Quantcast

[belajar-excel] membuat penempatan sel dalam satu baris yang sama, akan muncul peringatan atau menolak

[belajar-excel] membuat penempatan sel dalam satu baris yang sama, akan muncul peringatan atau menolak

Giyanto Widodo
Yth. Pengasuh dan rekan2 aktivis BeEXcel,

Saya ingin membuat jadwal pelajaran sekolah, Bagaimana agar pada penempatan
nama atau pelajaran dalam sel excel jika terjadi sel dalam satu baris yang
sama, akan muncul peringatan atau menolak untuk ditempatkan ?
Dengan cara ini setidak-tidaknya saya terbantu bila terjadi BENTROK.
Biar lebih jelas saya lampirkan file jadwal, Syukur bisa dibuatkan MACRO
untuk dapat menempatkan otomatis berdasarkan permintaan misal libur Senin
dsb

Terima kasih sebelumnya,
Giyanto Widodo

Jadwal.xlsx (43K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat penempatan sel dalam satu baris yang sama, akan muncul peringatan atau menolak

iHaps
Pakai  CUSTOM DATA VALIDATION saja...

Contoh untuk area P7:Y17

Select/Blok area tsb
Dari  Ribbon > Tab DATA > Data Validation
pilih CUSTOM
pada  kotak formula yg diisikan:
*=COUNTIF($P7:$Y7,P7)<=1*

[image: data validatiaon cegah kembar dlm baris tertentu.PNG]

sebelum diprotes lebih baik dijelaskan sekarang:
bahwa validasi (pencegahan kesalahan) hanya pada saat terjadi proses
memasukkan data
Untuk data yg sudah terlanjur ada terpaksa harus anda hapus dulu
(KALAU MAU!)

data validatiaon cegah kembar dlm baris tertentu.PNG (50K) Download Attachment
Giyanto Cegah dobel data dlm baris (iHaps).xlsx (63K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] membuat penempatan sel dalam satu baris yang sama, akan muncul peringatan atau menolak

Giyanto Widodo
Terus penerapan pada baris yang lain gimana bu ?

image001.png (50K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] membuat penempatan sel dalam satu baris yang sama, akan muncul peringatan atau menolak

Giyanto Widodo
Apa maksud mengunci kolom P dan Y, saya coba kali pertama bisa, setelah muncul peringatan saya tabrak, kali kedua tidak bisa bu

> [...]

image001.png (50K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat penempatan sel dalam satu baris yang sama, akan muncul peringatan atau menolak

Penerapan pada range lain ? (lho ?? masih binun' to ??)

= Range yg sudah diberi data validation DAPAT DICOPY
"DATA VALIDATIO" - NYA saja  KE RANGE LAIN
(=lebih cepat daripada MEMBUAT DATA VALIDATION BARU di range lain)
terutama jika "Error Alert"nya juga harus diisi pesan

Cara mengcopy Data Validation:
Range yg sudah ber-Validasi di select (di-highlighted)  lalu di COPY, 'pi !!
Select Range LAIN,   *Klik kanan > PasteSpecial > VALIDATION > Okeh!*
[image: mengcopy validasi data.PNG]

Kemungkinan besar (rumus validasinya (bila berupa rumus) akan tetap sama
dengan  yg berlaku di range lama.

*So ! >> ANDA BISA MENGEDITNYA *(mosok mau didamKEN saja ?!)
- select range baru (range yg baru saja ditulari validasi )
- Ribbon: Tab DATA > Data Validation
- muncul dialogbox 'Data Valdation', >> edit rumusnya !!

Ini dikirim *File Workbook *yg sudah diberi validasi data *(KALAU MAU!!)*

Mohon di lihat-lihat (KALAU MAU!) : Ada dua grup range yg diberi validasi
Grup / range  Untuk hari SENIN-RABU-JUMAT  = Range (E7:N46)
Grup / range  Untuk hari SELEASA-KAMIS-SABTU =Range (P7:Y46)

Terpaksa harus 2 grup berbeda rumus karena kita menghendaki Validasi
berlaku nya PER HARI  (Range yg senama grup KOLOMNYA)
Jika seandainya diberlakukan sekaligus  (E7:Y46) maka yg akan terjadi
guru di HARI SENIN  di isikan lagi di Hari SELASA (jam pelajaran yg sama)
akan dianggap Doble (akan dicegah)

mengcopy validasi data.PNG (16K) Download Attachment
Custom Data Validation Cegah Duplikasi pada baris (iHaps).xlsx (109K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] membuat penempatan sel dalam satu baris yang sama, akan muncul peringatan atau menolak

iHaps
Wa'alaikumussalam Wr Wb., -

Maksud-nya = MAKSUD BAIK !
yaitu agar "dilihat" dari cell manapun (yg masih sebaris, / di kolom
 manapun
asal masih di daerah P:Y)  rumusnya masih merujuk ke P:Y,
bukan berubah Q:Z,   R:AA, S:AB   dst....
Perlu diingat bahwa rumus itu diberlakukan bukan hanya di satu cell, tetapi
di
*Banyak cell sekaligus (di area P:Y) contoh kemarin P7:Y17 *(=daerah SELASA)

Dengan meng-ABSOLUT-kan  *P sampai Y*  (pak Gi bilang: "mengunci" *P dan Y*
,
(mana gemboknya)  pada rujukan $P7:$Y7   (di mana pada saat dibuat,  cell
aktif = P7)
*=COUNTIF($P7:$Y7, P7)<=1*

Artinya rumus itu jika anda lihat di S7  akan kelihatan seperti ini
*=COUNTIF($P7:$Y7, S7)<=1*
(dilihatnya di dialogBox Data Validation!)

Jika anda lihat di T9  akan kelihatan seperti ini
*=COUNTIF($P9:$Y9, T9)<=1*

Dan bila anda mengenal fungsi COUNTIF anda akan tahu artinya !
(data T9 jika dicari-untuk-dihitung di $P9:$Y9  apakah cacahnya <= 1  ?)
Rumus ini menghasilkan jawaban: "Yak Betul" atau "Oh Salah!"

Untuk "bahan renungan dan meditasi":
rumus yg dipasang sebagai rumus VALIDASI mirip dengan rumus KONDISI
(yg dipasang pada Conditional Formatting),  yaitu harus hanya menghasilkan :
*data type Logical*:  *TRUE  atau FALSE saja*
(dlm excel dapat juga di gantikan dengan BILANGAN Bukan NOL  (=TRUE)
 atau BILANGAN NOL  (=False)

** Jika Rumus menghasilkan TRUE maka validasi diloloskan (data yg inputkan =
*lolos / diperbolehkan*)

[image: dat valida custom countif.PNG]

** Jika Rumus menghasilkan FALSE maka validasi akan *mencegah* data yg
diinput
(karena data tsb dinilai menyebabkan rumus menghasilkan FALSE !)

Sedangkan boleh / tidak bolehnya data masuk, 'kan bukan hanya di satu cell
saja!
tetapi *di banyak cell *dengan aturan yg SAMA (ABSOLUT) di area kolomnya
(P:Y)

Sekarang saya giliran ganti bertanya
" apa maksud / arti TABRAK" dalam konsteks diskusi ini...

hormat kami
wali murid,

-  i  -

> [...]

Re: [belajar-excel] membuat penempatan sel dalam satu baris yang sama, akan muncul peringatan atau menolak

chochorilaz
mastah ni ane mau nanya..
kan saya juga punya masalah yang sama..
saya punya jadwal yang bisa cek jadwal yang bentrok, jadwal yang kosong, jadwal per guru, dan jadwal perkelas.

permasalhanya itu cuma bisa buat maks 15 kelas. nah karna jumlah kelas yang ada ada 18 kelas pas kita insert formulanya udah kacau. bisa minta tolong di ajarin atau mungkin dikasih tau mana aja yang perlu diganti..
makasih..

file saya lampirkan

Jadwal_Pelajaran_15_Kelas_(Excel)_-_Copy.xlsx