[belajar-excel] memecah 1 sheet menjadi beberapa file (berdasarkan batch) [1 Attachment]

[belajar-excel] memecah 1 sheet menjadi beberapa file (berdasarkan batch) [1 Attachment]

Milis Belajar Excel mailing list
Dear para pakar Excel,

Setiap bulan saya mempunyai data pelanggan yg dikirim ke pelanggan masing2 via sms. Karena saya mempunyai 1 sheet (gabungan beberapa pelanggan), otomatis data harus dipisah menjadi beberapa batch. Selama ini saya melakukannya secara manual yaitu bikin file baru dan copas, apabila pelanggannya banyak cukup lumayan dan menyiksa waktu melakukannya.

Saya mohon bantuan dan pencerahan para pakai, sbb :

ket : Sumber data semua pelanggan ada sheet "Other"

hasil : dipecah menjadi beberapa file

sheet "Batch 1" tersimpan file Batch 1
sheet "Batch 2" tersimpan file Batch 2

sheet "Batch 3" tersimpan file Batch 3

Atas bantuan para pakar saya ucapkan terima kasih

Wassalam,
Erry

TEST MACRO.xlsx (111K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] memecah 1 sheet menjadi beberapa file (berdasarkan batch)

Milis Belajar Excel mailing list
Coba copas Macro ini di Module VBE Sheet,
Option Explicit
Sub Pisahin()
    Dim SrcData As Range, Rng As Range
    Dim cKode As New Collection
    Dim LRow As Integer
    Dim SrcBook As Workbook
    Dim dPath As String
    Dim Sht As Worksheet

    Set SrcData = Sheets("Others").Range("E2", Range("E2").End(xlDown))

    On Error Resume Next
    For Each Rng In SrcData
        cKode.Add Trim(Rng), CStr(Rng)
    Next

    For LRow = 1 To cKode.Count
        Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
        ActiveSheet.Name = cKode.Item(LRow)
        Set Rng = SrcData.CurrentRegion
        Rng.AutoFilter Field:=5, Criteria1:=cKode.Item(LRow)
        Rng.SpecialCells(xlCellTypeVisible).Copy ActiveSheet.Range("A1")
        ActiveSheet.Cells.EntireColumn.AutoFit
        Rng.AutoFilter
    Next

    With Application
      .DisplayAlerts = False
      .Calculation = xlCalculationManual
      .ScreenUpdating = False

      Set SrcBook = ActiveWorkbook
      dPath = SrcBook.Path & "\"

      On Error Resume Next
      For Each Sht In SrcBook.Worksheets
        If Sht.Name <> "Others" Then
            Sht.Copy
            ActiveWorkbook.Close SaveChanges:=True, _
            Filename:=dPath & "Batch " & Sht.Name & ".xlsx"
            Sht.Delete
        End If
      Next
      SrcBook.Activate

      .DisplayAlerts = True
      .Calculation = xlCalculationAutomatic
      .ScreenUpdating = True
   End With

End Sub

Salam,HK

[...]

Hai Mas Hendrik,

 terima kasih banyak, untuk codenya working, saya akan dengan senang hati apabila mas Hendrik mau mengajarkan lebih tentang excel

 sekali lagi Terima kasih banyak mas hendrik

 salam
 Erina