[belajar-excel] pisahkan hurup dengan beberapa tanda

[belajar-excel] pisahkan hurup dengan beberapa tanda

HAIRUL ALAM
Salam para Master
sedikit soal saya untuk memisahkan karakter hurup diantara beberapa tanda (:\)
contoh G:\DCC\EPC GAS PIPELINE OF 275 MW FOR GAS FIRED COMBINED CYCLE POWER PLANT PROJECT\FINAL DOCUMENTATION
jika range kata pada B3
G mungkin bisa menggunakan  LEFT(B3,1)DCC mungkin bisa MID(B3,4,3)EPC GAS PIPELINE OF 275 MW FOR GAS FIRED COMBINED CYCLE POWER PLANT PROJECT
FINAL DOCUMENTATION

bagaimana jika jumlah hurupnya tidak terpaku hitungan, jadi beberapa pun jumlah hurup akan dapat dipisahkan menjadi beberapa bagian yang diapit dengan tanda :\ atau \
Mohon Pencerahannya
Terimakasih Banyak
AssalamualaikumHairul Alam

Re: [belajar-excel] pisahkan hurup dengan beberapa tanda

Buat formula di setiap cells untuk masing-masing langkah berikut :
1. hitung jumlah karakter di teks data pakai Len
2. buat teks pemisah antar part, yaitu berupa spasi yang banyak sekali
(sebanyak jumlah karakter teks data [hasil nomor 1] dengan formula : =Rept(
" ", hasilNomor1 )
3. susun sebuah teks data yang sudah terpisah dengan mengganti karakter
pemisah (delimiter) dalam data menjadi teks pemisah (hasil nomor 2) dengan
Substitute
    =Substitute( teksData , karakterDelimiterMilikData , hasilNomor2 )
4. mengambil setiap part dari hasil nomor 3 dengan Mid
    =Mid( hasilNomor3 , (nomorPart - 1) * hasilNomor1 , hasilNomor1 )
    nomorPart adalah nomor indeks bagian teks yang akan diambil. Part
pertama berarti nomorPart bernilai 1.