[milis-belajar-excel] Mencari Nilai Terbesar dari Kriteria Berulang

[milis-belajar-excel] Mencari Nilai Terbesar dari Kriteria Berulang

febryferian

Dear para Suhu milis belajar excel,

Mohon bantuannya untuk kesulitan yang sedang saya alami, Saya sudah mencoba untuk mencari tau dan mencoba cara termudah untuk menyelesaikan, namun hasilnya masih belum memuaskan.

Saya mencoba untuk mendapatkan nilai tertinggi (beberapa nilai berbeda) dari 1 kriteria kolom yang nilainya berulang. Namun dengan menggunakan cara yang saya gunakan, ternyata tidak seefektif yang saya harapkan.

Akan lebih mudah untuk dijelaskan menggunaan attachment yang telah saya lampirkan.

Mohon bantuan dari para Suhu sekalian.

Best Regards,

Ferian

Contoh Soal.xlsx (19K) Download Attachment

Re: [milis-belajar-excel] Mencari Nilai Terbesar dari Kriteria Berulang

Bagus-2
Dear Febrian;

Coba pakai =Maxif(max_range,criteria_range,criteria)

Wassalam
   Bagus

Pada tanggal Jum, 20 Mar 2020 pukul 06.11 <[hidden email]> menulis:

[...]

Maaf.. maksudnya pakai =maxifs(max_range,criteria_range,criteria)

Wassalam
   Bagus

Pada tanggal Jum, 20 Mar 2020 pukul 08.01 Bagus <[hidden email]> menulis:
[...]

Untuk satu varian output hasil group by, sebaiknya menggunakan PowerQuery
Jika ada banyak varian output hasil group by, misal menampilkan max berdasar product saja, juga menampilkan max berdasar kolom x dan y, sekalian max berdasar kolom lainnya lagi, dan seterusnya, sebaiknya memanfaatkan PowerPivot.

Untuk xl2016 ke atas, jika data tidak banyak, bisa menggunakan fungsi MaxIFs, tetapi pada satu keadaan, penggunaan fungsi ini juga akan menurunkan performa kalkulasi Excel.

Jika sumber data dari file lain, maka direkomendasikan menggunakan power query untuk mengambil data, kemudian output akan dibentuk langsung dengan PowerQuery atau disusun di PowerPivot sesuai kondisi banyaknya varian output hasil group by.

File terlampir.

On Fri, Mar 20, 2020 at 6:10 AM <[hidden email]> wrote:

[...]

re-Contoh Soal.xlsx (285K) Download Attachment