Quantcast

[belajar-excel] penghitungan Rekap Penjualan menggunakan Formula atau Macro

[belajar-excel] penghitungan Rekap Penjualan menggunakan Formula atau Macro

depi Hariyanto
Kepada Master Excel Ysh,

Salam dan mohon bantuannya kembali, saat ini saya menemukan kesulitan dalam perhitungan komisi penjualan yg selama ini saya lakukan manual. mohon pencerahan formula atau macro yg dapat digunakan untuk perhitungan komisi tersebut.

adapun pertannya yang lengkap dan solusi yang diinginkan silahkan para master excel dapat membuka lampirannya.

demikian disampaikan, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

salam
dep_Har

Rekap Penjualan.xlsx (33K) Download Attachment

Trs: [belajar-excel] penghitungan Rekap Penjualan menggunakan Formula atau Macro

depi Hariyanto
Kepada YTH Rekan2 Excel,

Harapan dan mohon sekali jawaban atas solusi yang pernah saya sampaikan.

Terima kasih

Dep_Har

Rekap Penjualan.xlsx (33K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] penghitungan Rekap Penjualan menggunakan Formula atau Macro

File terlampir mencoba menyusun rekap berdasar sebuah tabel data yang
berkaidah database.

2012/5/3 depi Hariyanto <[hidden email]>

> **
>

> Kepada YTH Rekan2 Excel,
>
> Harapan dan mohon sekali jawaban atas solusi yang pernah saya sampaikan.
>
> Terima kasih
>
> Dep_Har

re-Rekap Penjualan.xlsx (41K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] penghitungan Rekap Penjualan menggunakan Formula atau Macro

depi Hariyanto
Kepada Mr. Kit

terima kasih rumus formulanya, dengan sedikit mencontek macro dari master excel sebelumnya solusi terpecahkan.
tapi begitu saya menginsert satu kolom malah ada kolom yang tidak ikut rutun otomatis pada saat menginput tanggal.

mohon sangat bantuan Mr. Kit or Master Excel yang lain, untuk detailnya terlampir.

terimakasih
salam

Dep_har

________________________________
 Dari: Kid Mr. <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Kamis, 3 Mei 2012 8:41
Judul: Re: [belajar-excel] penghitungan Rekap Penjualan menggunakan Formula atau Macro

> [...]

>Kepada YTH Rekan2 Excel,
>

>Harapan dan mohon sekali jawaban atas solusi yang pernah saya sampaikan.

Rekap Penjualan.xlsm (82K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] penghitungan Rekap Penjualan menggunakan Formula atau Macro

Pak Dep_Har,

Pertanyaan 1 :
Tentang script meng-Insert dan men-Delete 1 baris *tabel*
   ' o'Seno - ngawur-ngawuran tgl 7 jan 2012
   ' for milis be-Excel / case #15065
   ' modified : 10 Jan 2012 / indri Hapsari
   '========================================

bagian yang perlu diperhatikan :
"Berapa jumlah kolom tabel yang akan di-Insert atau di-Delete jika ada
pengubahan isi kolom tanggal ?"

baris insert dalam script bunyinya :
                     Target(2, 0).Resize(1, 11).Insert _
                         shift:=xlDown, CopyOrigin:=True

baris delete dalam script bunyinya :
                  Target(1, 0).Resize(1, 11).Delete shift:=xlUp

Silakan disesuaikan jumlah baris dan kolom dari 2 baris diatas dibagian
Resize( jumlah_baris , jumlah_kolom ) sesuai jawaban Anda pada pertanyaan
yang perlu diperhatikan di atas.

-----------

Pertanyaan ke-2 :
Membuat rekap dengan kriteria tertentu (tanggal sekian sampai tanggal
sekian), tetapi data ada di banyak sekali sheet.

nama counter hanya pada kurun tanggal tertentu.
Terus terang, formulanya akan panjang sekali. Gak tahu mau bagaimana
menyusunnya supaya kalau data masing-masing sheet data nanti sampai ribuan
atau puluhan baris, kerja Excel gak lemot dan tanya lagi bagaimana cara
mempercepatnya.
Mungkin rekan lain punya cara jotu menyusun formulanya.

Solusi yang ditawarkan pada file yang lalu menggunakan pivot table sebagai
penyusun rekap. Tetapi inti dari solusi bukanlah pivot table-nya. Pak
Dep_Har gak perlu bisa pivot table. Tapi perlu bisa menyusun tabel yang
baik berkaidah database sebagai data source seluruh laporan.
Pivot table yang digunakan di file lalu bisa diganti dengan formula
filtering jika mau.
Sekali lagi, bukan sheet rekapnya yang menjadi inti solusi, tetapi sheet
myData nya yang menjadi sumber data yang lebih berkaidah database.