Quantcast

[belajar-excel] mencari file excel yg blm di save?

[belajar-excel] mencari file excel yg blm di save?

Haris Kartiwan
Dear Master Excel

Ada Temen saya yg tanya, bagaimna cara mencari file excel yg telah di buka seharian, tetapi belom di save selama 1 hari itu juga.

ternyata  sore harinya, listrik padam tiba2x.
nahh bagaimana cara melihat kembali file excel yg tadi di buka.

note: pas waktu di buka excel kembali, di recoverynya tdk ada file tadi.

terima kasih sebelumnya,
Salam
Haris

hkartiwan@arahrestu.com.vcf (269 bytes) Download Attachment

RE: [belajar-excel] mencari file excel yg blm di save?

jkssbma

gunakan macro ini :Sub makrowb()
    Dim wb As Workbook
    For Each wb In Workbooks
        If Not wb.Saved Then
        'wb.Save
        End If
    Next
End Sub

 To: [hidden email]

[...]

        If Not wb.Saved Then' sori lupa hilangkan ' --> komentar
           wb.Save
        End If
    Next
End Sub

To: [hidden email]

Re: [belajar-excel] mencari file excel yg blm di save?

Haris Kartiwan
Maaf nih Pak Darsono,

sya kurang mengerti nih, bagaimana cara melakukannya,
dan perintah macro itu untuk apa?, mencari file excel yg belom tersave atau untuk antisipasi kalo file belom di save.???

terima kasih.
Haris

Re: [belajar-excel] mencari file excel yg blm di save?

siti Vi
Mudah mudahan di excel teman anda fitur AutoRecover dihidupkan. Untuk
mengetahui statusnya lihat di Excel Options.

Selama sebuah file Excel dibuka berada dalam memory kerja (baik yg sudah di
saved atau belum), oleh excel duplikatnya akan di saved secara berkala
setiap interval waktu tertentu di folder tententu.
(lihat alamat path nya di excel options juga).

File duplikat (autorecover) tsb hanya akan dihapus KALAU
- file utama sudah sengaja di save oleh user
- atau dengan sengaja di-discard (ditutup tanpa disave) oleh user

Jika terjadi excel shutdown karena ke"cekaklaan"  file autorecover tsb
tidak dihapus, makanya harusnya masih berada di folder kususnya; nama
filenya berextensi **.XAR*

Cobalah di cari / tidak hanya di folder au reover saja, File XAR dapat
langsung dibuka sebagai workbook.

Jika ternyata tidak ada, masih ada satu cans lagi: file tsb sudah terhapus
(entah oleh apa / siapa)
File yg di deleted sebebarnya datanya masih ada di DISK hanya secara
'sistem' tidak dianggap file;

Mumpung lokasinya belum tertimpa file baru, anda segera saja adakan
recovery (merecover file yg telah didelete)

Jika anda tidak punya aplikasinya downloadlah versi gratisnya (cukup bagus)
dari :
http://www.piriform.com/recuva

Namanya Recuva (sekeluarga dengan Defragler dan C_Cleaner)
Recuva akan mendeteksi disk anda (dan mendaftar file file yg pernah
didelete, serta memberikan statusnya
(apakah masih bisa direcover atau tidak)
Agar tidak terlalu lama scanningnya anda dapat memberi batasan  nama extensi
maupun lokasi (path nya)

siti

2011/7/13 Haris Kartiwan <[hidden email]>

> [...]
> nahh bagaimana cara melihat kembali file excel yg tadi di buka.
>
> note: pas waktu di buka excel kembali, di recoverynya tdk ada file tadi.

~siti

[belajar-excel] Re: mencari file excel yg blm di save?

jkssbma

Pak pakai Excel 2003 atau 2007 ? nanti saya akan berikan cara membuat
makro. Atau di arsip milis ini mungkin ada ?

'---------

--- In [hidden email], "Haris Kartiwan" <hkartiwan@...>

------------------------------------------------------------------------\
--------
> [...]
> nahh bagaimana cara melihat kembali file excel yg tadi di buka.
>
> note: pas waktu di buka excel kembali, di recoverynya tdk ada file

Re: [belajar-excel] Re: mencari file excel yg blm di save?

siti Vi
Administrator
maaf, pendapat siti berikut ini mungkin salah, mohon dikoreksi..

Mencari FILE EXCEL yg HILANG (lebih spesifik: file yg  pernah di buat dan
tayang
di monitor tetapi belum pernah di save (karena aksiden listrik mati),
tentunya
saat ini tidak lagi sedang sebagai WORKBOOK
(Workbook adalah file excel yg *sedang dibuka*, bukan file yg ada di disk)
Koleksi Workbooks hanya berisi workbook-workbook yg sedang terbuka saja.

untuk mempertegas pendapat ini, bisa di test dengan

* membuka 2 atau 3 file excel + 1 workbook baru
* di windows-explorer aktifkan folder tertentu yg berisi banyak file excel
* tulis makro di workbook baru

sub DaftarWorkbook()
  dim book as workbook, n as integer
  with Thisworkbook.Sheets(1)
    for each book in Workbooks
      n = n + 1
     .cells(n,1).book.name
    next book
  end with
end sub

* jalankan makro lihat hasilnya di sheet1 wotkbook baru

Harusnya ada daftar nama workbook yg sedang terbuka saja.

Jadi apakah makro spt ini akan berhasil menemukan* file yg hilang *tsb ?
siti juga tidak tahu, hanya memperkirakan tidak berhasil, dengan dalil di
atas tadi
(bahwa koleksi workbooks hanya berupa file excel yg, saat makro di run,
*sedang terbuka.*

CMIIW

~siti