Quantcast

[belajar-excel] membuat file expired

12

[belajar-excel] membuat file expired

neza ibaneza
dear all
saya punya file excel penting privaci yg ingin dicopy org lain ..misalnya anak PKL, dsb.
tapi saya ingin file tersebut expired dalam jangka waktu 60 hari saja.
karena file tersebut file penting di perusahaan

artinya file tersebut tidak bisa lagi kebuka setelah dateline tersebut.

mohon pencerahannya..

neza

Re: [belajar-excel] membuat file expired

hendrik karnadi
Untuk memenuhi keinginan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
- Sewaktu file dibuka minimal harus ada satu Sheet, jadi jangan taruh data di Sheet1
- Sheet2 yang berisi data disembunyikan dengan xlSheetVeryHidden sehingga menu Unhide tidak dapat digunakan pada saat user mengklik kanan mouse. Sheet2 tersebut hanya bisa dibuka dengan Password "hk"
- Pada saat Worlbook (file) akan disimpan (BeforeSave) Sheet2 yang berisi data akan disembunyikan lagi dan hanya bisa dibuka dengan Password
- Jika file sudah Expired dan user menonaktifkan Macro untuk mencoba mengupdate VBAnya, VB Script nya kita protect dengan Password.

Jadi pada saat file dibuka, Macro aktif atau non aktif, yang akan terlihat hanya Sheet1.

Jika Expiry date akan diubah gunakan Password "hk" dan ganti exdate nya ("bl/tg/th")

Salam,
Hendrik Karnadi

Catatan :
Karena Password masih bisa dihack dengan Software tertentu maka usahakan Password nya agak panjang (mis. 8 digit) dengan kombinasi huruf dan angka. Tentunya Password dalam VB Script nya perlu diubah juga.

________________________________

File tidak bisa dibuka lagi.xlsm (25K) Download Attachment
File tinggal 1 hari lagi.xlsm (23K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat file expired

o' Seno
saya pernah lihat, ada juga cara yg agak lain
pada saat file diserahkan ke PIHAK III harus ada tgl yg dituliskan di cell
dlm workbook tsb (gunanya untuk menentukan 60 hari lagi itu tgl berapa?)

sheetnya harus sheet penting (yg tidak boleh di delete),
cellnya harus sulit dicari, kolom / baris ata fonts nya harus tersembunyi
agar belakangan tidak di UBAH menjadi tgl lebih baru oleh pemakai

di makronya (pada prosedur penting) diberikan tambahan perintah

If  Date <= TGL_PENYERAHAN_FILE + 60 then
thisworkbook.close savechanges:=false
exit sub

kalau perlu diikuti perintah menghapus file yg baru ditutup tsb

*o'Seno*

2012/1/11 hendrik karnadi <[hidden email]>

> [...]
> Password nya agak panjang (mis. 8 digit) dengan kombinasi huruf dan angka.
> Tentunya Password dalam VB Script nya perlu diubah juga.

[belajar-excel] Re: membuat file expired

reza
kalo dengan perintah

If Date >= DateSerial(TANGGAL_EXPIRED) Then....

bedanya apa yah? ato sama saja? lebih baik yg mana yg digunakan?

Re: [belajar-excel] Re: membuat file expired

iHaps
Berarti variable anda yg bernama TANGGAL_EXPIRED itu
harus berupa data: tiga buah angka  (angkaTAHUN,  angkaBULAN dan
angkaTANGGAL
(bgmana ya cara membuatnya 1 variable berisi 3 bilangan ??)
saya tebak sebelum bertanya, anda belum mencobanya dulu..

x = DateSerial(*2011, 04, 15*)
menghasilkan x = data DATE  bernilai *15 April 2011  *

Cobalah membuat sebuah prosedur sepeti ini, dan jalankan
(jangan hidupkan Option Explicit)
Kemudian Lihat apa yg dihasilkan oleh messageBox nya

Sub MencobaFungsiDateSerial()
   VariableKu = *DateSerial(2001, 12, 23)*
   MsgBox Format(VariableKu, "dddd, dd MMM yyyy")
End Sub

2012/1/11 RezArt <[hidden email]>

> [...]
> bedanya apa yah? ato sama saja? lebih baik yg mana yg digunakan?

Re: [belajar-excel] Re: membuat file expired

Di sheeta Excel  -versus-  di VBA ada beberapa fungsi yg tujuannya sama
tetapi NAMANYA berbeda, hal ini sebaiknya difahami
ada juga yg nama dan penggunaaannya SAMA (misal LEFT, MID)

*Di sheet:*
Fungsi DATE
=DATE(2001,12,30)    menghasilkan  data tanggal 31 des 2001
=TIME(23,15,04)   menghasilkan data TIME   pukul 23:15:04

kalau *di VBA *nama Fungsinya lain
DateSerial(2001, 12, 30)
TimeSerial(23, 15, 04)

Di VBA, juga ada fungsi DATE, tetapi menghasilkan TGL System
(tgl komputer yg tiap hari berubah);  berarti funsgsi DATE di VBA
sama dengan fungsi TODAY() di sheet
... dan masih banyak lagi

Pertanyaan anda kita anggap bahwa variable *TANGGAL_EXPIRED* adalah
berisi sebuah *nilai tanggal* (satu data), misal   *12 maret 2012*  atau
nilai serialnya  = *40980*
Anda memasukkan s*atu data* tsb ke dalam fungsi yg memerlukan *3 Arguments*
*If Date = DateSerial(40980) Then*
Saya kira: hasilnya error ( = Argument not optional !)

Atau mungkin anda menganggap contoh tadi terlalu berputar putar, (bahwa
untuk menentukan  tgl expired diperlukan *tanggal penyerahan*) ??

-- itu karena si penanya ingin hari expired ditentukan berdasarkan
   "DALAM JANGKA 60 HARI"
   ( yg tidak bisa ditentukan tanggalnya kecuali diketahi tgl MULAInya)

- kalau keperluannya :  "Mulai *TGL SEKIAN *tidak berlaku!!"
  maka logika anda bisa dipakai, tetapi....
  setiap saat akan menyerahkan file kepada pihak lain anda harus mengubah
  lagi makronya.
  Misal
  Expire date =  7 Mare 2012
  kalau file diserahkan tgl 8 maret 2012, maka begitu dierahkan file sudah
expired ??!!
  maka sebelum menyerahkan filt tsb; anda harus mengedit makronya lebih
dulu.
  Variable  "TANGGAL_EXPIRED" harus di ubah / diisi data baru =  suatu data
tanggal
  yg nilainya 60 hari setelah saat penyerahan file...

Mohon dicoba prosedur dibawah ini dijalankan..
Ditanggung : sebelum dijalankan pun, VBA sudah menunjuk baris ke5
sebagai "kesalahan pengisian Argument")

Sub DateSerialKokDiisiDataDate()
   Dim TGL_EXPIRED As Date
    TGL_EXPIRED  = Date + 60
   MsgBox Format( TGL_EXPIRED , "#,##0")
   If Date = DateSerial(*TGL_EXPIRED*) Then
      MsgBox "benar"
   Else
      MsgBox "apaan tuh"

Tgl Expired tidak akan pernah dicapai, karena setiap hari berubah maju 1
hari.
sesuai nilai Date+60 (nila Date setiap hari berubah )

Sebenarnya saya tidak mau repot-repot terlalu banyak omong spt ini, (hanya
untuk
menanggapi petanyaan / sanggahan anda yg hanya berisi 3 baris pendek)
tetapi
*pemrograman memang memerlukan hal yg jelas dan logis.*
(Sedangkan sebetulnya anda tidak perlu tanya tetapi BISA mempraktekkan
langsung
pertanyaan anda itu di module VBE anda...)

wassalam
*o'Seno*
*
*
*
*
*
*
*
*
Penjelasan (selain di help > VBA Fungsi DateSerial) juga dapat dilihar di
banyak tempat
misalnya
http://www.techonthenet.com/excel/formulas/dateserial.php
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/bbx05d0c(v=vs.80).aspx

F1 / Excel Help
*DateSerial Function*
Returns a Variant (Date) for a specified year, month, and day.

*Syntax
DateSerial(year, month, day)*

The DateSerial function syntax has these named arguments:PartDescription*
year* Required; *Integer*. Number between 100 and 9999, inclusive, or a numeric
expression<https://mail.google.com/mail/?ui=2&view=js&name=main,tlist,ptlist&ver=FWFgjD3UWxQ.en.&am=!vzDW0GOWLR7ZQr2LwSy2xGafYDwuIbA046yKf4LL1L-bhprUyDLpZo6jiU-RGMfa2g>
. *month*Required; *Integer*. Any numeric expression.*day*Required; *Integer
*. Any numeric expression

> [...]

> bedanya apa yah? ato sama saja? lebih baik yg mana yg digunakan?

Re: [belajar-excel] Re: membuat file expired

Terima kasih buanyak mas seno atas penjelasannya. Jadi sama ajah dateserial dengan date.
saya pake dateserialnya seperti ini mas:

Private Sub Workbook_Open()
If Date >= DateSerial(2012, 6, 1) Then
     Sheets("tes").Visible = xlSheetVeryHidden
Else
     Sheets("tes").Visible = xlSheetVisible

dan ketika dicoba memajukan tanggal ke 1 juni 2012, sheet tes hilang dari workbook.

Bukan menyanggah mas, hehe... saya hanya pengen tau lebih dalem tentang date dan dateserial, dan alhamdulillah dijelaskan dengan sangat baik oleh mas seno.
ilmu saya masih cetek, mana brani nyanggah master disini, bisa kualat saya ntar...hehehe....

Bls: [belajar-excel] membuat file expired

neza ibaneza
maaf nih mas hendrik... file attach yg dikirim baru sy buka email hari ini jd sulit untuk ngeliat hasilnya...
mohon pencerahannya untuk membukanya kembali...

neza

________________________________
 Dari: hendrik karnadi <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Rabu, 11 Januari 2012 12:40
Judul: Re: [belajar-excel] membuat file expired

[...]

waduh... saya coba dengan memundurkan change date pada kompi saya... filenya bisa kebuka lagi (apakah ini kelemahan), tp masih ada passwordnya kok..... thanks..

mas..

________________________________
 Dari: neza ibaneza <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 10:20
Judul: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

[...]

Re: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

Ok, saya kirim kembali file yang expirednya 31 Jan 2012.
Anda dapat memodifikasi tanggal expirednya pada Macro di level workbook dengan menggunakan password
Macronya adalah sbb:
Private Sub Workbook_Open()
    Dim exdate As Date
    exdate = "01/31/2012"
    If Date > exdate Then
        MsgBox ("WAKTU anda telah HABIS"), vbInformation, "P E S A N"
        ActiveWorkbook.Close
    End If
    MsgBox ("Anda punya kesempatan " & exdate - Date + 1 & " Hari lagi"), vbInformation, "P E S A N"

Hendrik Karnadi

________________________________

File tinggal 20 hari lagi.xlsm (23K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] membuat file expired

neza ibaneza
masih ada pertanyaan lagi nih rekan excel.. gimana klw ingin diaktifkan pada file MS office lain, seperti word, powerpoint, access dsb... apa bisa?

neza

________________________________

Re: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

Kalau ini masalah di level administrator. Jadi harus diset agar tanggal sistemnya tidak bisa diubah.
Excel kan berada di bawah Operating System, jadi untuk ngeset di Excel agar tanggal tidak bisa diubah kayaknya agak susah.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
[...]

Alternatifnya,
- Hapus pesan pada Sheet1 maupun pada VB Scrip tnya MsgBox ("Anda punya kesempatan " & exdate - Date + 1 & " Hari lagi"), vbInformation, "P E S A N"
- Buat Macro tambahan untuk menghapus Sheet2 yang berisi data pada saat file sudah Expired, seperti saran Pak o'Seno.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

[...]

Bls: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

neza ibaneza
apakah ini jawaban untuk penggunaannya pada MS office lain?
neza

________________________________
 Dari: hendrik karnadi <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 11:15
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

[...]

Re: Bls: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

hendrik karnadi
Bukan, masih topik Excel.

Salam,
Hendrik

________________________________
[...]

Hilman
Mungkin bisa dengan menyimpan TanggalAwal pada range A1 misalnya, di sheet "DataRahasia" yang tentunya sheet ini harus xlSheetVeryHidden statusnya. TanggalAwal ini akan diisi dan dan di save pada saat pertama kali workbook tsb dibuka.
Nanti pada workbooks_beforeclose event, jg ditambahakan code untuk menyimpan TanggalAkhir workbooks tsb dibuka.
Jadi ketika workbook tersebut dibuka selanjutnya, bisa dicek tanggalnya apakah dia coba nge-cheat tanggal computer. Kalo TanggalAkhir kurang Tanggal sekarang lebih kecil dari 0 berarti dia sudah coba nge-cheat, langsung jalankan prosedur nge-blok. Kalo ngga, ya berarti tinggal dikurangi aja tanggal skarang dengan dengan tanggal hari ini.

Gitu bisa kali ya..

________________________________
[...]

ralat ya....
Kalo ngga, ya berarti tinggal dikurangi aja tanggal skarang dengan dengan tanggal hari ini.

seharusnya
Kalo ngga, ya berarti tinggal dikurangi aja Tanggal Sekarang dengan dengan TanggalAwal.

________________________________

[...]

Bls: Bls: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

neza ibaneza
saya pernah mendownload file ini, apa bekerja sesuai keinginan saya juga belum coba... silahkan dikoreksi rekan excel..
neza

________________________________
 Dari: Hilman <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 18:59
Judul: Re: Bls: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

ralat ya....
[...]

Membuat Tanggal Kadaluarsa pada File Excel menggunakan Macro.docx (154K) Download Attachment

Re: Bls: Bls: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

hendrik karnadi
Rupanya "sumber saya" mirip dengan sumber dari internet ...ha...ha (maaf bukan segaja njiplak, namun saya betul2 lupa sumbernya).

Salam,
Hendrik Karnadi

[...]

Atau bisa juga Tanggal Awal (yang dihidden) ditambah banyaknya (jumlah) hari yang diperkenankan.

Jadi logikanya + seperti ini :
- Jika tanggal dimundurin (Tanggal Sekarang < Tanggal Awal) maka tampilkan pesan "Maaf, anda sudah berlaku tidak jujur karena sudah merubah tanggal" dan file langsung ditutup.
- Jika Tanggal sekarang > Tanggal Awal + jumlah hari yang diperkenankan maka tampilkan pesan "File sudah expired" dan file langsung ditutup.
- Jika Tanggal sekarang < Tanggal Awal + jumlah hari yang diperkenankan maka file bisa langsung dibuka (tidak perlu pesan).

Logika sederhana ini mudah2an bisa menjadi renungan pagi dan menjadi langkah awal untuk rekan2 Be-Excel yang baru mulai mencoba membuat program.

Salam,

Hendrik Karnadi