[belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

[belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

si Nung
assalamu'alaikum

mohon pencerahan vba untuk menamai range yg sudah disorot,
karena luasan range ini bervariasi pada tiap sheet serta luasannya tetap (bukan dinamis)
jadi setelah menyorot range tertentu dan hendak menamainya dengan rumusan tertentu (namafile_namasheet)

contoh file rangename.xls (8 KB)  terlampir,

dari googling dapat link berikut :
http://www.xtremevbtalk.com/showthread.php?t=43003
Naming an Excel range,

ada vba sbb :
Range("A1").CurrentRegion.Select
Names.Add Name:="Import", RefersTo:=activecell.currentrange.Range

namun ketika saya praktekkan masih error (learning by doing sih :))
mohon pencerahan anggota belajar-excel

sebelumnya saya sampaikan terima kasih

wassalamu'alaikum

/*-sig-

"Wisdom and knowledge is everywhere,
        but so is stupidity."

Reivan

-sig-*/

rangename.xls (10K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

Wa alaikumusalam Wr. Wb.

Misal range yang akan dinamai adalah range C7:J19 di sheet bernama myData.
Nama range yang dikehendaki adalah myRange

Sheets("myData").range("c7:j19").name="myRange"

Kid.

On 13 Jun 2011 at 8:34, Mr. Kid wrote:

> Wa alaikumusalam Wr. Wb.
>
> Misal range yang akan dinamai adalah range C7:J19
> di sheet bernama myData. Nama range yang
> dikehendaki adalah myRange
>
> Sheets("myData").range("c7:j19").name="myRange"

trims mr ki(n)d :)

wajib hardcoded ya ?

kemarin coba rekam makro dapat offset offset ya hardcoded juga walau pilih opsi relative cell :(

rencana saya,
buat makro untuk memberi nama secara otomatis, buat tombolnya,
kemudian setelah buka file xls yg berjibun, select rangenya, tekan tombol, jadi deh nama rangenya...

mohon pencerahan kembali :)

> [...]

Reivan

-sig-*/

Re: [belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

gak wajib.

Silakan dikembangkan saja.

Misal :

dim rng as range
dim sname as string
on error resume next
set rng=application.inputbox("Pilih range yang akan dinamai","Input
Range","a1",type:=8
if err.number <> 0 then
    err.clear
    exit sub
endif

sname=inputbox("Tulis nama range")
if lenb(trim$(sname))<>0 then
     sname=replace$("_" & sname," ","_")
endif

rng.name=sname

> [...]

> Reivan
>
> -sig-*/

Re: [belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

siti Vi
sepertinya tadi sudah di katakan bahwa:

"luasan range ini bervariasi pada tiap sheet serta *luasannya tetap *(bukan
dinamis)"

jadi IMHO, paling cucok ya dibuat hardcoded (konstanta alamat range)
apa gunanya dibuat dinamis kalau sudah tahu BAHWA yg dituju jelas TIDAK
dinamis
Dengan Currentregion, setiap saat luasan rang bisa berubah sesuai keadaan
aktualnya.

CMIIW, mungkin saya belum banyak melihat isi workbook nya
(ini sambil iseng mumpung di dalam angkot... deket pak sopir... )

oiya, OOT dikit ya..
cara si nung menulis posting jawaban = tidak TOP POSTING, menurutku (untuk
milis)
susah diikutinya;  kita tidak segera tahu mana kata-kata jawaban dari si
nung...
karena harus baca email yg ditanggapi lebih dulu.. baru ditengahnya ataupun
di bagian
bawahnya: ada jawaban si nung...
saya tahu si nung sudah lebih senior dlm hal bermilis-ria... daripada
kita-kita, makanya
dlm hal ini  kit amintakan juga saran2nya.

(coba dilihat di peraturan milis ada himbauan menjawab dengan cara top
posting
(walaupun cara top-posting (untuk keperluan lain) sering dikritik.

-salam-

~siti

Re: [belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

si Nung
terima kasih untuk tanggapan mr kid

saya akan mencobanya

> rng.name=sname

kuncinya disini rupanya, range bisa langsung diberi nama

sepertinya rng bisa diganti selection

kemarin kemarin setelah ketik selection kemudian di tambah titik,
karena gak muncul opsi opsi lanjutannya,
jadi belum tahu ...

> Range","a1",type:=8

type 8 maksudnya apa ya ?
atau help keywordnya :)

wassalamu'alaikum

sinung
(toppostingmengikutisaranhttp://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/10697:)))

On 13 Jun 2011 at 9:06, Mr. Kid wrote:

> [...]

Re: [belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

si Nung
> "luasan range ini bervariasi pada tiap sheet

makna bervariasi sbb,

misal :
sheet satu hanya 3 baris 3 kolom
sheet dua lain lagi, 4 baris 3 kolom,
sheet tiga, 5 baris 3 kolom

untuk yg oot,
sinung berterima kasih karena moderator sudah mengingatkan,
dan sudah membaca (lagi) arsip mengenai peraturan milis yg diposting tiap awal bulan
mohon ma'af untuk keteledoran sinung lalai menerapkan peraturan milis

On 13 Jun 2011 at 9:15, STDEV(i) wrote:

> [...]

Reivan

-sig-*/

Re: [belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

hendrik karnadi
Dear sinung,

Kata "luasan range bervariasi pada tiap sheet" mengindikasikan bahwa hal
tersebut akan sulit diprogram apabila variasinya (Sheet dan Rangenya) tidak
ditentukan terlebih dahulu atau diinput melalui program.

Jika ingin diinput melalui program maka tetap dibutuhkan langkah untuk pengisian
masing2 rangenya sehingga waktu yang dibutuhkan + sama dengan memberi nama range
secara manual.

Maaf, ini cuma "masukan" bukan solusi.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
> [...]

Reivan

-sig-*/

Re: [belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

terima kasih, segala masukan saya tampung

sinung

On 12 Jun 2011 at 23:07, hendrik karnadi wrote:

> [...]

Reivan

-sig-*/

Re: [belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

trims kepada mr.kid dan my (goo)gel

sudah ketemu

http://www.excely.com/excel-vba/using-inputbox-method.shtml

where Type specifies the return data type:
Type Values
0 Formula
1 Number
2 Text (String)
4 Logical value (True or False)
8 Cell reference (Range object)
16 Error value
64 Array of values

sinung

On 13 Jun 2011 at 12:17, si Nung wrote:

> [...]

Reivan

-sig-*/

Re: [belajar-excel] menamai range terpilih (name range selected)

Pada InputBox bawaan Excel Application (coba cari di Help), inputbox bisa
menerima beberapa datatype dan beberapa object. Konstanta 8 berarti input
berupa object range.