[belajar-excel] relation dalam pivot [1 Attachment]

[belajar-excel] relation dalam pivot [1 Attachment]

Netty Wuryanti
Assalamualaikum, selamat pagi
Dear Para master Excel,
Mohon bantuannya, saya sedang mencoba membuat pivot dari beberapa sheet di excel, namun mentok di relationship, selalu muncul message "both selected colomns contain duplicate value bla...bla….
mohon kiranya para master disini dapat mengoreksi kesalahan saya ada dimana, dan bagaimana solve it-nya.terlampir datanya.
sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya.
wassalam,Netty

=?UTF-8?b?RHJhZnQgV2Vla2x5IHJlcG9ydC54bHN4?= (1M) Download Attachment

Re: [belajar-excel] relation dalam pivot

Wa'alaikumussalam wr wb

Relationship dalam powerpivot hanya menerima relasi one to one atau one to
many (jenis relasi untuk data transaksi ke referensi). Artinya, salah satu
tabel yang direlasikan harus bersifat unique berdasar kolom kunci relasi.
Pada kasus Anda, buat dulu sebuah tabel berisi unique records dari kolom id
sebagai referensi daftar id. Kemudian add to data model, barulah seluruh
tabel data lainnya direlasikan ke tabel referensi tersebut. Misal tabel
unique records dari kolom id tersebut bernama refIDNO dan sudah di add to
data model. Relasinya jadi begini :

[image: xl037_ppvt_rel.gif]

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

On Fri, Jan 25, 2019 at 6:27 PM Netty Wuryanti [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
> dimana, dan bagaimana solve it-nya.
> terlampir datanya.
>
> sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya.

xl037_ppvt_rel.gif (57K) Download Attachment