Quantcast

[belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

[belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

John Steinberg
Slam be Excel,
Mohon bantuan pada semuanya tentang cara menandai jadwal yang bentrok
seperti contoh terlampir.

Terimakasih,
Regard, StBerg

menandai jadwal yang bentrok.xlsx (17K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

Hai Stein,

Coba dengan formula dasar :
=*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
Hasil berupa nilai status. Jika > 0 maka bentrok.
Teks bisa diatur dengan Format Cell Number Custom "bentrok";;

Jika ingin menampilkan teks secara langsung melalui formula :
=IF( *SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *, "bentrok" , "" )

Warna dengan fitur Conditional Formatting.

Regards.
Kid.

re-menandai jadwal yang bentrok.xlsx (124K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

John Steinberg
Ini namanya minta satu dapat dua, ada bonusnya lagi. Sudah saya coba
semuanya dan berhasil semuanya.

Terimakasih banyak Mr. Kid saya akan lanjutkan pekerjaan saya.

Salam Be-Excel.
StBerg.

Pada 24 Juli 2011 13:39, Mr. Kid <[hidden email]> menulis:

> [...]
> =IF( *SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *, "bentrok" , "" )
>
> Warna dengan fitur Conditional Formatting.

Bls: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

ghozi alkatiri
coba juga formula array
{=IF(SUM(COUNTIF($C5:$G5;$C5:$G5))-5>1;"BENTROK";"")}

wassalam

Ghozi Alkatiri

Dari: Stein Berg <[hidden email]>
Judul: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Minggu, 24 Juli, 2011, 12:48 PM

[...]

siti Vi
*mau dapat 3 ??*

begini,
apa yg diinginkan, kan HANYA memberi tanda kalau SUDAH TERJADI adanya
"bentrok", trok.. trok.. trok !
(that is = Pengajar yg sama diberi jadwal di  LEBIH DARI SATU KELAS pada
JAM PELAJARAN YG SAMA);
Atau bahasa excelnya: ada data kembar di baris Cn:Gn.  (kelas A s/d kelas E)

Kita juga dapat MENCEGAH terjadinya data kembar di baris Cn:Gn, dengan
fitur yg oleh Excel disebut sebagai Data Validation (type Custom),

* Select/Blok: Range C5:G100  (boleh diperpanjang)
* di Ribbon, Aktifkan Tab Data > lihat di Group: Data Tool > Klik Data
Validation
* pilih Allow : CUSTOM
* isikan pada kotak FORMULA : * =COUNTIF($C5:$G5,C5)<=1*

[image: validasi cegah bentrok.PNG]

dengan telah diberi* susuk *seperti itu di baris Cn:Cn dari baris 5 sampai
100
insyaallah, akan menolak jika diketikkan data kembar dlm baris yg sama.

Bgmana nasib Data kembar yg sudah terlanjur ada sebelum susuk dipasang ??
(  ya dicuekin saja... )

~siti

validasi cegah bentrok.PNG (39K) Download Attachment
~siti

Re: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

John Steinberg
Terimakasih
Mas Ghozi dan Mbak Siti
Saya jadi dapet 3 Plus  plus plus...

Be-Excel,
Regard StBerg.

Pada 24 Juli 2011 16:36, STDEV(i) <[hidden email]> menulis:

> [...]
>

> ~siti

validasi cegah bentrok.PNG (39K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

Mr, Kid ...
Semua rumus memang sudah bisa, tapi saya masih penasaran dengan arti (Bahasa
Manusianya) dari
=*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))     gimana?*

Seperti, =IF(c5=7,"tujuh","bukan tujuh")
artinya, jika sel c5 berisi 7 maka tulis "tujuh" kalo tidak tulis "bukan
tujuh"
Nah kalo yang atas gimana?

Regard, StBerg.

> [...]

> Kid.

Re: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

=*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *

Bagian :
*COUNTIF(C5:G5,C5:G5)* :: hitung jumlah masing-masing dari nilai-nilai di
range  *C5:G5*  pada suatu area di range *C5:G5*. Jadi, proses ini
dikerjakan sebagai array formula.
Hasilnya misal : {1,0,2,3,1}

*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)* :: hasil di atas, kemudian dibandingkan dengan
nilai 1 menggunakan operator >. Hasilnya berupa array juga, seperti :
{FALSE,FALSE,TRUE,TRUE,FALSE}

*1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)* :: hasil perbandingan dengan nilai 1 tadi,
kemudian dikalikan dengan 1 agar terkonversi menjadi bilangan. TRUE setara 1
dan FALSE setara 0.
Hasilnya menjadi : {0,0,1,1,0}

*SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)) *:: kemudian dijumlahkan oleh
SumProduct dan menghasilkan 0+0+1+1+0 bernilai 2. SumProduct dapat memproses
data berupa array. Oleh sebab itu tidak perlu menggunakan penekanan Ctrl
Shift Enter sebagai pembentuk array formula. Pada beberapa kasus, SumProduct
tetap masih membutuhkan penekanan Ctrl Shift Enter

Bahasa manusianya :
"Jumlahkan semua hasil proses (SumProduct) dari pengkonversian datatype
menjadi numerik (1*) suatu proses perbandingan yang lebih dari 1 (>1)
nilai-nilai hitung cacah dengan sebuah kriteria (CountIF) sekumpulan
nilai-nilai ~ array (*C5:G5*) pada suatu area data (*C5:G5*) yang
ditentukan".

Regards.
Kid.

2011/7/25 Stein Berg <[hidden email]>

> [...]
> Nah kalo yang atas gimana?
>
> Regard, StBerg.

Re: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

sementara Um Kid sedang "kejar setoran" menjelang puasa...
siti wakili dulu ya, nanti akan dilengkapi oleh Um Kid...

*=SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*

kita urai mulai dari Ceruk ter dalam menuju ke luar

1.
*= COUNTIF( C5:G5, C5:G5 )*
ini sama dengan menulis 5 rumus di 5 cell sebaris
= COUNTIF(C5:G5,C5)    = COUNTIF(C5:G5,D5)  = COUNTIF(C5:G5,E5)  =
COUNTIF(C5:G5,F5)  = COUNTIF(C5:G5,G5)
boleh dipraktekkan di sheet !
tiap rumus  MENGHITUNG CACAH  data di C5:G5 , maksudnya misal ada 2 buah
angka 6
maka dikatakan dlm range tsb, data 6 cacahnya = 2

Dengan teknik *ArrayFormula* Lima rumus terpisah itu dapat ditulis *hanya
dengan 1 formula saja*
= COUNTIF(C5:G5,C5:G5)
Jika kita iseng *kita select dulu: 5 cell sebaris,* baru rumus tsb ditulis
di *Formula Bar* lalu di enter
dengan Ctrl+Shift+Enter;  maka hasilnya akan tampak sama dengan 5 rumus
terpisah-pisah tadi
yaitu  array: *1, 1, 1, 2, 2*

2
*= ( COUNTIF(C5:G5,C5:G5) > 1 )*
Semua hasilnya (yaitu array: 1, 1, 1, 2, 2 ) dibandingkan / ditest, apakah >
1
hasilnya =  array: *FALSE, FALSE, FALSE, TRUE, TRUE*
*
*
3
*= 1 * (COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1)*
Semua hasil (aray false, true tadi)  dikalikan dengan 1
atau dengan kata lain : mengkonversi False / True menjadi 0 / 1
hasilnya *array  0, 0, 0, 1, 1*

4
terakhir
*=SUMPRODUCT(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
semua hasil tsb (berupa array: 0, 0, 0, 1, 1)  dirangkum dalam *fungsi
Sumproduct.*
Mas Kid pilih Sumproduct agar tidak perlu memenuhi *kewajiban mengenter
dengan *
*cara array Formula*
(konon, ceritak dari negeri antar-berantar: pada keadaan tertentu, Sumpoduct
itu sebetulnya
adalah Array Formula *yg tidak perlu di-enter dengan 3 tombol C+S+E*

Anda bisa menggantinya dengan  =*SUM(1*(COUNTIF(C5:G5,C5:G5)>1))*
tetapi harus diakhiri dengan upacara 3 tombol C+S+E.

inti dari rumus ini adalah ingin mengetahui apakah COUNTIF di beberapa cell
tsb
ADA yg menghasilkan* >1*  ( yg berarti mengindikasikan ADA data kembar)

Jika dlm sebaris (5 cells) tidak ada yg kembar maka semua COUNTIF
menghasilkan 1
jika semua dibandingkan dengan > 1 maka FALSE
Jika semua false (sedangkan falsae akan dikonversi menjadi 0) maka kalau di
SUM
ataupun di SUMPRODUCT  maka hasilnya tetap 0
Jika ada data yg kembar walaupun cuma sepasang, hasil akhir akan > 0

Jadi rumus tsb hanya menghasilkan 2 kemungkinan
0 atau angka lain > 0

Mengapa (0)  dan ( > 0)  bisa memunculkan kata "bentrok" atau Cell seperti
kosong??
karena di range tsb telah dipasang susuk berupa Custom number formatting:
 kalau cell berisi bilangan BUKAN NOL munculkan "bentrok"
 kalau berupa bilangan NOL jangan munculkan apapun
[image: custom number format bentrok.PNG]

custom number format bentrok.PNG (26K) Download Attachment
~siti

Re: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

John Steinberg
OOoo bulet....
Tank's Mr. Kid dan Mbak Siti, saya kira tanda > itu adalah lebih besar dan
c5:g5 yang ke2 ternyata adalah aray perwakilan dari beberapa rumus.
trik yang sangat bermanfaat!
Terimakasih.

Be-Excel, Regard, StBerg

Pada 25 Juli 2011 14:56, STDEV(i) <[hidden email]> menulis:

> [...]

custom number format bentrok.PNG (26K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

Administrator
lho, memang benar,
tanda *>* adalah OPERATOR PEMBANDING  '*lebih besar daripada' / 'greater
than' *

=COUNTIF(C5:G5,C5:G5) >*  *1

ruas kiri akan berupa data multi hasil  (array)
jadi hasil pembandingannya pun ada 5 hasil.

memang awalnya agak sulit untuk memahami *array*

Cpearson telah menjelaskannya dengan baik di sini:
http://www.cpearson.com/excel/ArrayFormulas.aspx

~siti

Re: [belajar-excel] menandai jadwal yang bentrok

John Steinberg
Yup, makasih mbak Siti, linknya sangat bagus. saya akan pelajari lagi

Pada 25 Juli 2011 19:04, STDEV(i) <[hidden email]> menulis:

> [...]
> jadi hasil pembandingannya pun ada 5 hasil.
>
> memang awalnya agak sulit untuk memahami *array*
>
> Cpearson telah menjelaskannya dengan baik di sini:

[belajar-excel] Mencari jam yang diklaim

Budhi Cahyanto
Dear pakar eXeL,

Saya butuh bantuannya dalam mencari nilai jam yang di klaim (kolom K) dan
nilai perkalian yang akan diperoleh pada kolom L dari contoh yang saya
lampirkan ini.

Ketika saya masukan angka pada kolom C atau D, dst maka secara otomatis
nilai pada kolom K akan berubah sesuai ketentuan yang ada (ketentuan ada
pada lampiran berikut).

Mohon bantuan para pakar untuk mencari nilai pada kolom K dan L.

Thx.

Paket.xls (24K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mencari jam yang diklaim

debi agung
ini untuk bikin apa ya pak?., Kayak hitungan lembur ya?

RE: [belajar-excel] Mencari jam yang diklaim

Budhi Cahyanto
Iya bu, tapi lebih tepatnya insentif.

  _____

Thx.

Re: [belajar-excel] Mencari jam yang diklaim

Franciscus SOG
Dear Budhi,

Karena request Anda menggunakan komponen warna maka kita buat UDF
tersendiri untuk menghitung kolom L.

Untuk kolom K, gunakan rumus :
=IF(B5<=1290000;(SUM(C5:I5)*2)-(0,5*COUNT(C5:I5));SUM(C5:I5))

Untuk kolom L, gunakan rumus :
=IF(B5<=1290000;B5/173*M5;warna(C5:I5))

Jika ada perubahan kolom yang diberi warna, maka anda harus manual
merefreshnya. Saran sebaiknya warnai kolom dahulu baru ketikkan rumus.

Untuk UDF warna :
Function warna(area As Range)
Dim data As Range
For Each data In area
    If data.Interior.Color = 255 Then
        hasil = hasil + (data.Value * 50000)
    ElseIf data.Value <= 3.5 Then
        hasil = hasil + 7500
    Else
        hasil = hasil + 32000
    End If
Next data
warna = hasil
End Function

CMIIW. Semoga bermanfaat.

Blessings,

Fran'z

On 7/26/11, Budhi Cahyanto <[hidden email]> wrote:

> [...]
> pada lampiran berikut).
>

> Mohon bantuan para pakar untuk mencari nilai pada kolom K dan L.

fran'z_Paket 20110726.xls (47K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mencari jam yang diklaim

Mungkin sebaiknya Pak Budhi berusaha untuk tidak memanfaatkan warna sebagai
kriteria, karena pemberian warna pun membutuhkan kriteria. Misal jika
kondisi A maka warnanya merah. Sebaiknya kriteria pemberian warna itu yang
menjadi data, bukan hasil pewarnaannya.

Regards.
Kid.

2011/7/26 Franciscus SOG <[hidden email]>

> [...]
>
> Blessings,
>
> Fran'z

RE: [belajar-excel] Mencari jam yang diklaim

@pak Fran'z, mantaps sekali rumusnya. Thanks a lot.

@Mr Kid, awalnya saya tidak ingin memanfaatkan warna sebagai kriteria, tapi
karena data yang masuk dibedakan berdasarkan warna, akhirnya warna menjadi
suatu kriteria utk membedakan dengan kriteria lainnya. Thanks Mr Kid untuk
inputnya.

  _____

<mailto:budhi.cahyanto%40id.certissecurity.com> > wrote:

> [...]
>

> Mohon bantuan para pakar untuk mencari nilai pada kolom K dan L.
>

> Thx.

Re: [belajar-excel] Mencari jam yang diklaim

yg menjadi keinginan calon pananggap (jika diperkenankan) adalah :
"Mengetahui *syarat / kondisi yg mendasari pemberian WARNA cells dlm kasus
tsb*";
karena (dugaan kita) warna² tsb TENTUNYA tidak diberikan secara semena-mena;
dengan menutup mata, sekenanya: cell yg benasib mujur akan didiamkan saja,
cells bernasib malang akan diwarnai, dengan warna sekenanya pula).
Tentu bukan seperti itu !

Jika syarat kondisi /warna itu memang ada, calon  penanggap tidak perlu lagi
membuatkan UDF peraba warna
(dan ujung-ujungnya juga memperingan pembuat data (rekan pak Budi) tidak
perlu
mewarnai cell demi cell dengan syarat yg hanya ada di dalam hati.

SETAHU KITA, bahwa di Excel kita dapat "mengelompokkan" banyak data (untuk
dijumlah, dihitung, di-rerata, di-product, difilter, di-manipulasi dengan
operasi
tertentu dst) JIKA kolompok data tsb (walaupun terpisah tempatnya)
diketahui
PUNYA KONDISI yg sama.  Sedangkan Syarat/Kondisi terhadap sekelompok data,
di Excel, dapat diexpressikan dengan FORMULA.

maaf kalau kasus ini telah ditutup, jadi komentar kesiangan deh...

siti

2011/7/26 Budhi Cahyanto <[hidden email]>

> [...]
menjadi suatu kriteria utk membedakan dengan kriteria lainnya. Thanks Mr Kid

~siti