Quantcast

[belajar-excel] mengubah data tanggal menjadi teks dengan cepat

[belajar-excel] mengubah data tanggal menjadi teks dengan cepat

widodomuh2
Yth. Master2 Excel di Be-Excel,
Bagaimana mengubah data tanggal menjadi teks dengan cepat atau
mengambil data yang sudah terformat tanggal agar dapat diolah menjadi data
teks dengan cepat.

Contoh kasus saya mengolah data umur yang diambil dari tanggal lahir
sebanyak 1000 orang,
kemudian oleh program lain data tanggal ini akan dijadikan sebagai acuan
namun dalam bentuk teks semisal 18 September 1969.

Bagaimana triks untuk mengubah tanggal lahir yang diinput dengan format date
tersebut?

Salam,

Giyanto Widodo

Re: [belajar-excel] mengubah data tanggal menjadi teks dengan cepat

o' Seno
Diskusi soal data Tanggal di Excel idealnya mau lebih dulu menyebutkan
Regional Setting di komputer anda.

Kalau soal CEPATnya saya gak tahu; tapi soal MUDAHnya sepertinya bisa pakai
fungsi TEXT

Misal A1 tertulis data tanggal (benar benar data tanggal bukan teks seperti
tanggal)
08/17/1945
pada komputer yg Regional settingnya ENGLISH, itu artinya tgl 17 agustus
1945

coba rumus rumus dini di cell lain selain A1

=TEXT(A1, "[$-421]DD MMMM YYYY")
=TEXT(A1, "[$-421]DD MMM YYYY")
=TEXT(A1, "[$-421]DD MMM YY")
=TEXT(A1, "[$-421]DD MM YYYY")
=TEXT(A1, "[$-421]D MMM YYYY")
 =TEXT(A1, "YYYY MM DD")
=TEXT(A1, "MM DD YYYY")
=TEXT(A1, "DD MM YYYY")
=TEXT(A1, "[$-421]DDDD, DD-MMMM-YYYY")

=TEXT(A1, "[$-409]DD MMMM YYYY")
=TEXT(A1, "[$-409]DD MMM YYYY")
=TEXT(A1, "[$-409]DD MMM YY")
=TEXT(A1, "[$-409]DD MM YYYY")
=TEXT(A1, "[$-409]D MMM YYYY")
=TEXT(A1, "YYYY MM DD")
=TEXT(A1, "[$-409]DDDD, DD-MMMM-YYYY")

dan coba juga variasli lain

2011/12/24 Giyanto Widodo <[hidden email]>

> [...]
>
> Salam,****
>
> Giyanto Widodo

Re: [belajar-excel] mengubah data tanggal menjadi teks dengan cepat

Bapak Giyanto Widodo Yth,

Untuk menghasilkan hasil sebuah format number yang berupa data teks, bisa
menggunakan fungsi Text.
Syntax :
=Text( nilai_data , teks_formatnya )

Contoh :
=Text( a2 , "[$-421]dd MMMM yyyy" )
untuk mengubah nilai data di cell A2 agar tertulis (sebagai teks) berupa
tanggal bersetting lokal Indonesia ([$-421]) dengan format hari (dd) nama
bulan lengkap (MMMM) dan tahun 4 digit (yyyy)

Untuk lebih detil tentang format-format number yang bisa disusun di Excel,
silakan baca di : http://www.ozgrid.com/Excel/CustomFormats.htm
Daftar kode hexa untuk locale and language ada di
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/creating-international-number-formats-HA001034635.aspx