Quantcast

[belajar-excel] mengecilkan ukuran file atau compress atau apalah yg penting filenya bisa jadi kecil

rey

[belajar-excel] mengecilkan ukuran file atau compress atau apalah yg penting filenya bisa jadi kecil

rey
Mau tanya.
gimana mengecilkan file excel selain pake zip,Rar...
mungkin sdh pernah di bahas....

tq
rey

PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK. DISCLAIMER:

This email and any files transmitted with it are confidential and
intended solely for the use of the individual or entity to whom they
are addressed. If you have received this email in error please notify
the system manager. This message contains confidential information
and is intended only for the individual named. If you are not the
named addressee you should not disseminate, distribute or copy this
e-mail. Please notify the sender immediately by e-mail if you have
received this e-mail by mistake and delete this e-mail from your
system. If you are not the intended recipient you are notified that
disclosing, copying, distributing or taking any action in reliance on
the contents of this information is strictly prohibited.

Re: [belajar-excel] mengecilkan ukuran file atau compress atau apalah yg penting filenya bisa jadi kecil

iHaps
pertanyaannya saya perbaiki
* how to mengecilkan file excel yg besar karena diduga tidak wajar.

()  membuang (mendelete) area (kolom . baris) yg tidak berisi data
()  menghaps shapes (drawing object yg tidak ada gunanya)
()  menghapus NAME (define name) yg berisi #REF / salah dan juga Name
   yg sudah ditak terpakai

ketiga tahap ini, untuk mudahnya dikodekan dlm prosedur makro agar
prosesnya
tinggal "ceklik tombol"
Lihat posting lawas:

File akan berhasil menjadi lebih kecil  jika sebelumya cara penyimpanan
(saving) nya
tidak efisen / mengandung ketga hal tsb.

mungkin ada cara lain, kita atunggu tanggapan lain..

rey

Re: [belajar-excel] mengecilkan ukuran file atau compress atau apalah yg penting filenya bisa jadi kecil

rey
sorry apakah ada cara lain....

  Lihat posting lawas: http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/12992

[...]

*cara lain yg saya tahu: mengurangi data yg ada di file tsb*
*
*
- mengurangi data dengan cara asal tebas !
- ada juga mengurangi data dengan cara "agak smart"

data bisa dikurangi dengan tanpa menghilangkan info misalnya
* organisasi data diperbaiki sehingga tidak banyak data redundansi /diulang
ulang
* report yg bisa digenerate seketika (misal dgn pivot tabel atau makro)
  tidak perlu disimpan semua dlm berbagai versi, karena dapat dibuat lagi
  ketika dibutuhkan saja
* peletakan data di tiap sheet juga ada pengaruhnya terhadap filezise
* style / formatting yg tidak perlu lebih baik dikurangi
* formula yg sudah disiapkan untuk be-ribu-ribu baris padahal belun
terpakai adalah
 cara orang membuat file excel yg MENAKUTKAN.
dsb

Sebenarnya "agak omong kosong" juga membicarakan data dan anda sudah
manjurus
ke hal khusus ( = cara umum sudah anda tolak/ tidak sukai) *tetapi tidak
ada niat *
*memperlihatkan datanya, (tentunya data yg berjenis data privasi/ rhs.)*
*
*
Sehingga untuk mencoba menangkap maksud tujuan dikecilkannya data pun kami
tidak
mampu.
Apakah file size itu wajar atau tidak, kita juga tidak mengetahuinya.

Kemarin saya istilahkan "data wajar", maksud saya data yg dibuat dengan
cara yg normal
dan efisien; ukuran filenya tentu sudah minimal, jika akan dikecilkan sudah
tidak bisa;
kecuali dikompress (zip, rar, jar, dlsb)
Apakah hal spt ini yg anda maksudkan (apakah tidak ada kompressi selain
zip/rar/jar/7zip dsb)

Orang bilang : pakailah office 2007/2010 agar ukuran filenya lebih kecil
dibanding excel versi 97-2003;
(tanpa mengetahui bahwa  cara excel 2007/2010 meyimpan data dilim file itu
agak lain)
Di versi 2007/2010 file disimpan setelah dikompress (buktikan dengan
meng-ZIP  file XLSX
maka tdiak akan ada penurunan filesize yg signifikan.

mohon maaf jika coment ini jauh dari kehendak anda...
*sorry juga...*

- i -

rey

Re: [belajar-excel] mengecilkan ukuran file atau compress atau apalah yg penting filenya bisa jadi kecil

rey
sorry juga nih...
bukankah di comment sebelumnya bro haps minta cara/tanggapan dari yg lain..? (mungkin ada cara lain, kita atunggu tanggapan lain..)

semua yg bro haps sampaikan sangat bermanfaat buatku...(tapi mungkin ada juga yg lain, kan lebih bermanfaat lagi :D)

[...]

  2011/12/28 Rey <[hidden email]>

    sorry apakah ada cara lain....

[...]

yulian nugroho
pengalamanku begini,
formula kusimpan dalam vbe,
misal :
range("A1").formula="=vlookup bla-bla-bla" dst pada semua area yang 'butuh'
pake formula
bila ada formula yang sama dalam beberapa cell lainnya bisa saja
dicopy-paste dari formula sebelumnya
abis 'tu .... satu cell yang berformula di-select, selanjutnya paste value

cara ini akan menghindarken formula tersimpan dalam sheet yg bikin saiz
jadi besar

kusebut ini cara 'males mikir' bin 'kampungan'
cuman cukup manjur bagiku

yn

2011/12/28 Rey <[hidden email]>

> [...]
>
> semua yg bro haps sampaikan sangat bermanfaat buatku...(tapi mungkin ada
> juga yg lain, kan lebih bermanfaat lagi :D)

[belajar-excel] Re: mengecilkan ukuran file atau compress atau apalah yg penting filenya bisa jadi kecil

summonery
++Cara lain hanya  jika dalam file terdapat pivot table, untuk
mengurangi ukuran filenya, cobalah dipertimbangkan cara-cara berikut
ini:
1. Menghapus Data Source pivot table, dan sekarang sumber data
digantikan oleh pivot cache.
2. Jangan pilih opsi "Save source data with file" (opsi ini ada pada
PivotTable Options > Data).  Namun cara kedua ini jangan dilakukan
apabila cara 1 telah digunakan.
3. Jika di dalam satu file terdapat beberapa pivot table yang bersumber
dari data source yang sama... trik memperkecil ukuran file excel nya
adalah menggunakan pivot cache yang sama dari pivot table yang
sebelumnya. Caranya adalah copy paste dari pivot table yang sebelumnya
ketimbang mengambil source data dari sheet database.

--- In [hidden email], i Haps <hapsari.stlizbeth@...>
wrote:

> [...]

> meng-ZIP  file XLSX
> maka tdiak akan ada penurunan filesize yg signifikan.
>
> mohon maaf jika coment ini jauh dari kehendak anda...

rey

Re: [belajar-excel] Re: mengecilkan ukuran file atau compress atau apalah yg penting filenya bisa jadi kecil

rey
ok d thengkyu....

rey

Re: [belajar-excel] mengecilkan ukuran file atau compress atau apalah yg penting filenya bisa jadi kecil

rey
makasih yah...