Quantcast

[belajar-excel] terbilang

Niki Dwinarni
rumus terbilang :
Rp 1.000.000,00
Terbilang : "Satu juta rupiah"
tapi pake rumus bukan macro...soalnya kl pake macro kadang ga otomatis kl sdh sheet baru
trimakasih

Regard
Niki

Re: [belajar-excel] terbilang

hendrik karnadi
Terlampir saya sampaikan koleksi/jerih payah Mbak Siti (CTV) yang pernah di muat
di milis ini.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

Re: [belajar-excel] terbilang

Niki Dwinarni
Sebelmnya trimkasih ats jawabanya...tapi attach filenya ga bisa di buka...apa krn pake MS 2003?

Dari: hendrik karnadi <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] terbilang
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Jumat, 6 Mei, 2011, 3:30 AM

      Terlampir saya sampaikan koleksi/jerih payah Mbak Siti (CTV) yang pernah di muat di milis ini.

Salam,
Hendrik Karnadi

Re: [belajar-excel] terbilang

siti Vi
Selain itu juga ada file kiriman mas Zain (ul Ulum)
Aplikasi buatan mas Zain menggunakan Define Name yg cukup banyak

coba mbak Niki masuk ke sini
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/

lalu unduhlah  file bernama: Terbilang Tanpa Makro (zainul
ulum).zip<http://f1.grp.yahoofs.com/v1/MGTDTSbheTbBnl1tuO2FNH2btn7TgpZEuUYp2F0ELIQ_Z28FArqTil80OkC368Ylxzs49A1OzCrdNQfiGmP7AQ/Terbilang%20Tanpa%20Makro%20%28zainul%20ulum%29.zip>

berhubungan dengan penterjemahan "Terbilang"  untuk diketahui para
calon pengguna;  agar tidak "salah kaprah"

1.
formula terbilang kalau  sudah mengandung cell bantu / *formula bantu*
seringnya hanya dapat diberlakukan sekali dlm satu workbook
jika dlm workbook terdapat sekolom nilai (ratusan cell berisi bilangan) yg
akan
diterjemahkan formula terbilang jenis ini; agak sulit di aplikasikan,
kecuali harus
di buat copyan cell bantu tersebut sebanyak keperluan penterjemahannya dlm 1
workbook.

2.
Jika formula Terbilang, menggunakan banyak *Define Name*
maka cell (berisi angka) yg akan diterjemahkan harus *berada di arah &
lokasi tertentu*
*dari letak cell terjemahannya*
misalnya B1 hanya dapat menterjemahkan A1 ; B2 menterjemahkan A2,  dst
Tidak bisa, anda tiba tiba ingin menterjemahkan A1 di C1 tanpa merubah
Define Name nya

3
Kedua kelemahan tsb dlm 1 dan 2, diobati oleh terbilang yg dibuat dengan
UDF
(fungsi dibuat sendiri dengan bhs VBA )

Tetapi seperti kata mbak Niki ( kelemahan no.3) : di workbook baru;  harus
tulis makro baru

4.
Sebenarnya kelemahan no 3 di atas dapat diobati pula, yaitu dengan

*- makro fungsi Terbilang ditulis di personal workbook*
atau
*- workbook berisi makro terbilang dijadikan Add-In dan diaktifkan*

Nah dengan penjelasan ini kita tetap bebas memilih yang mana yg akan
dipakai;
tetapi memakai dengan "tahu duduk perkaranya..."  (harusnya sih)..

2011/5/6 hendrik karnadi <[hidden email]>

> Terlampir saya sampaikan koleksi/jerih payah Mbak Siti (CTV) *yang pernah
> [...]
~siti

Re: [belajar-excel] terbilang

Niki Dwinarni
Trimakasih smua atas balasannya...sngt bermanfaat...

Dari: STDEV(i) <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] terbilang
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Jumat, 6 Mei, 2011, 3:51 AM

[...]

Hal hal yg berhubungan dengan penterjemahan "Terbilang"  untuk diketahui para

[...]

HerrSoe
la ya jangan gitu dong mbak nikita...
file lampiran ditengarai extensi *.rar itu berarti (katanya sih) file
yg sudah dimampatkan,
/ di compressed / ditekan : agar menjadi kecil filesize - nya, seperti
juga *.ZIP dlsb...

untuk menyajikannya kembali dlm bentuk file aslinya (dlm hal ini =
spreadsheet / workbook),
mbak nikita harus mengUncompress dulu dengan software  WINRAR atau WINZIP atau
software sejenis)

Di Windows pun (window explorer) mulai windows "versi apaaa gitu.."
sudah dapat mengenali
dan menangani Compressed-Files, & mengembangkannya menjadi file aslinya.

Jika masih kesulitan mengUncompressed file kiriman pak Hendrik,
tinggal posting lagi
nanti akan banyak teman menolong mengirimkan fie versi yg sudah di Uncompressed.

Tapi (ini ditujukan kpd calon penolong) kalau ukurannya melebihi jatah
milis (250KB)
sebaiknya dikirim via japri saja...

2011/5/6 Niki Dwinarni <[hidden email]>

> [...]

> Terlampir saya sampaikan koleksi/jerih payah Mbak Siti (CTV) yang pernah di muat di milis ini.

Re: [belajar-excel] terbilang

Hilman
Waduh... sy mau protes nih...
kok pake macro bisa ga otomatis kalo sheet baru???? Kalo workbook baru ga bisa langsung dipakai sih saya terima, tapi kalo worksheet baru trus kadang2 ga bisa langsung otomatis, sy protes keras nih, he..he...

Jangankan Function tsb memakai Public keywords, menggunakan private keywords saja function tsb masih tetap dapat digunakan dengan baik walaupun kita menambahkan sheet baru.

Sy sebagai pencinta berat VBA for Excel, tidak bisa trima nih... kalo ada yg menjelek-jelekannya, kalopun ada yg tidak bekerja sebagaimana yg diharapkan, kemungkinan besar kesalahan bukan pada VBA nya, tetapi pada penulisan code-nya yg salah.

________________________________

Re: [belajar-excel] terbilang

siti Vi
Administrator
sebelum "nogomon-nogomon" diteruskan, mari kita samakan dulu "peta object
model excel"
pada diri kita mangsing -mangsing:

   - *Workbook* adalah file spreadsheet (*.xls, *.xlsx, *.xlsm, dsb) yg
   sedang dibuka di  Excel.
   - Sebuah Workbook dapat terdiri dari beberapa *worksheet* dan chartsheet
   (keduanya dapat disebut sheet)
   - Kolom, Baris, Range dan Cell (gak perlu ditulis di sinih, dianggap
   sudah pada mahir..)

Mungkin..... mbak niki hanya salah sebut saja.. ; mo bilang* wokbuk,* salah
tulis: *woksit.*
kalau gitu, berarti masalah sudah clear dan layak ditutup. Tup !

makanya, pada tanggapan Tgl 6 Mei 2011, Pukul 10:51 (pagi),  Amar # 3; keluhan
mbak niki
( "soalnya kl pake macro *kadang ga otomatis* kl sdh sheet baru" )
siti masih anggap sbg  "soalnya kl pake macro kadang ga otomatis kl sdh
WORKBOOK baru"

Tetapi jika ternyata memang *mbak niki ada kesulitan mengaplikasikan makro
(UDF) Terbilang *
*pada *sheet baru/sheet lain* di workbook yg sudah ada UDF nya*, maka hal
ini tentu
menjadi seriyus,  oleh karena itu  kasus jangan ditutup & biarkan berlalu
tanpa kesan ..

Kita-kita *"*pemuja VBA-excel*"* (termasuk siti) jadi *sangat *ingin
tahu*sekali banget
*:

** seperti apa workbooknya ( berikut isi: module UDF nya)  serta
** Sheet dimana UDF Terbilang menjadi bermasalah, maupun
** Sheet dimana UDF Terbilang tidak bermasalah, dan juga
** penjelasan lebih detil mengenai  frasa "*KADANG* GA OTOMATIS" itu

*mudah mudahan permohonan ini dikabulkan* ( mendapat kiriman workbook yg sheet
nya tidak
mengenal UDF terbilang yg sudah tertulis di module dlm workbook tsb)

ditunggu ya... kiriman workbooknya..

-siti-

2011/5/6 Hilman <[hidden email]>

> [...]
> yg menjelek-jelekannya, kalopun ada yg tidak bekerja sebagaimana yg
> diharapkan, kemungkinan besar kesalahan bukan pada VBA nya, tetapi pada

~siti

Re: [belajar-excel] terbilang

Niki Dwinarni

--- Pada Jum, 6/5/11, STDEV(i) <[hidden email]> menulis:
sebelumnya maaf ya smua..saya yg salah sebut...mksd saya wrkbuk....ga da mksd pa2..cm kesalahan sebut ja....saya msh awam jd harap dimaklumi kalo da salah2...:)

Dari: STDEV(i) <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] terbilang
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Jumat, 6 Mei, 2011, 11:36 PM

From: Niki Dwinarni <[hidden email]>

Re: [belajar-excel] terbilang

Hilman
Sekarang kalimatnya diganti dengan "Kalo pake macro kadang ga otomatis kalo sudah workbook baru".
Sy masih bertanya-tanya, apakah dengan menggunakan formula bisa langsung otomatis kalo di pakai pada sheet baru?
Menurut dugaan saya sih... ngga juga. Justru kalo dengan VBA, memungkinkan untuk dipakai disemua workbook.

________________________________
> [...]

>mengenal UDF terbilang yg sudah tertulis di module dlm workbook tsb)

Re: [belajar-excel] terbilang

Jika bermasalah pada workbook baru (udf jadi gak otomatis), simpan file yang
udah bisa udf terbilangnya sebagai addin (save as *.xla atau *.xlam).
Aktifkan add in kalau belum aktif ( tanda belum aktif : menghasilkan error
value #NAME? )

Setelah itu, besok lagi akan tanya terbilang yang pakai formula lagi,
karena gak otomatis di komputer lain

hahahahahaha....

Kid.

2011/5/7 Niki Dwinarni <[hidden email]>

> [...]
> yg menjelek-jelekannya, kalopun ada yg tidak bekerja sebagaimana yg
> diharapkan, kemungkinan besar kesalahan bukan pada VBA nya, tetapi pada

Re: [belajar-excel] terbilang

siti Vi
Administrator
jadi....  masih ada BUTIR satu hal lagi ya.. :

jika komputer LAIN diinginkan agar Excelnya mengenal Fungsi Buatan Sendiri
(UDF
/=user defined function), misalnya [UDF Terbilang];
maka kirimkan / copykan *file Add-In* yg sudah anda buat itu ke komputer
LAIN untuk
"diintegrasikan" ke excel di komputer LAIN tsb..

*inti-dongeng-nya:*

   - Kita memang jangan *memasang harga* *UDF yg dijadikan Add-In* = persis
   seperti fungsi yg sudah built-in di Ecxel.
   - *Dia* selain punya keunggulan (yaitu mengakomodir keperluan spesifik
   kita yg belum ada di fungsi built-in)
   - *Dia* juga punya kelemahan, yaitu workbook yg menggunakan UDF itu
   menjadi *tidak (kurang) **Shareable*, karena jika workbook di buka di
   komputer lain : Cell yg memuat UDF tsb menghasilkan *ellol* #NAME!
   - Jika dari pagi-pagi hal ini sudah disadari, maka kita tidak akan
   terkaget-kaget dan termehek-mehek dlm menggunakan*nya*

"Kata-kata mutiara" ini sebenarnya sudah sering diulang, tetapi tentu saja
hanya didengar
/ dicatat oleh orang yg sedang punya masalah persis seperti yg sedang
dibicarakan saja.
Orang lain 'meneketehek?';  nanti saja lah, kalau perlu kan bisa TANYA
lagi..

~siti