[belajar-excel]

denjokir .
 Dear para Master Excel
Berikut saya kirimkan masalah saya, mohon dapat dibantu kiranya untuk
mempermudah pekerjaan saya, dan
Tolong dibantu formula yang tepat untuk data berikut
sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih ;
No. Uraian Kiriman Keterangan
Janis Barang Nomor Tanggal Alamat Tujuan Tgl Pesan
1 Telah dikirim barang Kolak Kolang Kaling  dengan resi No.: E4567 Tanggal
10 Januari 2019, dengan alamat Jl. Jambu Nomor : 2 tanggal pesanan 28
Desember 2019 Kolak Kolang Kaling E4567  10-Jan-19 Jl. Jambu Nomor : 2
28-Des-19 Contoh Isian
2 Telah dikirim barang Kolakpisang dengan resi No.: E4568 Tanggal 10
Januari 2019, dengan alamat Jl. Mawar Nomor : 13 tanggal pesanan 28
Desember 2019           Rumus ?
3 Telah dikirim barang Bubur Ayam dengan resi No.: B2435 Tanggal 11 Januari
2019, dengan alamat Jl. Karyo No. : 23 tanggal pesanan 26 Desember 2019
      Rumus
4 Telah dikirim barang Bubur Ba yi dengan resi No.:B2423 Tanggal 16 Januari
2019, dengan alamat Jl. Jambu Nomor : 8 tanggal pesanan 19 Desember 2019
      Rumus
5 Telah dikirim barang Bubu Manaro dengan resi No.: G4567 Tanggal 02
Januari 2019, dengan alamat Jl. Jantung Nomor : 1 tanggal pesanan 31
Desember 2019           Rumus
Salam
Jack

Re: [belajar-excel]

*jenis barang* : (hasil bertipe text)
= Trim( Mid( Left( uraian , Search( "dengan resi" , uraian )-1 ) , Search(
"barang" , uraian )+7 , 99 ) )
> ambil teks sebelum bunyi 'dengan resi', lalu ambil mulai setelah bunyi
'barang', diakhiri proses memotong semua spasi ganda atau yang ada diluar
teks hasil

*nomor* [selalu 5 karakter] : (hasil bertipe text)
= Trim( Mid( uraian , Search( "no.:" , uraian )+4 , 6 ) )
> ambil teks mulai bunyi 'no.:', lalu memotong semua spasi ganda atau yang
ada diluar teks hasil

*tanggal* (kirim) : (hasil bertipe datetime)
0. buat tabel referensi daftar semua penulisan nama bulan 3 karakter dan
nomor bulan, seperti ini :
MMM     Bulan
jan          1
feb          2
peb         2
dst dst sampai des juga dec

1. buat 1 bijik kolom bantu sebelum tabel data, beri nama header TGLK untuk
wadah bunyi tanggal yang diambil dari dalam teks
2. TGLK : (hasil bertipe text)
= Substitute( Left( Substitute( Mid( uraian , Search( "tanggal" , uraian
)+7 , 50 ) , "dengan" , Rept( " ",99 ) ) , 99 ) ," ","")
> ambil 50 karakter dari teks, mulai setelah bunyi 'tanggal' (yang pertama
ketemu loh ya), lalu ganti bunyi 'dengan' menjadi spasi yang buanyak banget
(99 spasi ding),
   kemudian ambil 99 karakter pertama, diakhiri menghapus (bukan memotong
ya) semua spasi
3. tanggal : (hasil bertipe datetime)
= IFError( 1*TGLK
    , Date(
          Lookup( 9999 , Mid( Right( TGLK , 6 )&"mr.kid" , {1,2,3,4,5,6} ,
4 )*1 )                            -> ini untuk ambil tahun (harus YYYY)
         ,Lookup( 99 , Search( kolom_MMM , TGLK ) , kolom_Bulan )
                                -> ambil bulan dari referensi (harus MMM)
         ,Lookup( 99 , Mid( TGLK , Match( 1 , Mid( TGLK , {1,2,3,4,5,6} , 1
)^0 , 0 ) , {1,2} )*1)     -> ambil nilai hari (bisa D atau DD)
      )
   )
> ubah tulisan bertipe text menjadi bilangan atau datetime, kalau hasilnya
error, bikin nilai tanggal berdasar nilai tahun, nilai bulan, dan nilai
hari, yang masing-masing disusun mulai dari
   nilai tahun diambil dari 6 karakter terakhir tulisan yang diambil
bertahap mulai karakter ke-1 sampai ke-6 sebanyak 4 karakter (tahun YYYY)
dijadikan bilangan dan diambil yang tertinggi,
   sedang nilai bulan didapat dengan mencari setiap teks di kolom MMM ke
tulisan dan diambil nilai dari kolom Bulan yang terakhir ditemukan, dan
untuk nilai hari didapat dari nilai terakhir
   yang ditemukan di daftar yang berisi berisi bilangan hasil konversi teks
berisi 1 atau 2 karakter potongan tulisan mulai dari ditemukannya bilangan
1 pertama yang ada di daftar potongan
   tulisan yang diambil secara bertahap mulai karakter ke-1 sampai ke-6
sebanyak 1 karakter dan diubah jadi bilangan bernilai 1

wakakakaka....
jusnong... mumet ruwet wis...
pokoke :
- ambil nilai tahun dari 6 karakter terakhir yang diambil tiap 4 karakter
dari awalnya 6 karakter itu, lalu dicari bilangan terakhirnya, yang pasti
berisi 4 digit tahun
- ambil nilai bulan itu dari tabel referensi yang sudah dibuat, dari kolom
Bulan (isinya nilai bulan kan), caranya, setiap teks MMM itu dicari ke teks
tanggalnya, nantikan ketemu yang terakhir ditemukan
- ambil nilai hari itu harus tahu nomor karakter tulisan angka harinya,
dari situ, ambil 1 karakter dan 2 karakter (jadi daftar isi 1 karakter atau
2 karakter), diubah jadi bilangan, ambil yang tertinggi

*alamat* : (hasil bertipe text)
= Trim( Left( Substitute( Mid( uraian , Search( "alamat" , uraian )+6 , 999
) , "tanggal" , Rept( " ",999 ) ) , 999 ) )
> ambil teks setelah bunyi 'alamat', ganti bunyi 'tanggal' menjadi banyak
spasi (999 spasi), lalu ambil 999 karakter pertama, kemudian memotong semua
spasi ganda atau yang ada diluar teks hasil

*tgl pesan* : (hasil bertipe datetime)
0. tabel referensi daftar penulisan nama bulan 3 karakter dan nomor bulan
akan dipakai lagi
1. buat 1 bijik kolom bantu sebelum tabel data, beri nama header TGLP untuk
wadah bunyi tanggal pesanan yang diambil dari dalam teks
2. TGLP : (hasil bertipe text)
= Substitute( Right( Substitute( uraian , "pesanan" , Rept( " ",99 ) ) ,99
) ," ","")
> ganti bunyi 'pesanan' menjadi 99 spasi, lalu ambil 99 karakter terakhir,
kemudian menghapus (bukan memotong ya) semua spasi
3. tgl pesan : (hasil bertipe datetime)
= IFError( 1*TGLP
    , Date(
          Lookup( 9999 , Mid( Right( TGLP , 6 )&"mr.kid" , {1,2,3,4,5,6} ,
4 )*1 )                            -> ini untuk ambil tahun (harus YYYY)
         ,Lookup( 99 , Search( kolom_MMM , TGLP ) , kolom_Bulan )
                                -> ambil bulan dari referensi (harus MMM)
         ,Lookup( 99 , Mid( TGLP , Match( 1 , Mid( TGLP , {1,2,3,4,5,6} , 1
)^0 , 0 ) , {1,2} )*1)    -> ambil nilai hari (bisa D atau DD)
      )
   )
> lihat *tanggal* (kirim) saja ya... hanya mengganti TGLK jadi TGLP kok...

*keterangan* : (hasil bertipe text)
= "Contoh Isian"
> tulis bunyi 'Contoh Isian'

*#Syarat dan ketentuan :*
1. teks jenis barang ada di awal uraian, setelah teks 'barang' pertama dan
diakhiri teks 'dengan resi' pertama
2. teks nomor setelah jenis barang sebanyak 5 karakter, setelah teks 'no.:'
pertama
3. teks tanggal (kirim) setelah teks 'tanggal' pertama dan diakhiri oleh
teks 'dengan'
4. teks alamat maksimal 999 karakter bagian teks tanggal (kirim), setelah
teks 'alamat' pertama dan diakhiri oleh teks 'tanggal'
5. teks tgl pesan ada diakhir uraian setelah teks 'pesanan'
6. teks tanggal (kirim) maupun tgl pesan dalam format DMY, dengan D bisa 1
atau 2 digit (D atau DD), M adalah nama bulan minimal 3 karakter (MMM atau
MMMM), Y adalah tahun 4 digit (YYYY)
7. teks tanggal (kirim) maupun tgl pesan diubah menjadi bertipe datetime
dengan bantuan tabel daftar penulilsan 3 karakter nama bulan sebagai
berikut : (buat lebih dulu)
MMM     Bulan
jan          1
feb          2
peb         2
dst dst
aug         8
agu         8
agt          8
dst sampai des juga dec
8. dibutuhkan 2 kolom bantu sebelum kolom pertama data (insert 2 kolom
sebelum tabel data), bernama TGLK untuk wadah teks tanggal (kirim) dan TGLP
untuk wadah teks tgl pesan
9. formula dengan regional setting EN, sila diubah sendiri ke regional
setting setempat
10. formula menggunakan nama kolom jika merujuk ke sebuah cells, dan
menggunakan 'kolom_namakolom' jika merujuk ke seluruh data di kolom dengan
header tersebut

sila dicoba sendiri ya...
biar jadi paham trus tambah pinter...

On Mon, Feb 3, 2020 at 7:16 PM 'denjokir .' [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
> 5 Telah dikirim barang Bubu Manaro dengan resi No.: G4567 Tanggal 02
> Januari 2019, dengan alamat Jl. Jantung Nomor : 1 tanggal pesanan 31

Re: [belajar-excel]

denjokir .
iya mas bro, trimakasih sebelumnya walaupun agak mumet juga melihat
penjelasan mu
tadinya saya berharap instan langsung dengan contoh di excel gitu

tapi nggak apa saya coba dulu
nanti klu nggak paham saya tanya lagi ya

suwun