[belajar-excel] text number berubah jadi value

[belajar-excel] text number berubah jadi value

neza ibaneza
Dear all of Be-Excel...
aku punya masalah besar nih kenapa semua isi data baik text maupun number berubah jadi value semua. mohon pencerahannya..

Neza

ABSENSI.zip (145K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] text number berubah jadi value

agung_widodo
Saya lihat tidak ada formula sama sekali di tiap lembar yang ada.

Sepertinya sumber data bermasalah ditambah lagi terpaste special value

________________________________

RE: [belajar-excel] text number berubah jadi value

neza ibaneza
nah itu dia... g tau asalnya dari mana tiba2 berubah semua text dan number yang non formula jadi value gitu..

Dari: [hidden email] <[hidden email]>
Judul: RE: [belajar-excel] text number berubah jadi value
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Rabu, 27 April, 2011, 1:18 AM

[...]

Ada file backupnya tidak?
Mungkin kita juga perlu pelajari lagi apa langkah terakhir atau siapa yang mengaktifkan terakhir.
Apakah melakukan replace (Ctrl+H) = menjadi blank?
Bagaimana dengan file lain yang berdekatan waktu buka atau di folder yang sama adakah masalah sama?
Adakah makro yang aneh atau"lain"

Dengan banyak cerita mungkin para pakar Excel lain akan lebih mudah melakukan diagnosis.
Kalau dokter biasa wawancara sebelum memberi obat.

________________________________
[...]

Arief Herry Cahyono
Mungkin, kalau ambil data nya dari lain workbook ( ada link nya ) ,
kemungkinan terjadi "break link" ( ato gak sengaja di break link nya ),
sehingga Cuma muncul nilai Value tadi.

aku punya masalah besar nih kenapa semua isi data baik text maupun
number berubah jadi value semua. mohon pencerahannya..

Neza

Re: [belajar-excel] text number berubah jadi value

siti Vi
Administrator
kalau data penting / vital kan 'harusnya' ada bak-up nya
dengan punya cadangan *file*, masalah mjadi ke*cile*

~siti

Re: [belajar-excel] text number berubah jadi value

neza ibaneza
waduh... Master sekalian ini terjadi setelah laptop tertinggal di kantor.
keesokan harinya jadi gitu filenya..
terpaksa deh ngetik ulang dari print out
thanks All Master atas sarannya

Neza

Dari: STDEV(i) <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] text number berubah jadi value
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Rabu, 27 April, 2011, 3:16 AM

> [...]

> ( ato gak sengaja di break link nya ), sehingga Cuma muncul nilai Value tadi.

Hilman
selamat bekerja,
tetap semangat
Jangan lupa "back-up" filenya.....

________________________________
> [...]

>Tanggal: Rabu, 27 April, 2011, 3:16 AM
>

>kalau data penting / vital kan 'harusnya' ada bak-up nya
>dengan punya cadangan file, masalah mjadi kecile

*mengetik ulang data* (nyontex dari hardcopy kertas print out) ?
itu pekerjaan yg paling menakutkan ....

mungkin begini, ya namanya usaha..
kita andaikan file tsb dibuka orang, di ubah lalu di save..!

ketika file di save tetap dengan nama lama itu, prinsip kerja windows *tidak
seperti *
kita bayangkan: >> data di kertas lama dihapus , data baru ditulis dikertas
itu juga,
sehingga tidak ada lagi "kertas lama" berisi data lama)

tetapi: >>  file lama "dihapus (*hapus cara windows,* nanti dibicarakan di
bawah) lalu
file baru di save
artinya a*da bekas file yg pernah dihapus (informasi keberadaan fie nya)*

padahal windows itu kalau menghapus file *bukan data dihilangkan dari
disk*(storage)
tetapi hanya i*nformasi adanya file itu dihilangkan dari daftar adanya file*
sedangkan  data di disk sendiri masih ada hanya tidak mudah dikenali oleh
cara biasa
(windows explorer dsb)
area disk tempat data lama itu oleh system dianggap area kosong (walaupun
sebenarnya
bit per bit ada datanya  )
area itu lama lama akan hilang juga, karena tertimpa adanya file file baru.

di pihak lain banyak sekali pabrik pembuat *software FILE RECOVERY*, ada yg
berbayar
ada yg gratis (bad copy pro, r studio, mindsoft recovery dsb, dan yg gratis
dan cukup oke
namanya = RECUVA  dari  piriform )

prinsip kerja softwre jenis ini
mencari  rangkaian data di disk yg dulunya berupa file yg pernah dihapus.
lalu di analisis apakah masih utuh (recoverable) atau setengah utuh atau
sudah parah sekali; semuanya ditampilkan seara visual
lalu kita memilih file file yg kita kehendaki untuk direcover.
( jadi disini masih ada unsur untung untungan, yaitu bila belum lama, belum
sempat
tertimpa file baru lain >>> maka kesempatan masih ada)

direcovernya hendaknya di disk lain / partisi lain > mungkin ke flash disk
saja dulu..
agar selama proses recover, hasil recover tidak menimpa area data yg mungkin
masih akan kita
cari cari bekas data-nya.)

siti sudah sering tertolong dengan cara ini

buruan... sebelum neza banyak melaksanakan operasi tulis ke disk
unduh sekarang juga RECUVA di  http://www.piriform.com/recuva

~siti

Re: [belajar-excel] text number berubah jadi value

neza ibaneza
Thanks atas infonya MAster Vi.
Master Vi memang malaikat Excel-ku....

Regards

Dari: STDEV(i) <[hidden email]>
Judul: Re: [belajar-excel] text number berubah jadi value
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Rabu, 27 April, 2011, 4:37 AM

Dari: STDEV(i) <[hidden email]>