Quantcast

[belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls

[belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls

Agus Erwanto
Dear Para Pakar Excell

saya mempunyai pertanyaan nich, dimana saya mempunyai beberapa file excell yaitu Sua.xls dan Data.xls (sebenarnya banyak, hanya saya beri contoh 2 saja). dimana di salam file tersebut mempunyai type dan format yang sama , cuma isi datanya yang berbeda.
Saya mempunyai file Process.xls , dimana mempunyai 2 sheet yaitu :

Prosesdata , berisi source tempat data berada dan command button, untuk mengeklik Proses nantinya.
Total, tempat dimana data akumulasi proses run data
terima kasih para pakar

agus

Process.xls (46K) Download Attachment
Sua.xls (17K) Download Attachment
Data.xls (17K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls

hendrik karnadi
Mas Agus,
Apakah pertanyaannya = judul ?
Apakah pertanyaannya tentang bagaimana menggabungkan file Sua dan file Data ?

Barangkali akan lebih mudah bagi penjawab apabila diberikan contoh hasil yang diinginkan.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

agus

Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls

Agus Erwanto
Dear Pak Hendrik,

Betul pak,
pertanyaan sama dengan judul, dimana file sua dan data digabungkan jadi satu.

saya berikan contoh juga di file terlampir.

terimakasih koreksinya .

agus

Dari: hendrik karnadi <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Tanggal: Selasa, 6 November, 2012, 6:52 AM

Process.xls (47K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls

hendrik karnadi
Silakan coba file terlampir.

Langkah2 untuk menjalankannya:
- Extract lampiran ke Directory D:

- Jika nama Directory atau file diubah maka Range C3 s/d Range C5 harus diubah pula.
- Klik tombol Hapus untuk membersihkan data lama

- Klik tombol Gabung untuk menggabung data.

Semoga sesuai kebutuhan.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

Gabung_Hapus Data.zip (32K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls

Agus Erwanto
Terimakasih Pak Hendrik,
tool sudah bisa dijalankan,
tetapi masalahnya disini saya punya banyak file yang harus digabungkan bahkan sampai ratusan, bagaimana ya?

Aguserw

Dari: hendrik karnadi <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Tanggal: Selasa, 6 November, 2012, 5:06 PM

[...]

tetapi masalahnya disini saya punya banyak file yang harus digabungkan bahkan sampai ratusan, bagaimana ya? karena tidak mungkin menulis satu persatu nama file.

--- Mods ---
Sepertinya ini re-post dalam rentang waktu yang kurang lama. Mohon repost berikutnya agak diperpanjang interval antara posting dan repost-nya.

Untuk mendaftar nama file, coba login dengan yahoo ID Anda dan jalan-jalan kemilis ke bagian files seperti link berikut :

Disana ada beberapa file contoh untuk membuat daftar nama-nama file.
Silakan diunduh, dipelajari, diterapkan ke kasus yang dihadapi.
Jika mengalami masalah, utarakab ke milis beserta usaha penerapannya.
------------

Dari: hendrik karnadi <[hidden email]>
[...]

Mohon bersabar Pak, butuh waktu untuk loopingnya. Kebetulan ilmu permacroan saya masih agak terbatas.
Sesuai saran Mod, coba pelajari dulu cara membuat daftar filenya (tentunya tidak ingin diketik bukan ?)
Dari daftar file tsb kita harus membuat loopingnya, agar data dari setiap file yang ada (kecuali file proses) dicopas ke sheet Total dalam file Process.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

Dari: hendrik karnadi <[hidden email]>
[...]

lkm jktind
Pak Agus .

Ada peninggalan dari alm ibu siti :

Mengabungkan beberapa file csv dalam satu foleder ke file baru di excel .

mungkin bisa dipakai .

Salam

Lukman

file itu harus di letakan di dalam satu folder
saya masih gatek . nga bisa up load berikut foleder nya.

2012/11/7 Agus Erwanto <[hidden email]>

> [...]
> Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
> Tanggal: Selasa, 6 November, 2012, 5:06 PM

Mengabungkan beberapa file csv dalam satu folder ke file baru di excel.xlsm (49K) Download Attachment
OA_1_3510A_1_2009_06_20.CSV (8K) Download Attachment
OA_1_3510A_1_2009_06_26.CSV (27K) Download Attachment
OA_1_3510A_1_2009_06_27.CSV (20K) Download Attachment
OA_1_3510A_1_2009_06_30.CSV (63K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls

Macro dalam file terlampir mudah2an sdh dapat memenuhi keinginan anda.
Ikuti langkah 1,2,3 nya.

Selamat mencoba.

Salam,
Hendrik Karnadi

Dari: hendrik karnadi <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] membuat macros append untuk beberapa file xls
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Tanggal: Selasa, 6 November, 2012, 5:06 PM

Gabung_Hapus Data.zip (50K) Download Attachment