nama sheet output -> untuk mengisi kolom nomor 1
D2. golongan -> untuk mengisi kolom nomor 4
D3. jabatan -> untuk mengisi kolom nomor 6
D4. tingkat ijazah -> untuk mengisi kolom nomor 15

Sertakan contoh data yang disikan ke tabel di sheet DataDasar dengan setiap
item untuk kolom nomor 1,4,6,15 pasti ada dalam daftar D1,D2,D3,D4

Lalu, posting deh filenya kemilis. Jangan lupa, jika lebih dari 250KB, coba
di zip.
Karena katanya masih newbie, nanti BeExceller menemani Anda belajar bersama
mulai dari membuat input sampai output.
Untuk susunan data dasar (raw data) sudah seperti di atas.
Tahap pertama adalah mempelajari menyusun input. Bisa jadi ada :
1. pemanfaatan fitur Data Validation List baik dinamis maupun statis)
outputnya, sedangkan golongan atau tingkat ijazah akan statis.
2. pembuatan nama-nama range
belajar hal ini juga banyak BeExceller yang bisa membantu
3. penggunaan formula seperti lookup untuk mengambil data lama atau formula
untuk mengambil tanggal masuk dan sebagainya.
4. VBA untuk menyalin data dari input ke sheet DataDasar mumpung jenis
datanya masih yang bersifat unique, yaitu berdasar NIP.

Kalau sudah lancar, baru nanti masuk tahapan belajar menyusun output dengan
VBA. Mulai dari menyusun output dalam template output, melakukan loop
supaya output di sheet template output berubah sesuai kegiatan rutin
penyusunan laporan, sampai pada penyalinan hasil di template output ke
sheet output lain sesuai selera.

hehehe.. itu kalau mau mencoba mempelajarinya.
Kalau mau jadinya, mungkin tinggal ditunggu saja reply BeExceller dengan
VBA yang input-nya di sebuah sheet dan simpan ke sheet masing-masing.
Hasilnya biasanya bagus, sayangnya, datanya tetap tersebar dibanyak sheet
dan akan relatif sulit diolah kedepannya.
Kalau mau dibayangkan, pada data dibanyak sheet tersebut, bagaimana cara
untuk menyusun laporan berikut :
> daftar guru baru di tahun ini atau
> daftar pegawai yang pensiun, dsb. Atau
> akan search si NIP sekian sekarang tugas dimana, dan tetap unique gak,
jangan-jangan tercatat 2 kali.atau
> ada berapa pegawai yang akan masuk masa pensiun dalam 3 tahun kedepan dan
siapa sajakah
(jawaban dari pertanyaan 'bagaimana cara untuk menyusun laporan berikut' di
atas sana itu sebenarnya simple, 'posting aja ke milis dan duduk manis deh')

Untuk membuat aplikasi sederhana seperti di atas, akan mudah dilakukan
dengan MS Access (kalau menguasai betul MS Access) dan akan mudah dilakukan
dengan MS Excel (kalau menguasai MS Excel). Sebenarnya, mudah dengan apa
pun yang ada atau dimiliki saat ini (kalau menguasai apa yang dimilikinya
saat ini).

so... setelah kesulitan itu ada minimal 2 kemudahan...

:)

ayo... belajar...

mohon maaf kalau ada salah-salah kata sampai kurang berkenan dihati.
(walah Kid ini, gak ikut urun solusi kok banyak omong...)

2012/12/15 Dian Anas <[hidden email]>

> [...]
> data yang sudah ada gmn yah? maklum masih newbie. terima kasih semoga tidak

terima kasih atas pencerahannya, tapi ada permasahan lagi, untuk halaman input data apa bisa disheet lain, untuk update daya per baris bisa dilakukan di sheet input tidak? mohon pencerahannya.
best regads

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

Miss Jan Raisin
Jawabnya: Bisa

coba kirimkan file yang berisi:

1 buah sheet untuk inputnya, biar ada gambaran "Ini lho maunya saya"
lengkap dengan bentuk inputannya (mau ke arah bawah atau ke samping, kalo
ke bawah lebih bagus), dikasih gambar2 juga boleh :)

1 buah sheet untuk tempat datanya, contoh header kolomnya sudah disebutkan
oleh mr Kid, kalo ada tambahan yang lain coba ditambah sendiri, Header
dimulai dari cell A1 ya.. dengan beberapa baris data

1 buah sheet untuk referensi, yang ini juga sudah dicontohkan isinya oleh
mr Kid.

walau pun Jan bisa membuatnya dengan mudah, tapi Jan harap mas/mbak Dian
bersedia mengirimkan filenya dulu, biar kelihatan ada usahanya dan tidak
kelihatan asal terima jadi

Cemungud.. --alay mode:On--

-Ms. Jan Raisin-

Pada 17 Desember 2012 12:30, Dian Anas <[hidden email]> menulis:

> [...]
> dilakukan di sheet input tidak? mohon pencerahannya.
> best regads

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

nambahin miss...

"*mau ke arah bawah atau ke samping, kalo ke bawah lebih bagus"*
Jika ingin bisa langsung input banyak record (misal data di copas dari file
lain), biasanya bentuk inputannya ke samping.
Jika input berupa entry data satu per satu (gimana kalau ada 100 record
data baru ya), maka baiknya disusun yang cantik entah kebawah dan kanan
ataupun berbagai variasi lainnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/12/17 Jan Raisin <[hidden email]>

> [...]
> kalo ke bawah lebih bagus*), dikasih gambar2 juga boleh :)

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

Wa'alaikumsalam wr. wb.,

terima kasih atas tambahan dan koreksinya mr Kid.

wassalamu'alaikum wr. wb.

-Jan Raisin-

Pada 17 Desember 2012 14:08, Mr. Kid <[hidden email]> menulis:

> [...]
>

> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

terima kasih untuk penyelesaianya untuk duk, tapi saya masih ada permasalahan. jika data yang ada dalam sheet data ditampilkan dan dapat diedit sekaligus di sheet input bagaimana? atau buat tabel bantu untuk sheet input dan display data dari sheet data dibawahnya atau gmn? data input maupun edit tidak ada tersimpan bila tidak mengklik tombol save. terima kasih semoga tidak mengganggu.
best regads

duk pns.xlsx (32K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

Miss Jan Raisin
Maaf, balasnya lama..

sebetulnya Jan inginnya mas Anas agak sedikit kreatif memberikan contoh
model inputannya, tetapi yang dimunculkan modelnya sama. ini yang sempat
bikin Jan hopeless, mungkin saja mas Anas yang terlalu sibuk jadi tidak
sempat untuk berkrasi ria sehingga tidak sempat membuat apa yang Jan minta

Gini aja kali ya.. karena Jan lagi malas untuk bikin desain dan data dummy
(niatnya sih mau dibikin data dummy aja) maka Jan akan menawarkan sebuah
solusi yang sangat simpel dan mudah, tanpa perlu banyak coding script VBA,
tanpa harus memikirkan desain untuk inputnya, pokoknya simple tetapi tidak
murahan dan tampilannya juga lumayan oke dan tidak mengecewakan.

Tapi ada syaratnya ya.. Yang ini wajib, kudu, harus, musti diikuti.. jika
tidak maka gagal lah hasil Jan merenung di pojok kamar setiap malam sambil
menunggu sang pangeran yang akan datang menyelamatkan Jan sambil menunggang
kuda putih xixixi.. (Lebay Mode ON)

   1. Hasil input harus disusun sebagai sebuah database yang baik
   2. Database mulai dari cell A1 dengan baris 1 adalah header datanya
   3. Isi data dimulai dari baris 2
   4. Tidak ada merge cell baik di header maupun di dalam data
   5. Tidak ada baris/ kolom kosong antar data
   6. Database disusun dengan orientasi vertikal (dari atas ke bawah)
   7. Tipe data setiap kolom harus seragam dan benar
   8. Database memiliki 1 buah kolom yang berfungsi sebagai Primary Key
   yang bersifat unik (tidak ada yang sama antar data, dalam kasus ini adalah
   NIP)
   9. Sebaiknya database dibuat menjadi Tabel/List, pada excel 2007 ke atas
   dapat diakses melalui ribbon Home >> Styles >> Format as Table, pada versi
   2003 ke bawah diakses melalui Data >> List >> Create List

langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur Data Form-nya Excel, pada
Excel 2007 ke atas diaktifkan dengan cara:
Masuk ke menu Excel Option >> Quick Acces Toolbar >> pada kotak Choose
command form, pilih Commands not in the ribbon >> klik Form >> klik Add >>
klik OK. Untuk versi 2003 ke bawah Jan tidak mengetahui fitur ini diakses
melalui apa.. semoga ada Be-Exceler lain yang masih memiliki versi 2003
bersedia untuk menjelaskannya.

Jika langkah di atas dilakukan dengan benar, maka seharusnya di pojok kiri
atas akan muncul satu buah icon baru bernama Form.

Cara kerjanya gimana?
untuk input data baru, klik icon Form sehingga muncul kotak seperti ini:
[image: Gambar sisip 1]

untuk melakukan input data baru, tarik scroll bar sampai ke paling bawah,
sehingga Form akan terlihat kosong, setelah itu input semua data yang
diinginkan, setelah selesai klik "NEW"

untuk Edit dan Deletenya gimana?

sebelum masuk ke tahap ini, ada kode yang harus ditulis dahulu di worksheet
yang berisi database dengan event Before Double Click
cara memunculkannya, dari lembar kerja Excel, tekan tombol ALT F11 >>
double klik nama sheetnya >> ganti General dengan Worksheet >> pilih
BeforeDoubelClick
copas scriptnya berikut ke dalam VBE:
Boolean)
    With Target
        If .Count = 1 Then
            If .Column = 2 And .Row > 2 Then
                Range("a1").Select
                ActiveSheet.ShowDataForm
    End With
End Sub

untuk script di atas tidak Jan sertakan keterangannya, nanti kalo ingin
mempelajari VBA lebih dalam tidak hanya mau terima jadi saja, Jan akan coba
terangkan sejelas-jelasnya.

cara edit atau delete-nya adalah dengan cara melakukan double click pada
nama yang ingin diedit atau didelete, jika hanya edit maka setelah
melakukan Edit harus menekan tombol New, jika delete maka harus menekan
tombol Delete setelah sebelumnya memilih data yang ingin dihapus.

kalo ingin mencari data tinggal klik Criteria, masukkan kriteria pencarian
lalu tekan tombol Enter

Untuk pembuatan laporannya dapat menggunakan fitur Pivot table, ini adalah
cara yang paling mudah karena hanya dibutuhkan melakukan drag & drop saja.
(coba pelajari cara mnggunaan Pivot Table)

Gimana? simpel tetapi efektifkan.. seharusnya ini akan sangat mudah bagi
newbie sekalipun
Sortnya datanya gimana? Manual dulu aja deh... nanti di sesi berikutnya
insya ALLAH akan Jan ajari bagaimana cara sort data, yang paling mudah
adalah dengan melakukan rekam macro. Atau mungkin ada Be-Exceler yang
bersedia menambahkan script sortirnya.. sangat dipersilakan, karena punya
ilmu gak boleh disimpan untuk diri sendiri.

Best Regard

-Ms. Jan Raisin-

image.png (85K) Download Attachment
re-duk pns_dengan Data Form.xlsm (37K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

Dian Anas
terima kasih atas pencerahannya, semoga tidak merepotkan.

[...]

Hasil input harus disusun sebagai sebuah database yang baikDatabase mulai dari cell A1 dengan baris 1 adalah header datanya
Isi data dimulai dari baris 2Tidak ada merge cell baik di header maupun di dalam data
Tidak ada baris/ kolom kosong antar dataDatabase disusun dengan orientasi vertikal (dari atas ke bawah)
Tipe data setiap kolom harus seragam dan benarDatabase memiliki 1 buah kolom yang berfungsi sebagai Primary Key yang bersifat unik (tidak ada yang sama antar data, dalam kasus ini adalah NIP)
[...]

copas scriptnya berikut ke dalam VBE:Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
    With Target        If .Count = 1 Then            If .Column = 2 And .Row > 2 Then
                Range("a1").Select                ActiveSheet.ShowDataForm
            End If        End If    End With
[...]

[belajar-excel] Mengubah angka hasil dari database menjadi huruf

agung.widodo01
Rekan pembelajar Excel sekalian,

Ada soal sederhana,
Bagaimana formula untuk mencari data di database dihalaman lain dan mengganti data Angka yang dihasilkan dengan Huruf tertentu

Contoh kasus saya ada dalam lampiran

Terimakasih
Agung W

Mengubah Angka di Database ke Huruf.xls (30K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Mengubah angka hasil dari database menjadi huruf

ghozi alkatiri
formula pertama sheet display D6

=IFERROR(INDEX(({" ";"A";"F";"K";"P";"U"});INDEX(Data!$D$2:$H$19;MATCH(Display!$C6;Data!$C$2:$C$19;0);MATCH(Display!D$5;Data!$D$1:$H$1;0))+1);"")

copy ke kanan dan bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
 Dari: "[hidden email]" <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Jumat, 21 Desember 2012 11:09
Judul: [belajar-excel] Mengubah angka hasil dari database menjadi huruf

ghozi 21122012 Mengubah Angka di Database ke Huruf.xls (39K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Mengubah angka hasil dari database menjadi huruf

ghozi alkatiri
sorry attachment pertanyaan menggunakan excel 2003 formulanya dirubah menjadi:

=IF($C6="";"";INDEX(({" ";"A";"F";"K";"P";"U"});INDEX(Data!$D$2:$H$19;MATCH(Display!$C6;Data!$C$2:$C$19;0);MATCH(Display!D$5;Data!$D$1:$H$1;0))+1))

wasssalam

Ghozi Alkatiri

________________________________

Re: [belajar-excel] Mengubah angka hasil dari database menjadi huruf

Coba :
=INDEX($F$16:$F$20,VLOOKUP($B6,Data!$B$2:$H$19,COLUMN(C$5),0)+1)
Bahasa manusia :
"Ambil dari $F$16:$F$20 [INDEX($F$16:$F$20] pada posisi baris hasil lookup
vertikal [VLookUp] nilai B6 di tabel B2:H19 di sheet data di kolom nilai
kolom C5 dengan mode pencarian sama persis"

2012/12/21 <[hidden email]>

> [...]
>
> Terimakasih****
>
> Agung W****

RE: [belajar-excel] Mengubah angka hasil dari database menjadi huruf

Ok, Sesuai keinginan..

Terimakasih banyak Mr. Kid dan pak Ghozi yang senantiasa memikirkan dan membantu kesulitan orang lain

Semoga anda sekalian selalu dijauhkan dari kesulitan hidup, Amin

AgungWi

________________________________

Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis

Dian Anas
dear miss jan raisin,
sekali lagi terima kasih atas pelajarannya. untuk duk pns yang dibuat oleh miss jan sudah saya coba-coba utak atik ternyata memang saya belum bisa vba. btw saya memakai yang miss jan sarankan yaitu pmemakai dummy, namun balik lagi saya memang masih perlu banyak belajar. langsung ke persoalan
ketika saya hapus semua data dalam sheet KS dan Guru dan saya klik ternyata muncul debug
Range("a9:a10").AutoFill Range(Cells(9, 1), Cells(idxRow, 1))
niatan saya mau menginput data baru
bagaimana cara mengatasinya?
terima kasih

best regards