[milis-belajar-excel] bunch hyperlink

odong nando
hai rekan semua,

mohon pencerahan mengenai hyperlink excel,

saya ada ratusan cell excel yang ingin di hyperlink kan, karakter dalam cell terkadang beda sedikit dengan nama filenya, namun nama file pasti mengandung karakter setiap cell excel yang akan saya hyperlink kan...

mohon pencerahannya atas kasus tersebut...

terimakasih...

odong nando

Re: [milis-belajar-excel] bunch hyperlink

Hai Odong,

Pakai PowerQuery, ambil daftar file dari folders, baca juga daftar file yang ada di sheet (di excel table lebih bagus), buat kolom baru di-masing-masing tanpa spasi, lakukan filter satu ke yang lainnya berdasar tanpa spasi tadi. Kalau sudah ketemu, akan didapat nama file yang jelas ada di folders beserta nama file yang ada di sheet.
Kembalikan ke Excel worksheet sebagai sebuah Excel Table -> buat formula hyperlink di kolom baru pada tabel hasil PowerQuery tadi

On Thu, Jan 14, 2021 at 5:08 PM odong nando <[hidden email]> wrote:
[...]

Re: Balas: Re: [milis-belajar-excel] bunch hyperlink

Coba setting di area ini :
1. Excel Options -> pane Proofing -> Auto correct options -> auto format as blabla -> centang semua -> ok sampai kembali ke worksheet
2. Coba buat excel table -> bawa ke Power Query -> ganti nama query -> close & load to -> pilih table -> pilih lokasi dimana saja
    -> klik kanan Excel Table hasil Power Query ->pilih Table -> pilih external data properties atau apa aja yang ada properties gitu -> muncul window
    -> pastikan dari opsi yang ada, minimal semua opsi disisi kanan di-centang -> OK sampai kembali ke worksheet
3. kalau masih belum sembuh, mungkin yang ini juga perlu :
    Excel Options -> pane Advanced -> cari di bagian : editing kalo gak salah, pokok e item yang berbunyi extend blabla formula atau semacamnya dicentang -> ok sampai kembali ke worksheet

Moga-moga sembuh ya...

On Fri, Jan 15, 2021 at 10:05 AM Eira I Arie <[hidden email]> wrote:
Yth. Mr kid

Saya memakai teknik tersebut , entah mengapa kalau ada record baru (refresh power query), kolom formula tadi tidak otomatis buat formula utk record baru yg di refresh) .. saya terpaksa ngedrag manual .. asumsi kolom formula saya buat pada Excel Table hasil power query

Mohon pencerahannya
Terimakasih
Ari

Pada Jum, 15 Jan 2021 pada 9:18, Mr. Kid
<[hidden email]> menulis:
[...]

terimakasih atas pencerahannya bos kid...

sangat membatu sekali...

sekarang formula hyperlink nya sudah berfungsi dgn benar, tp sekarang saya punya 2 kolom yg tampilannya sama 1 kolom berisi karakter rujukan file, 1 kolom lagi formula hyperlink nya...
mungkinkah salah 1 kolom ini saya delet...? karena tidak saya perlukan 2 kolom yg tampilannya sama, dengan katalain, mungkinkah formula hyperlink ini di ubah seperti insert hyperlink...??

terimakasih...