Quantcast

[belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

[belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

bagusejogja
Salam temen temen pakar excel.... dulu file yang saya lampirkan pernah ditanyakan dan di jawab oleh master siti vi. Yang saya tanyakan lagi adalah bagiamana merubah codingnya jika hasil listboknya tidak terpisah dengan coma tertapi terpisah baris seperti di file terlampir. Terimakasih

listbox.xls (54K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

siti Vi
Administrator
Mungkin begini...

Private Sub CommandButton1_Click()
   'siti Vi / 2 okt 2011
   Dim n As Integer, r As Integer
   r = 1
   With Range("H6")
      .CurrentRegion.Offset(1, 0).ClearContents
      For n = 0 To ListBox1.ListCount - 1
         If ListBox1.Selected(n) = True Then
            r = r + 1
            .Cells(r, 1) = ListBox1.List(n)
         End If
      Next n
   End With
End Sub
'--------------

ctv_Listbox dan Range.xls (61K) Download Attachment
~siti

Re: [belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

bagusejogja
ok's banget.....tapi saya coba mengotak atik code setelah menekan tombol "gini ya" data yang aktif pindah ke kolom dan data di listbox centrangnya menjadi bersih blm bisa bisa, master stdev(i) mau menanyakan lagi;)... tq master...

________________________________
> [...]

Re: [belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

Di script-nya mbak Siti sudah ada baris cek si item di-centang atau tidak.
Jika TRUE berarti di centang, FALSE gak dicentang. Jadi set balik menjadi
FALSE.

[...]
         * ListBox1.Selected(n) = FALSE*
         End If
      Next n

*     'kalau pakai script yang ini untuk clear centangan, baris yang di-bold
hitam gak diperlukan.
      'listbox1.listfillrange=vbnullstring
      'range("list").calculate                              'bila perlu
kalkulasi ulang. siapa tahu berupa nama range dinamis dan calculation di set
manual
      'listbox1.listfillrange="list"
*
   End With
End Sub
'--------------

Mungkin jika nama range list berubah isinya (a jadi aku lapar), bisa jadi
gak berubah daftar listnya.
Jika sekalian mau cek, apakah ada perubahan di range referensinya, pakai
baris script yang hijau.

Kid.

> [...]

> menjadi bersih blm bisa bisa, master stdev(i) mau menanyakan lagi;)... tq

iHaps
ya tinggal menambah 1 (satu) pernyataan:
ListBox1.Selected(n) = False   saja...

'----------------------------
Private Sub CommandButton1_Click()
   ' *siti Vi / 2 okt 2011;  *modif:  haps / 3 Oct 2011

[...]

            ListBox1.Selected(n) = False  *<<--*hanya ini
         End If
      Next n

   End With

End Sub

'---------------------------------
Alkisah, di sebuah ListBox bernama ListBox1 dan Range sekolom yg berada di
bawah cell H6
Sebelum mulai mengurus Listbox, area Hasil dibersihkan dulu dari sisa2 hasil
sebelumnya (jika ada)
*Loop For N - Next N*, mengunjungi semua Item dlm Listbox, satu persatu,
urut Index
  dari Index pertama ( = 0) sampai Index terakhir ( = .ListCount - 1)
  Setiap kunjungan, Item (dlm Listbox1) yg sedang dikunjungi, di-Evaluasi
status "selected"nya
  Jika *statusnya = terContreng*   ( .Selected(N) = *True* ), maka
  - nilai variable R (di sini R dipakai sbg Index Baris pada kolom Hasil)
 dinaikkan satu (R = R + 1)
  - baris yg berindex R (pada kolom hasil) tsb diisi dgn Item yg sedang
di-kunjungi oleh Loop ( .List(N) )
  - Item ys sedang dikunjungi (dan valuenya *sudah disalin* ke Kolom Hasil
di sheet) itu, kemudian
    langsung di-hilangkan Contrengan-nya  ( .Selected(Index) = *False*  )
Setelah berpamitan, mungkin juga ada acara kecil cipika-cipiki.. & sedikit
air-mata pura-pura..,
kunjungan segera dilanjutkan ke Item dengan nomor Index (N) berikutnya
Acara "kunjung-mengunjung" baru akan berakhir ketika nilai N sudah mencapai
batas akhir-nya

--- mungkin seperti itu,  bahasa-manusia-nya ..

CMIIW..
-haps-

_Listbox dan Range (V2)_.xls (58K) Download Attachment
_Listbox dan Range (V2)_.xls (81K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

bagusejogja
Wah kok semakin menarik nih pembahasannya... malah menimbulkan pertanyaan pertanyaan baru ni. Apakah bisa Columheads lebih dari satu ? terimakasih ;)

________________________________
> [...]

>ok's banget.....tapi saya coba mengotak atik code setelah menekan tombol "gini ya" data yang aktif pindah ke kolom dan data di listbox centrangnya menjadi bersih blm bisa bisa, master stdev(i) mau menanyakan lagi;)... tq master...

Iyya dong,
*(apa dulu dong: milisnya !? he he he..., )*
*
*
*ColumnHead* bisa lebih dari satu jika *ListFillRange*nya = Multi Kolom
dan *ListBox* nya juga di set Multi Kolom, dgn cara :
property *ColumnCount* di set sebanyak kolom yg diinginkan

Sampai saat ini, kita mengatur (setting) sebagian atribut object listbox
 dengan
melalui Property Box, ( pada saat *"In Design Time"*)  bukan di atur di
coding VBA nya
Pada kesempatan lain, akan dipraktekkan setting property *"in
RunTime"*(pada codingnya)

[image: ListBob Prop2.PNG]

Private Sub CommandButton1_Click()
   Dim TblRef As Range, n As Integer, r As Integer, c As Integer

   Set TblRef = Range("B3").CurrentRegion.Offset(1, 0)
   Set TblRef = TblRef.Resize(TblRef.Rows.Count - 1, TblRef.Columns.Count)

   With TblRef.Offset(0, 14)
      .CurrentRegion.Offset(1, 0).ClearContents
      '--* Loop 2 tingkat untuk memindah tabel 2 Dimensi*
      *For n* = 0 To ListBox1.ListCount
         If ListBox1.Selected(n) = True Then
            r = r + 1
            .Cells(r, 0) = n + 1
            *For c* = 1 To TblRef.Columns.Count
               .Cells(r, c) = TblRef(n + 1, c)
            Next
            ListBox1.Selected(n) = False
         End If
      Next n

   End With
   Cells(3, 2).Activate

Penjelasan lebih lengkap ada di VBA Help, Object : ListBox / ComboBox;
jangan segan browsing juga, antara lain  ke sini
http://www.dailydoseofexcel.com/archives/2004/05/10/populating-multi-column-listboxcombobox/
http://www.contextures.com/excelvbalistboxcreate.html
http://www.ozgrid.com/VBA/multi-select-listbox.htm

-haps-

ListBob Prop2.PNG (24K) Download Attachment
Listbox MultiKolom dan Range (V3).rar (90K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

bagusejogja
:) wah ternyata saya salah yang tanya, yang saya tanyakan seperti dibawah ini : (didalam listbox seperti)
   Laki-laki
√  Joko
√  Doni
Perempuan
√  Dini
√  putri
Jadi ada 2 judul atau lebih yang tidak bisa dicentrang di list boxnya yaitu laki laki dan perempuan. Apakah bisa seperti itu;)
trmaksih banyak

________________________________

ListBob (24K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

iHaps
halo...
begini dech.. agar kita tidak  buang buang waktu lagi
mohon dikirim contoh dlm workbook..
(ini cara standat tanya jawab excel yg membicarakan data)
ditungggu ya...

terima kasih....

> [...]
> Jadi ada 2 judul atau lebih yang tidak bisa dicentrang di list boxnya
yaitu laki laki dan perempuan. Apakah bisa seperti itu;)

ok saya kirimkan lampirannya...maap:)

________________________________

_Listbox dan Range (V2)_ (1).xlsm (36K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

iHaps
tidak bisa Oom
itu sepertinya ingin dua kolom tetapi ditaruhnya berjajar kebawah
paling bisa di-"apusi"- dengan 2 ListBox yg di jajarkan ke bawah

lihat lampiran
lihat juga makronya

Private Sub CommandButton1_Click()
   '-- haps / 3 Oct 2011---
   Dim n As Integer, m As Integer, r As Integer
   r = 1
   Range("J6").CurrentRegion.Offset(1, 0).ClearContents

   *With ListBox1*
      For n = 0 To ListBox1.ListCount - 1
         If .Selected(n) = True Then
            r = r + 1
            Range("J6").Cells(r, 1) = .List(n)
            .Selected(n) = False
         End If
      Next n
   End With

   *With ListBox2*
      For n = 0 To ListBox2.ListCount - 1
         If .Selected(n) = True Then
            r = r + 1
            Range("J6").Cells(r, 1) = .List(n)
            .Selected(n) = False
         End If
      Next n
   End With
   Cells(5, 4).Activate

End Sub

_Listbox dan Range (V2)_(1a).xlsm (37K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

siti Vi
Administrator
Kalau ingin awet (tidak suatu saat malah macet) kenalilah *tabel NORMAL*
Lihat Lampiran

[image: Pakai Kaidah kenapa.PNG]

======vba code listing ======
Private Sub CommandButton1_Click()
   '-- haps: 3 Oct 2011 / ctv: malamnya...
   Dim n As Integer, m As Integer, r As Integer
   r = 1
   Range("J6").CurrentRegion.Offset(1, 0).ClearContents
   Range("M6").CurrentRegion.Offset(1, 0).ClearContents
   With ListBox1
      For n = 0 To ListBox1.ListCount - 1
         If .Selected(n) = True Then
            r = r + 1
            '--Pilihan 1 ---
            Range("J6")(r, 1) = .List(n, 0)
            Range("J6")(r, 2) = .List(n, 1)
            '--Pilihan 2 ---
            Range("M6")(r, 1) = .List(n, 0)
            .Selected(n) = False
         End If
      Next n
   End With
   Cells(5, 4).Activate
End Sub
============

2011/10/3 Haps <[hidden email]>

> **
>
> tidak bisa Oom
> itu sepertinya ingin dua kolom tetapi ditaruhnya berjajar kebawah
> paling bisa di-"apusi"- dengan 2 ListBox yg di jajarkan ke bawah
>
> lihat lampiran
> lihat juga makronya
>
> Private Sub CommandButton1_Click()
>    '-- haps / 3 Oct 2011---
>    Dim n As Integer, m As Integer, r As Integer
>    r = 1
>    Range("J6").CurrentRegion.Offset(1, 0).ClearContents

> [...]

Pakai Kaidah kenapa.PNG (36K) Download Attachment
ctv_Listbox dan Range (V2)_(1B).xlsm (36K) Download Attachment
~siti

Re: [belajar-excel] memindahkan listbox ke kolom

Coba dengan object control ListView. Mungkin bermasalah dengan peletakan
checkbox-nya yang hanya bisa di kolom pertama.
Coba juga dengan object control treeview. Sayangnya, checkbox harus tampil
diseluruh nodes (parent maupun child), jadi butuh sedikit tambahan script
untuk membatalkan check terhadap parent.
Sepertinya object control GridView bisa memenuhi keinginan Anda.

File terlampir baru sempat untuk menggunakan TreeView.

Regards.
Kid.

> [...]

> Jadi ada 2 judul atau lebih yang tidak bisa dicentrang di list boxnya yaitu
> laki laki dan perempuan. Apakah bisa seperti itu;)

re-List_Parent_Child_pake_treeview.xlsm (24K) Download Attachment