Quantcast

[belajar-excel] mencari, mengambil dan menempel data

[belajar-excel] mencari, mengambil dan menempel data

triyoso
yang terhormat BeExeller,

mohon dicarikan solusi,
1. dari data yang banyak (ratusan ribu)... :)
2. ingin saya mengambil / memilih dengan pencarian karakter tertentu.
3. dan setelah ditemukan dapat tertempel langsung di sheet tertentu.
4. dan bagaimana "rumus" an yang baik/pas jika pencarian di lakukan banyak karakter (exp: NIK).

5. terimakasih, semoga ilmunya mendapat balasan dari Yang Kuasa.....

file tersebut kami sertakan.

mencari menempel.xlsx (50K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] mencari, mengambil dan menempel data

Pak Tri,

File terlampir memanfaatkan fitur Advanced Filter.
Jika lelah dan bosan karena harus menjalankan advanced filter, lakukan :
macro hasil record dan tekan OK
     tinggal belajar VBA (macro) dikit supaya bisa membuatnya jadi dinamis
mengikuti berubahnya jumlah record data, column dan record kriteria, column
tabel hasil.

2012/7/31 Triyoso Rustamaji <[hidden email]>

> [...]
> karakter (exp: NIK).
>
> 5. terimakasih, semoga ilmunya mendapat balasan dari Yang Kuasa.....

re-mencari menempel.xlsx (70K) Download Attachment

[belajar-excel] Bagaimana cara membuat laporan menggunakan filter manual

Mohammed Asseggaf
Halo para EXCEL man

Mau ngejelasin masalahnya susah menggunakan kalimat, lebih baik kita terjun
ke file di attachmentnya aja deh ;)

Setelah itu baru deh kita bahas

Makasih yah

Muh.Saggaf

Saggaf31072012.xlsx (15K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana cara membuat laporan menggunakan filter manual

M. Ferdiansyah
Dear pak saggaf,

Ikut nimbrung ya..

file terlampir..

semoga sesuai harapan..

regard,

Ferdy

> Halo para EXCEL man
>

> Mau ngejelasin masalahnya susah menggunakan kalimat, lebih baik kita
> [...]

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Notice  : This e-mail (and any attachment) is strictly confidential and
is intended only for the addressee(s)above. Is strictly prohibited to
forward, print, copy, or otherwise reproduce this message that would
allow it to be viewed by any individual not originally listed as
a recipient(s). If you have received this e-mail in error, please
immediately notify the sender and delete this message. The opinions
expressed in this e-mail (and any attachment) are those of the individual
sender and may not necessarily reflect the views of PT Pusri.
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________

Copy of Saggaf31072012.xlsx (19K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana cara membuat laporan menggunakan filter manual

Pak Muh. Saggaf,

Coba manfaatkan pivot table.

Bisa juga dengan formula :
1. Minimum atau maksimum dengan kriteria : (array formula)
=Min(  IF(    data=nilai_kriteria , nilai_dikalkulasi ) )
Contoh :
=MIN(IF($A$2:$A$17=$F2,$B$2:$B$17))

Untuk Maksimum, ganti Min dengan Max
atau dipersingkat menjadi :
=Max( ( data=nilai_kriteria  )   *  nilai_dikalkulasi  )
Contoh :
=MAX(  ($A$2:$A$17=$F2)  *  $B$2:$B$17      )

2. Menyusun data unique (dalam hal ini untuk salary) dari suatu data
bertipe numerik yang harus memenuhi kriteria tertentu
bisa dilakukan dengan array formula Small( IF() )
Contoh :
=SMALL( IF( ($A$2:$A$17=$G$7) * ($B$2:$B$17>N(F9)) , $B$2:$B$17 ) ,
ROW()-ROW($F$9)   )
Bahasa manusia :
"Ambil data ke- hasil kalkulasi ROW()-ROW($F$9) dari suatu data larik yang
telah diurutkan menaik (SMALL),
dimana data yang diurutkan tersebut adalah data bertipe numerik dikolom
salary ($B$2:$B$17) yang memenuhi kriteria tertentu.
Kriteria tersebut adalah
> untuk Occupation ($A$2:$A$17) yang sama dengan (=) pilihan user ($G$7)
DAN (*)
> nilai data salary ($B$2:$B$17) yang lebih dari (>) nilai data salary
terakhir tabel hasil ini N(F9)"

Array formula ini bisa menghasilkan error value ketika sudah tidak
ditemukan lagi data yang memenuhi kriteria yang ditentukan.
Untuk antisipasi Error value, gunakan IFError (xl2007 keatas) atau IsError
(semua versi Excel)

3. Hitung cacah dengan 1 kriteria berdasar lebih dari 1 kriteria adalah
menjumlahkan hasil perkalian dari proses pembandingan setiap kriterianya.
=SUMPRODUCT( ($A$2:$A$17=$G$7) * ($B$2:$B$17=F10)  )
Bahasa manusia :
"Jumlahkan hasil perkalian setiap item dalam larik berikut :
> data salesman [$A$2:$A$17] sama dengan [=] pilihan user [$G$7], yang
pasti menghasilkan TRUE (setara 1) atau FALSE (setara 0)
DAN (*)
> nilai data salary [$B$2:$B$17] sama dengan [=] nilai salary dalam daftar
hasil [F10], yang pasti menghasilkan TRUE (setara 1) atau FALSE (setara 0)"

Jadi prosesnya akan menjumlahkan larik yang berisi angka 1 atau 0.
Hasilnya adalah jumlah cacah item larik yang sesuai kriteria.

re-Saggaf31072012.xlsx (29K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Bagaimana cara membuat laporan menggunakan filter manual

Mohammed Asseggaf
Thank youuuuu :D

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
[...]

Thank you bro,..

> [...]

Halo para EXCEL man

Mau ngejelasin masalahnya susah menggunakan kalimat, lebih baik kita terjun

[belajar-excel] memisahkan karakter unik.

triyoso
yang terhormat exeller,

mohon dicarikan solusi,
dari data yang saya sertakan,  serta saya sudah mencoba memakai rumus...
tapi kok nggak bisa ya//// :)
pemahaman saya memang ada yang unik dari data yang ribuan itu, yakni terpisahkan oleh komma ( , ).
file tersebut kami sertakan.
trimakasih, mohon maaf lahir batin ya....

________________________________

pemisahan-koma.xlsx (15K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] memisahkan karakter unik.

the_x_mikey
Hi pak Tri,

Kalau dari contoh yang disertakan, menurut saya tidak perlu selalu menggunakan koma sebagai acuan. Mungkin rumus saya tidak simple, tapi berjalan baik ^^

=?utf-8?B?cGVtaXNhaGFuLWtvbWEueGxzeA==?= (17K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] memisahkan karakter unik.

ghozi alkatiri
supaya formula bisa flexibel untuk mencari string karakater yang diinginkan struktur data awal yang akan diambil sebagian karakternya harus memiliki pola yang konsisten. seperti dalam contoh kasus pada lampiran data awal :

PATRAN, RT:001, RW:001, Dusun:BANYUMENENG, Desa:BANYURADEN, Kodepos:55293,Telp:- Kecamatan GAMPING

string karakter yang ingin diambil adalah nomer RT , RW , nama dusun ,desa , kode pos ,telp kecamatan .
kalau kita perthatikan seluruh string yang ingin diambil datanya selalu diawali karakter ":"(titik dua) dan diakhiri "," (koma) kecuali nomer telpon dan kecamatan

untuk itu supaya formula bekerja efektif sebaiknya data awal di atas  diupayakan memiliki struktur baku dan diubah menjadi
PATRAN, RT:001, RW:001, Dusun:BANYUMENENG, Desa:BANYURADEN, Kodepos:55293,Telp:- ,Kecamatan:GAMPING,
selanjutnya kalau susunan data awal sudah standar formula cukup dibuat di kolom ke dua (nomer rt) karena untuk formula mencari string dusun_1 sudah dibuat oleh penanya.
selanjutnya dari formula di kolom ke dua ini bisa dicopy ke kolom kanan keseluruhan dan ke bawahnya kalau ada data lainnya.

formula pertama ditulis di kolom ke dua   di D2 (mencari nomer rt)
=LEFT(REPLACE($A2;1;SEARCH(D$1&":";$A2)+LEN(D$1);"");SEARCH(",";REPLACE($A2;1;SEARCH(D$1&":";$A2)+LEN(D$1);""))-1)

copy ke kanan sampai kolom kecamatan.

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
 Dari: Triyoso Rustamaji <[hidden email]>
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Dikirim: Selasa, 4 September 2012 11:17
Judul: [belajar-excel] memisahkan karakter unik.

[...]

ghozi 04092012 pemisahan-koma.xlsx (17K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] memisahkan karakter unik.

Hai Tri,

Piye kabare Sleman ?

Dengan header tabel hasil diberi nama persis seperti yang tertulis di nilai
data secara case sensitive [termasuk huruf besar atau kecil] (walau tanpa
tanda baca seperti : atau ,), maka formula dapat disusun sebagai berikut :
1. Dusun_1 :
=LEFT(A2,FIND(",",A2&",")-1)
bahasa manusia :
"Ambil dari kiri (Left) si data, mulai 1 karakter sebelum (-1) karakter
hasil pencarian secara case sensitive (Find) karakter koma pada data yang
sudah diimbuhi koma juga."

2. RT (copy formula ini ke kolom lain sampai kolom Kodepos)
=TRIM(RIGHT(SUBSTITUTE(REPLACE($A2,FIND(*","*
,$A2&",",FIND(C$1&":",$A2&":")),LEN($A2),""),*C$1&":"*,REPT(" ",99)),99))
bahasa manusia :
"Ganti karakter berdasar posisi karakter (Replace), seluruh karakter di
data sebanyak jumlah karakter data (Len) dengan karakter kosong ("" ~
nullstring), mulai dari karakter hasil pencarian koma [Find(","] dalam data
yang telah diimbuhi koma [$A2&","] dengan titik awal pencarian mulai
karakter tertentu. Karakter tertentu titik awal pencarian tersebut adalah
hasil pencarian tulisan RT diimbuhi karakter titik dua [Find(C$1&":"] dalam
data. Hasil tersebut, kemudian diganti seluruh karakter berbunyi
(Substitute) teks RT diimbuhi titik dua [*C$1&":"*], dengan karakter
berulang (Rept) berupa spasi (" ") sebanyak 99 karakter. Lanjutkan dengan
proses pengambilan dari sisi kanan (Right) hasil sebelumnya (hasil proses
Substitute) sebanyak 99 karakter dan potong seluruh karakter spasi ganda
hingga menjadi karakter spasi tunggal (Trim)."

3. Telp
=TRIM(RIGHT(SUBSTITUTE(REPLACE($A2,FIND(*"
"*,$A2&",",FIND(H$1&":",$A2&":")),LEN($A2),""),H$1&":",REPT("
",99)),99))
bahasa manusianya mirip dengan RT dengan perbedaan pada karakter yang
diganti pertama kali (yang di-*biru*)

4. Kecamatan
=MID(A2,FIND(I$1,$A2&I$1)+LEN(I$1)+1,99)
bahasa manusia :
"Ambil dari data berdasar posisi karakter dan jumlahnya [Mid(A2] mulai dari
karakter lokasi diketemukannya (Find) teks Kecamatan pada data yang
diimbuhi teks kecamatan ($A2&I$1) yang ditambah dengan jumlah karakter teks
kecamatan disertai sebuah spasi [LEN(I$1)+1], sebanyak 99 karakter."

2012/9/4 Triyoso Rustamaji <[hidden email]>

> [...]
> terpisahkan oleh komma ( , ).
> file tersebut kami sertakan.
> trimakasih, mohon maaf lahir batin ya....

re-pemisahan-koma.xlsx (19K) Download Attachment