[belajar-excel] rumus excel posisi terakhir ada di siapa

[belajar-excel] rumus excel posisi terakhir ada di siapa

sondy
Assalaamu'alaikum, Dear exceler

saya punya daftar surat masuk, seiring dengan berjalannya waktu, penanganan surat tersebut berpindah ke pegawai (tim) lain.
mohon bantuan rekan-rekan  atas kasus terlampir. terima kasih

posisi terakhir di siapa.xlsx (15K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] rumus excel posisi terakhir ada di siapa

Zainul Ulum
silahkan dikembangkan leboh lanjut rumus terlampir. Sebetulnya masih ada
alternative rumus yang lain. Kita tunggu masukan dari teman-teman
thanks
-zainul-

saya punya daftar surat masuk, seiring dengan berjalannya waktu, penanganan
surat tersebut berpindah ke pegawai (tim) lain.
mohon bantuan rekan-rekan  atas kasus terlampir. terima kasih

re-posisi terakhir di siapa.xlsx (15K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] rumus excel posisi terakhir ada di siapa

Ahmad Adriansyah
Nambahnin punya Pak Zainul, tapi hasilnya agak sedikit berbeda kenapa ya?
Array Formula : =INDEX($E$8:$G$13;LARGE(IF($B$8:$B$13=$I9;ROW($1:$6));ROW($1:$6));COLUMN($1:$3)) ditulis 3cell kekanan sekaligus kemudian copy ke bawah.

Rgds,
AA

saya punya daftar surat masuk, seiring dengan berjalannya waktu, penanganan
surat tersebut berpindah ke pegawai (tim) lain.
mohon bantuan rekan-rekan  atas kasus terlampir. terima kasih

image001.jpg (494 bytes) Download Attachment
image002.jpg (456 bytes) Download Attachment
re-posisi terakhir di siapa.xlsx (16K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] rumus excel posisi terakhir ada di siapa

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

File terlampir mencoba dengan Index (untuk mengambil datanya) dan lookup
untuk menentukan indeks record yang akan diambil.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/6/26 Sondiamar Argi S. <[hidden email]>

> [...]

re-posisi terakhir di siapa.xlsx (15K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] rumus excel posisi terakhir ada di siapa

Miss Jan Raisin
mr Kid, minta izin pinjam file solusinya ya..

coba pendekin dikit formula dari mr Kid yang awalnya:

=INDEX($E$8:$G$13,LARGE(IF($B$8:$B$13=$I9,ROW($1:$6)),ROW($1:$6))
,COLUMN($1:$3))

menjadi

=INDEX($E$8:$G$13,MAX(IF($B$8:$B$13=$I9,ROW($1:$6))),COLUMN($1:$3))

habis itu coba dipendekin lagi menjadi:

=OFFSET($E$7:$G$7,MAX(IF($B$8:$B$13=$I9,ROW($1:$6))),0)

kira-kira apa akibat dari semakin dipendekin formulanya ya?
apakah formula yang paling pendek akan melakukan kalkulasi yang paling
cepat dan yang paling panjang akan lebih lama? atau kah sama? atau
kebalikannya?
yang tau jawabannya tolong dishare ke mari ilmunya ^_^

Salam,

-Miss Jan Raisin-

   - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
   [hidden email] bukan dikirim japri ke email pribadi
   member milis;
   - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
   orang-orang yang sabar QS 2:153;
   - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
   memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
   ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
   memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata jadi tidak selalu
   bisa on line setiap saat;
   - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
   Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
    اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Pada 26 Juni 2013 08.45, Mr. Kid <[hidden email]> menulis:

> [...]
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.

re-re-posisi terakhir di siapa.xlsx (17K) Download Attachment

[belajar-excel] Re: rumus excel posisi terakhir ada di siapa

summonery
Administrator
Dear Miss Jan, ijinkan saya mengomentari formulanya ya,,Penggunaan
COLUMN($1:$3) sebenarnya mubazir, cukup COLUMN($1:$1)Mungkin maksud Miss
Jan adalah ingin menghasilkan {1,2,3} ya,,
...=row(1:3)                 --> {1;2;3}=column(A:C)         -->
{1,2,3}----------------------------------------------------------
Penggunaan row(1:3), row($1:$3), dan sejenisnya sebenarnya kurang
robust, misal ketika ada peng-insert-an row didalamnya.Agar lebih robust
bisa dengan:=ROW(INDEX(A:A,1):INDEX(A:A,3))Yuk kita budayakan mulai
sekarang....

--- In [hidden email], Jan Raisin  wrote:

> [...]
kalangan
>    Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat

Re: [belajar-excel] Re: rumus excel posisi terakhir ada di siapa

Miss Jan Raisin
pak Anton,

Ilmu barunya langsung Jan coba xixixi :D
terima kasih.. sangat bermanfaat sekali ^_^

Pada 26 Juni 2013 14.34, summonery <[hidden email]> menulis:

> [...]
> =ROW(INDEX(A:A,1):INDEX(A:A,3))
> Yuk kita budayakan mulai sekarang....

Re: [belajar-excel] Re: rumus excel posisi terakhir ada di siapa

ikutan ah...
=ROW(INDEX(A:A,1):INDEX(A:A,3))
kalau pasti selalu 3 bijik selamanya ya

kalau datanya (bukan hasilnya) suatu saat diubah jadi 4 dengan cara insert
seblok cell sekolom antara kolom pertama dan kedua, maka formula hasil
harus disesuaikan.